5 Cara Memulai Usaha Sendiri di Rumah bagi Pemula

Memiliki usaha sendiri tentu akan membuka jalan yang lebih lebar menuju kesuksesan. Jika pekerjaan yang sifatnya mengikat membuat anda merasa tidak bebas dan terkekang, maka inilah saatnya membuka usaha mandiri. Lalu, bagaimana cara memulai usaha sendiri  jika anda masih seorang pemula? Dari mana anda harus memulainya?

Cara memulai usaha sendiri - Fotolia

Cara memulai usaha sendiri – Fotolia

Cara Memulai Usaha Sendiri: Hal yang Harus Diperhatikan

Dalam memulai suatu hal pasti diperlukan pengetahuan lebih untuk mengembangkannya. Sebelum menerapkan cara membuka usaha sendiri, anda juga harus memiliki pengetahuan dasar tentang usaha apa yang akan dirintis. Pengetahuan tersebut dapat berupa ilmu atau pengalaman, namun bagi para pemula mungkin pengalaman belum dikuasai, sehingga hanya perlu memahami beberapa aspek saja. Aspek aspek tersebut adalah:

  • Peka terhadap kebutuhan masyarakat. Target utama dari suatu usaha adalah masyarakat karena berperan sebagai konsumen. Apa yang dibutuhkan masyarakat menjadi peluang bagi Anda untuk usaha untuk anda. Carilah usaha yang akan terus dibutuhkan, sehingga usaha anda tidak mati di tengah jalan karena terlindas trend.
  • Harga yang bersahabat. Mayoritas konsumen menyukai produk dengan harga yang murah. Bahkan pada kalangan kelas menengah kebawah bukan kualitasnya yang diutamakan, tapi harganya yang murah.
  • Kualitas baik dan konsisten. Meski harga sudah di porsir sedemikian miring, tapi tetap harus mengedepankan kualitas juga untuk mendapat pasar yang lebih.

Sepertinya simple, bukan? Namun, tidak mudah untuk menerapkan tiga aspek dasar cara memulai usaha sendiri di rumah, sebelum atau setelah anda benar-benar memulai usaha mandiri.

5 Cara Memulai Usaha Sendiri Tanpa Modal Besar

Menjanjikan suatu hal kepada target pemasaran merupakan strategi yang salah. Anda bisa memulai usaha dari hal-hal sederhana, dengan produk sederhana, mekanisme sederhana, dan bahkan produk yang sederhana. Setelah melihat reaksi dan penerimaan konsumen, barulah anda bisa mengambil langkah yang lebih besar. Berikut adalah beberapa cara memulai usaha sendiri tanpa modal besar:

  • Mulai dengan menggunakan alat alat sederhana yang ada di rumah. Alat yang kompleks pada dasarnya hanya mempermudah pekerjaan, namun akan membutuhkan modal awal yang besar. Misalnya, jika anda membuka usaha katering, usaha pembuatan kue kering atau basah, atau usaha kuliner, maka gunakanlah barang-barang yang ada di dapur anda. Untuk usaha permulaan dengan skala kecil, alat elektronik dan peralatan memasak rumah tangga masih cukup untuk mendukung usaha anda.
  • Lakukan riset pasar. Artinya, anda langsung terjun ke masyarakat. Hal ini bermanfaat untuk membaca situasi ekonomi masyarakat sekitar yang menjadi target konsumen Anda. Namun, langkah ini akan lebih mudah jika target konsumen anda adalah masyarakat di sekitar tempat tinggal anda. Anda tentu mengenal karakter dan kesukaan mereka, bukan?
  • Membuat daftar kebutuhan. Inventarisasi apa-apa saja yang anda butuhkan untuk membuka usaha, seperti peralatan, tempat, modal, bahan, atau bahkan karyawan.
  • Dapatkah modal awal, jika anda belum memilikinya, bisa melalui pinjaman ke sahabat, kerabat, atau lembaga keuangan.
  • Lakukan launching; tidak mesti grand launching ala perusahaan besar. Launching di sini hanya untuk memperkenalkan usaha anda kepada masyarakat. Berikan sedikit layanan/produk Cuma-Cuma, seperti sampel produk atau souvenir.

Kelima cara memulai usaha sendiri untuk pemula di atas adalah langkah awal sebelum usaha anda benar-benar beroperasi. Memang, hal ini tidak akan semudah yang anda bayangkan. Namun, berkat semangat, kerja keras, dan konsistensi, anda bisa meraih sukses dengan usaha mandiri skala kecil.  Demikian beberapa tips sederhana sebagai cara memulai usaha sendiri khususnya bagi anda para pemula. Semoga bermanfaat.

Info Bisnis:

cara membuka usaha sendiri di rumah - cara memulai usaha sendiri di rumah - membuat usaha sendiri di rumah - cara usaha mandiri pemula - apa yang harus diperhatikan untuk memulai usaha kost - cara membuka usaha sendiri - cara membuat usaha sendir i di rumah - cara membuat usaha kuliner di rumah - cara buka usaha sendiri untuk pemula - mendirikan usaha sendiri di rumah -
Content Protection by DMCA.com