Batik : Usaha Kecil Yang Menguntungkan di Lokasi Wisata

Tempat wisata merupakan tempatnya para wisatawan menikmati wisata dengan bersenang-senang. Tak hanya menikmati pemandangan dan makanan yang ada di sekitar tempat wisata, namun juga biasanya menyasar produk-produk yang ada di sekitar sebagai cendramata. Salah satu usaha kecil yang menguntungkan selain makanan khas setempat adalah produk lokalitas yang menjadi ciri khas masyarakat setempat, seperti souvenir maupun pakaian.

Usaha Kecil Yang Menguntungkan dari batik - Fotolia

Usaha Kecil Yang Menguntungkan dari batik – Fotolia

Usaha Kecil Yang Menguntungkan di tempat Wisata

Salah satunya adalah produk yang berornamen batik. Tentu saja bukan batik tulis dengan harga mahal namun batik cap atau batik printing  dengan desain unik dan warna yang beragam dengan gambar atau tulisan khas destinasi wisata setempat. Lalu macam batik apa saja yang bisa dijual di tempat wisata?

Menjual batik di tempat wisata bisa dapat ditempuh dengan beberapa cara, seperti:

  • Mendirikan kios kecil, baik hanya menjual khusus souvenir dan segala macam yang berornamen batik, atau bisa juga ditambah dengan usaha kecil-kecilan yang menguntungkan jenis lain misalnya oleh-oleh atau usaha warung makan.
  • Bila tak mendirikan kios bisa dengan menjual lapak yang nomaden dengan menggunakan mobil, anda pasang di saat jam-jam tempat wisata tersebut ramai di kunjungi.
  • Atau bila tidak bisa menggunakan mobil anda meminta space atau tempat untuk menjual barang dagangan anda ke kios yang sudah berdiri.

Lalu apa saja macam usaha kecil menguntungkan di tempat wisata?

Ide Usaha Kecil Menguntungkan dari Batik

Berikut adalah beberapa produk batik terlaris yang bisa anda jual di sekitar destinasi wisata:

Baju Batik Hingga Celana Kolor Batik

Menjual sesuatu yang bersifat lokalitas untuk oleh-oleh bisa menjadi peluang usaha kecil-kecilan yang menguntungkan. Salah satunya dengan menjual baju batik, anda bisa menjual dari daster batik, baju tidur batik dari anak-anak hingga orang dewasa, kaos dengan sedikit unsur batik. Biasanya yang paling di buru adalah celana kolor batik.

Sandal Batik

Sandal batik baik itu berupa selop dengan corak batik hingga sandal plastik dengan ornamen batik di atasnya bisanya menjadi buruan atau incaran wisataan yang berada di kawasan wisata tepi pantai. Karena biasanya wisatawan akan mengganti sandal atau sepatu mereka dengan membeli alas kaki yang murah di kios sekitar pantai. Bila anda menjual sandal yang unik pastinya itu yang akan diburu wisatawan.

Tas batik

Memproduksi tas batik atau juga menjual menjual tas batik bisa menjadi usaha menengah yang menguntungkan bila anda memiliki lapak atau bisa menjualnya di tempat wisata. Tak batik dengan desain unik, jahitan halus, warna yang terang dan cukup besar biasanya menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk membelinya. Target konsumen anda adalah kaum wanita

Kain Batik

Kain batik yang sangat laku di daerah wisatawan adalah kain batik yang panjang dan dengan bahan adem serta corak yang mencolok. Kecuali untuk tempat tujuan wisata berupa pure atau candi mungkin kain batik akan lebih cenderung ke nuansa gelap.

Sejatinya berada di tempat wisata manapun di Indonesia batik merupakan jenis usaha yang menguntungkan. Hanya saja bagaimana batik yang anda jual bisa diterima pengunjung wisatawan itu yang menjadi tantangan tersendiri. Jika anda jeli mengenal tempat wisata dimana usaha anda akan dirintis anda akan lebih mudah memulainya sehingga menjadi usaha kecil menguntungkan.

Misalnya batik pekalongan motif dan coraknya sungguh berbeda dengan batik Jogja dan Solo. Sehingga jika anda mendirikan kios atau lapak di tempat wisata yang mendekati dua kota tersebut anda bisa sesuaikan dengan pakem batik yang ada di kota tersebut. Demikian ulasan kami mengenai usaha kecil menguntungkan di tepat wisata melalui batik. Semoga bermanfaat.`

Info Bisnis:

batik termudah untuk usaha kaos wisata - usaha membuat baju batik di tempat rekreasi - souvenir tas kecil daerah wisata - lapak sandal unik - lapak di tempat wisata - kolor batik printing - kios ditempat wisata - bisnis sandal wisata - bisnis combatik - usaha yang menguntungkan di tempat wisata -
Content Protection by DMCA.com