Bisnis Makanan Ringan: Kripik Buah Yang Lezat Dan Sehat

Bisnis makanan ringan memang sangat menggiurkan dan sudah pasti banyak dicari oleh masyarakat sebagai camilan sehari-hari. Bisnis kuliner ini sendiri juga terbilang memiliki resiko yang rendah mengingat hobi masyarakat untuk mencoba makanan baru selalu besar. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar karena bahan-bahannya sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Usaha camilan kripik buah pun menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat yang ingin memulai berbisnis.

Bisnis makanan ringan kripik - Fotolia

Bisnis makanan ringan kripik – Fotolia

Usaha Kripik Buah Sebagai Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan kriuk seperti kripik buah memang sangat menjanjikan dan minim resiko. Banyak orang yang sudah mulai menekuni bisnis ini karena omzet yang dihasilkan besar dengan modal awal yang relatif sangat kecil. Ada berbagai macam alasan mengapa orang-orang terjun ke dunia bisnis kripik buah.

Berikut ini adalah alasan kripik buah sangat menjanjikan:

  • Bahan baku yang mudah didapat; Kita patut bersyukur tinggal di negara tropis dengan kekayaan alam yang berlimpah. Ada begitu banyak jenis buah di tanah air yang bisa diproduksi menjadi kripik sehat. Mangga, salak, nangka, dan apel hanyalah sebagian kecil dari contoh buah-buahan tropis yang bisa dijadikan kripik.
  • Makanan bergizi, target pasar lebih luas; Kripik buah sendiri dinilai sebagai makanan ringan yang sehat karena mengandung vitamin tanpa adanya tambahan bahan pengawet. Kripik buah sendiri dapat dikonsumsi oleh semua umur, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa karena camilan ini merupakan camilan sehat dan tidak ada bahan kimia, sehingga semua orang bisa menikmatinya.
  • Mudah dijalankan; usaha ini sangat mudah untuk dilakukan apalagi dengan adanya teknologi baru yang bisa mengeringkan buah tanpa harus menjemurnya atau menggorengnya. Yang anda butuhkan hanyalah pasokan bahan baku, alat penggorengan, serta alat pengering (spinner) untuk menghasilkan kripik sehat nan lezat. Selain itu, proses pembuatan kripik buah tidak membutuhkan waktu yang lama karena tidak menggunakan bumbu-bumbu tambahan lagi selain buah.
  • Banyak pilihan; karena keanekaragaman buah yang ada di Indonesia sehingga kripik buah pun bisa bermacam-macam. Banyak varian rasa yang bisa anda tawarkan kepada konsumen.

Tips Pengembangan Bisnis Makanan Ringan Unik

Usaha kripik buah ini merupakan salah satu bisnis makanan ringan unik yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Meski demikian, anda bukanlah satu-satunya pelaku usaha yang bergerak di bidang ini. Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang perlu anda lakukan agar bisnis anda tidak tergerus oleh persaingan:

Contoh kripik dari buah apel - Fotolia

Contoh kripik dari buah apel – Fotolia

  • Jika Anda ingin membuka kedai atau kios, pastkan untuk memilih di pusat keramaian kota seperti kampus, perkantoran, sekolah, kos-kosan, bahkan tempat wisata karena biasanya kripik buah dijadikan oleh-oleh.
  • Untuk mempromosikan kripik buah buatan Anda, Anda bisa meminta beberapa orang untuk mencobanya terlebih dahulu secara gratis dan kemudian mengabadikan momen tersebut secara audiovisual (dengan persetujuan konsumen), kemudian menggunakannya sebagai media promosi. Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk memasarkannya.
  • Gunakan kemasan yang menarik dan kreatif. Misalnya, dengan menggunakan gambar berkualitas baik, disertai informasi nutrisi (nutrition fact) dari kripik buah tersebut sebagai media pembelajaran bagi masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya nutrisi buah untuk kesehatan.
  • Berikan harga yang bersaing. Kripik buah adalah bisnis makanan ringan yang menjanjikan asalkan anda bisa bersaing dari segi harga. Untuk itu, anda bisa mencari pasokan bahan baku dari sumbernya (langsung dari petani) agar harganya lebih murah. Untuk menghemat biaya operasional, anda bisa menjalankan usaha anda di rumah, sehingga tidak memerlukan biaya sewa tempat. Atau, anda juga bisa berkonsentrasi memproduksi kripik dari buah-buahan lokal yang tersedia di sekitar lingkungan anda (bukan buah impor yang mahal).

Tingkat konsumsi buah di Indonesia sendiri masih rendah karena sebagian orang beranggapan makan buah itu tidak menyenangkan. Dengan bisnis makanan ringan dari kripik buah, , diharapkan rasa suka masyarakat terhadap buah makin meningkat.

Info Bisnis:

makanan ringan - bisnis makanan ringan kriuk - bisnis makanan ringan - gambar makanan ringan - bisnis kriuk - bisnis makanan dari buah - bisnis kecil unik - gambar makanan yang sehat dan bergizi untuk berbisnis - kriuk makanan ringan - makan ringan unik - Bermacam bisnis ringan -
Content Protection by DMCA.com