Anda Mencari Peluang Bisnis Musim Mudik? Ini Pilihannya…

Mudik sudah menjadi suatu rutinitas yang dilakukan masyarakat Indonesia menjelang hari-hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri. Liburan panjang di hari besar menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat dan menjalin silaturrahim. Lalu, bagaimana jika anda memiliki alasan tertentu sehingga tidak mudik? Nah, daripada menghabiskan waktu libur percuma, tidak ada salahnya anda mencari peluang bisnis musiman selama liburan Hari Raya Idul Fitri ini.

Peluang Bisnis Musim Mudik dengan Jasa Perawatan Lansia (Fotolia)

Peluang Bisnis Musim Mudik dengan Jasa Perawatan Lansia (Fotolia)

Cara Mencari Peluang Bisnis Musim Mudik Lebaran

Jika anda kebetulan tidak mudik, maka tidak ada salahnya memanfaatkan waktu secara produktif. Cara mencari peluang bisnis paling strategis di musim liburan adalah memanfaatkan asset yang anda miliki sebagai sarana usaha serta melihat peluang yang terbuka ketika orang lain sedang sibuk mudik. Nah, berikut adalah beberapa pilihan peluang bisnis musim mudik lebaran yang mungkin cocok untuk anda:

Jasa Rental Mobil

Jika anda memiliki kendaraan pribadi dan hanya terparkir di rumah selama liburan, bukankah lebih baik digunakan untuk menambah penghasilan anda? Anda bisa menyewakan kendaraan tersebut dengan sistem harian atau mingguan, sesuai kesepakatan dengan pelanggan. Untuk usaha ini, anda tidak memerlukan modal tambahan, karena hanya memanfaatkan asset yang sudah ada.

Banyak keluarga yang memilih menyewa kendaraan dibanding naik transportasi umum, karena dirasa lebih aman dan nyaman, dan sekaligus memudahkan mobilitas mereka selama berada di kampung halaman. Inilah yang menjadi target konsumen anda.

Jasa Penitipan Hewan

Permintaan terhadap jasa penitipan hewan selalu meningkat setiap musim mudik. Ya, para pemilik rumah yang memiliki hewan peliharaan selalu menghadapi dilema atas keamanan dan keselamatan hewan peliharaannya selama ditinggal mudik. Jika anda sedang mencari peluang bisnis dengan modal kecil di musim mudik lebaran tahun ini, maka ini adalah salah satu jawabannya.

Untuk  membuka usaha ini, anda tentu harus memiliki fasilitas yang memadai, seperti kandang untuk memelihara hewan-hewan tersebut. Sementara itu, modal tambahan yang anda butuhkan hanyalah biaya perawatan, seperti peralatan kebersihan hewan, makanan dan minuman, serta stok obat-obatan.

Jasa Perawatan Lansia

Merawat lansia bisa menjadi salah satu pilihan jika anda sedang mencari peluang bisnis sampingan. Target konsumen anda adalah keluarga yang tidak mudik lebaran. Keluarga yang memiliki lansia di rumah terkadang dipusingkan dengan urusan merawat orang tua mereka ketika perawatnya mudik. Anda bisa menyediakan layanana perawatan lansia dengan sistem kunjungan ke rumah. Metode pembiayaan bisa dengan sistem harian atau kontrak selama musim liburan, sesuai waktu yang disepakati.

Jasa Penitipan Kendaraan

Ketika mudik, banyak keluarga yang meninggalkan rumah dan kendaraan yang tidak sedang digunakan, seperti sepeda motor. Tentunya, hal ini sangat rawan, karena banyak kasus pencurian terjadi selama pemilik rumah tidak ada di tempat. Nah, jika anda sedang mencari peluang bisnis rumahan dan memiliki fasilitas parkir yang cukup luas dan aman, ini merupakan usaha sampingan yang cukup mudah namun menguntungkan.

Anda bisa meminta biaya jasa dengan sistem harian atau mingguan, sesuai tarif yang disepakati. Anda juga bisa menawarkan jasa tambahan, seperti pencucian kendaraan selama ditinggal mudik pemiliknya.

So, peluang usaha musiman tidak mesti berjualan produk kuliner atau pakaian. Anda bisa mencari peluang bisnis bidang jasa yang pengoperasiannya lebih sederhana dan tidak membutuhkan modal besar. Asalkan anda cerdas melihat peluang yang ada, maka musim liburan lebaran akan anda lalui secara produktif. So, tidak mudik lebaran bukan berarti mengurung diri di rumah, bukan?

Info Bisnis:

mencari kendaraan untuk mudik - usaha musim mudik -
Content Protection by DMCA.com