Bisnis Makanan yang Menguntungkan dari Durian

Apakah Anda menyukai durian? Jika Anda menyukai buah ini dan bisa mengolahnya menjadi makanan yang memiliki nilai jual yang tinggi, maka sebaiknya Anda memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan sebagai bisnis makanan yang menguntungkan sehingga bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha kecil namun menjanjikan ditambah lagi durian merupakan bahan yang mudah diolah menjadi makanan apapun.

Bisnis Makanan yang Menguntungkan Dari Durian - Fotolia

Bisnis Makanan yang Menguntungkan Dari Durian – Fotolia

Produk Olahan Durian Sebagai Bisnis Makanan yang Menguntungkan

Indonesia kaya akan kreasi kuliner, dan durian adalah salah satu bahan yang bisa anda manfaatkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan olahan dari durian:

Sambal Durian

Jenis makanan ini sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia yang tinggal di wilayah Sumatera khususnya Palembang dan juga Lampung. Sambal durian ini disebut sebagai Tempoyak dan sudah menjadi makanan khas daerah Sumatera. Cara pembuatannya adalah dengan mencampur daging durian bersama sambal terasi sehingga bisa menghilangkan bau durian yang menyengat.

Biasanya sambal difermentasikan sehingga bau durian tidak akan tercium sama sekali. Karena bisa bertahan lama tanpa pengawet, nayak orang yang menjadikan sambal ini sebagai bisnis makanan yang mudah dan menguntungkan sekaligus sebagai bentuk pengenalan makanan khas Indonesia pada masyarakat yang belum mengetahuinya.

Es krim durian - Fotolia

Es krim durian – Fotolia

Lempok Durian

Banyak orang yang menyamakan lempok durian dengan dodol durian karena bentuknya yang mirip serta cita rasa legitnya yang juga sama. Padahal terdapat perbedaaan besar dari kedua jenis makanan ini dimana dalam pembuatan dodol, bahan tepungnya menjadi bahan baku utama sementara lempok durian didominasi oleh daging buah durian yang dicampur gula dengan garam sehingga rasanya menjadi gurih.

Oleh karena pembuatannya yang cukup mudah, banyak orang memulai bisnis makanan ringan yang menguntungkan dengan Lempok durian sebagai produk utamanya. Bisnis ini juga bisa dijadikan untuk memperomosikan makanan ringan yang berasal dari daerah Bengkulu, Palembang, dan Pontianak ini kepada masyarakat yang belum mengetahuinya. Modal yang diperlukan juga tidak besar namun bisa mendapatkan penghasilan yang besar.

Ketan Durian

Sebuah bisnis makanan kecil yang menguntungkan dengan durian sebagai produk utamanya memang selalu memberikan penghasilan yang besar karena hampir semua masyarakat menyukai raja buah ini. Ketan durian juga bisa menjadi alternatif bisnis kecil yang mudah dibuat dan juga dijalankan karena bahan-bahan dasarnya terbilang sangat mudah ditemukan serta harga jualnya juga sangat rendah. Proses pembuatan ketan durian juga tidak rumit.

Anda hanya tinggal mengolah beras ketan menjadi nasi yang akan disiram dengan saus durian asli yang terbuat dari daging durian, gula merah, santan dan diberi daun pandan sebagai aroma. Makanan ringan ini banyak digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan harga jual yang sesuai kantong masyarakat sehingga semua orang bisa mencobanya.

Ketan durian - contoh olahan durian untuk bisnis makanan (Fotolia)

Ketan durian – contoh olahan durian untuk bisnis makanan (Fotolia)

Pancake Durian

Pancake durian bisa menjadi bisnis makanan rumahan yang menguntungkan karena pancake durian memang banyak digemari oleh masyarakat sebagai camilan unik yang menyehatkan. Cara pembuatannya pun cukup mudah karena Anda hanya tinggal memasukkan daging durian tanpa biji ke dalam adonan tepung yang dibentuk seperti telur dadar dan dibungkus dengan rapi.

Untuk mempertahankannya supaya lebih awet, banyak pebisnis yang membuatnya dalam bentuk frozen atau beku sehingga bisa lebih awet dan juga memberikan cita rasa segar seperti sedang menikmati es krim. Untuk bisa menarik minat para pembeli di tengah persaingan pancake durian yang sangat ketat, maka Anda bisa menambahkan pewarna makanan pada kulit pembungkusnya sehingga bisa menambah variasi.

Selain tiga produk di atas, masih ada sejumlah olahan durian sebagai bisnis makanan yang menguntungkan; contohnya adalah es durian, es krim durian, atau bahkan keripik durian. Nah, semoga anda bisa menemukan usaha yang tepat dengan memanfaatkan buah lokal ini.

Info Bisnis:

olahan ringan dari durian - usaha ketan durian - bisnis kuliner durian yang menjanjikan - bisnis makanan dari durian - Bisnis olahan durian sederhana menguntungkan - es krim tung - makanan dari durian - masakan berbahan durian dengan modal kecil - olahan durian untuk es -
Content Protection by DMCA.com