5 Langkah Untuk Memulai Bisnis Ikan Hias

Jika Anda memiliki hobi dan juga kesenangan dari merawat ikan-ikan sebagai dekorasi rumah, cobalah untuk membuka bisnis ikan hias yang selalu menguntungkan. Banyak orang yang selalu membeli ikan hias cantik dan dijadikan sebagai dekorasi rumah dengan akuarium yang unik. Memulai sebuah bisnis yang berawal dari sebuah hobi memang bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

Peluang bisnis ikan hias - Fotolia

Peluang bisnis ikan hias – Fotolia

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias

Untuk memulai bisnis ikan hias rumahan diperlukan beberapa ketelitian dan juga kecermatan sehingga bisa meminimalisir resiko yang mungkin terjadi dan berikut ini langkah tepatnya:

Menyediakan Tempat Pemeliharaan

Oleh karena bisnis ini berkaitan dengan makhluk hidup, maka tempat penyediaan sekaligus untuk tempat perawatan juga tidak boleh sembarangan. Setidaknya dibutuhkan beberapa akuarium kaca untuk berbagai jenis ikan hias. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan airnya cukup bersih dan juga memiliki kandungan oksigen yang tinggi sehingga ikan hias bisa hidup di dalamnya lebih lama.
  • Perhatikan juga suhu udara di dalam akuarium berkisar antara 15 sampai 27 derajat celcius.
  • Pilihlah juga akuarium yang memiliki sekat sehingga mencegah ikan-ikan bertarung.
  • Apabila tidak memiliki tempat tersebut, maka pisahkan ikan yang jinak dengan beberapa ikan yang dirasa penyebab masalah.
  • Jika Anda memiliki kolam di rumah, maka kolam tersebut bisa dijadikan sebagai lahan beternak ataupun pemeliharaan.
Memiliki Pengetahuan Tentang Ikan

Salah satu cara bisnis ikan hias adalah mengetahui berbagai macam jenis ikan tersebut, karakteristik, variasi jenis, warna dan juga cara-cara perawatannya yang tepat. Pastikan Anda mengetahui hal tersebut dengan baik supaya bisa menjelaskannya pada konsumen. Teruslah belajar untuk memperkaya wawasan Anda tentang dunia ikan hias. Anda bisa belajar melalui buku, internet, ataupun sesama pebisnis ikan.

Memilih Jenis Ikan

Supaya usaha tersebut menjadi bisnis ikan hias yang menguntungkan, maka cobalah untuk memilih jenis ikan yang banyak disukai oleh masyarakat ataupun jenis ikan unik yang berbeda dan belum pernah ada sebelumnya. Variasi ikan seperti koi, arwana, ikan badut, cupang, manvis dan sebagainya merupakan beberapa contoh ikan yang sering dipilih oleh masyarakat karena beberapa dari mereka sudah mengeathui benar cara merawatnya. Cobalah untuk survey ke penjual ikan untuk mengetahui jenis ikan yang favorit.

Contoh spesies ikan hias untuk bisnis - Fotolia

Contoh spesies ikan hias untuk bisnis – Fotolia

Pembudidayaan Ikan Hias

Bisnis ikan ada dua macam yaitu bisnis ikan hias air tawar dan juga laut. Namun pada kenyataannya, hal yang paling penting adalah Anda sebagai pengusaha harus:

  • Mengetahui cara pembudidayaan ikan tersebut dari proses bertelur sampai menetas.
  • Mengetahui ciri-ciri ikan apabila sedang hamil dan juga kapan proses penetasannya.
  • Suhu dan juga kondisi air perlu diperhatikan supaya telur-telur ikan tersebut bisa menetas dengan baik.
  • Mengetahui bagaimana proses penyilangan atau perkawinan dari ikan-ikan tersebut sehingga memudahkan Anda dalam perawatan.
  • Makanan dari tiap ikan juga perlu diperhatikan karena tidak semua jenis makanan bisa dimakan oleh ikan.
  • Bacalah buku tentang perkembangbiakan ikan atau pembudidayaan supaya bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan resiko kegagalan bisa diminimalisir.
Kebersihan Akuarium

Walaupun Anda memiliki banyak ikan untuk diniagakan, namun kebersihan dari tempat tinggal ikan juga harus diperhatikan. Apabila air sudah keruh dan kotor, maka Anda harus menggantinya serta membersihkan kaca bagian dalam kolam sehingga tidak tumbuh lumut apalagi jika bisnis ikan hias air laut, maka pastikan Anda memiliki air asin yang cukup untuk penggantian secara rutin. Hiaslah dengan trumbu karang ataupun tanaman air sehingga ikan akan merasa seperti berada di habitat aslinya.

Apabila Anda melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar dan sesuai petunjuk, maka bisnis ikan hias yang Anda rintis bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.

Info Bisnis:

ikan hias - gambar ikan hias - contoh gambar ikan - ikan hias untuk contoh - ikan hiasan tanpa oksigen - jenis ikan hias murah - tips memulai bisnis ikan hias -
Content Protection by DMCA.com