Benarkah Peluang Bisnis Warnet Sudah Tidak Ada Lagi?

Jika diperhatikan, jumlah warnet memang jauh berkurang dibandingkan 5 atau 7 tahun yang lalu. Banyak pengusaha warnet yang memilih mundur dan mencari usaha lain. Lalu, benarkan peluang bisnis warnet sudah tidak ada lagi? Benarkah bisnis warnet yang ada saat ini juga terancam gagal? Memang, saat ini masyarakat sudah memiliki akses yang jauh lebih besar terhadap internet. Mereka bisa menggunakan ponsel atau modem di laptop atau PC untuk browsing, chatting, atau update status di media sosial.

Peluang usaha warnet (Fotolia)

Peluang usaha warnet (Fotolia)

Benarkah Peluang Bisnis Warnet Sudah Mati?

Memang, tidak mudah menjawab pertanyaan tersebut. Faktanya, internet saat ini bukan lagi suatu hal yang hanya bisa diakses kalangan tertentu. Namun, bernahkah peluang bisnis buka warnet sudah tidak menjanjikan? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa fakta yang perlu anda pertimbangkan:

Target Usaha Warnet

Di masa lalu, target utama warnet adalah mahasiswa yang ingin mencari referensi untuk tugas kuliah. Kini, mahasiswa memiliki akses internet yang luas, mulai dari ponsel, wi-fi gratisan di kampus, atau bahkan layanan hot spot di kafe. Dengan kata lain, mahasiswa tidak lagi membutuhkan warnet untuk mengerjakan tugas.

Namun, lain halnya dengan siswa SMP dan SMA. Dahulu, siswa SMP dan SMA hanya mengerjakan tugas berdasarkan text book. Kini, mereka sudah beralih mencari referensi tugas di internet. Bahkan, banyak guru yang sengaja meminta siswanya mencari referensi sendiri di internet untuk mengerjakan paper. Masalahya, tidak semua siswa SMA dan SMA memiliki ponsel dengan koneksi internet. Bukankah jumlah siswa SMP dan SMA lebih banyak daripada jumlah mahasiswa?

Jadi, fakta 1: target usaha warnet bukannya hilang, melainkan berganti, dari mahasiswa ke siswa sekolah menengah. Jadi, peluang bisnis cafe warnet masih terbuka lebar, bukan?

Trend Penggunaan Warnet

Di awal kemunculan internet, pengunjung warnet hanya menggunakannya untuk browsing informasi, dan kemudian diikuti trend media sosial. Kini, dua aktivitas ini bisa dilakukan via ponsel. Namun jangan lupa, para gamers masih lebih suka main game online di warnet dibanding di rumah. Alasannya? Warnet menyediakan kuota tanpa batas dan jaringan yang lebih lancar dibanding internet rumahan.

Jadi, fakta 2: trend penggunaan warnet telah beralih dari browsing dan chatting ke game online. Peluang bisnis warnet dan game online juga masih cukup menjanjikan untuk anda, asalkan bisa menyediakan koneksi yang lancar dan kuota tanpa batas.

Trend Layanan Warnet

Sekitar 10 tahun lalu, jasa pengetikan, printing, dan scanning masih bisa didapatkan di rental komputer. Sekarang, apakah anda masih menemukan layanan rental komputer? Mungkin masih ada di beberapa area, khususnya sekitar kampus. Namun, layanan ini sudah hampir menghilang. Nah, selain menyediakan layanan browsing dan game online, kini para pengusaha warnet juga menambah layanan printing dan scanning. Alasannya?

Mahasiswa, siswa SMP, maupun siswa SMA jarang memiliki printer sendiri di rumah – apalagi scanner. Nah, tugas-tugas yang sudah dikerjakan harus dicetak, bukan? Warnet adalah salah satu tujuan utamanya.

Jadi, fakta 3: Trend layanan warnet telah bertambah, dari sekedar browsing dan game online, ke layanan yang dahulu diberikan rental komputer, yakni printing dan scanning.

Ketiga fakta di atas tentunya sudah menjadi alasan yang kuat bagi anda untuk tetap membuka usaha warnet. Peluang bisnis warnet masih sangat potensial, khususnya di kota-kota besar dan di sekitar kampus. Yang terpenting adalah kreativitas anda dalam menyesuaikan layanan yang dibutuhkan konsumen di sekitar area usaha anda.

Info Bisnis:

bisnis warnet mati - prospek warnet 2017 area kampus -
Content Protection by DMCA.com