Bisnis Oleh-Oleh: Peluang Usaha Home Industri Menjanjikan

Oleh-oleh seringkali menjadi suatu hal yang wajib dibeli ketika sedang melakukan liburan atau kunjungan ke suatu daerah. Biasanya yang diburu oleh para pelancong adalah makanan khas dari suatu daerah. Hal inilah yang kini dilihat sebagai peluang usaha home industri sebagai bisnis yang menjanjikan. Misalnya, berbagai jenis makanan tradisional diinovasikan ulang di gerai atau oleh-oleh, baik dari produk pabrikan dan juga home industri, dan dikemas secara menarik. Lalu apa sajakah produk yang dihasilkan oleh home industri dan seberapa menjanjikannya?

Peluang usaha home industri makanan - Fotolia

Peluang usaha home industri makanan – Fotolia

Peluang Usaha Home Industri dengan Menjual Kenangan

Membeli oleh-oleh saat seseorang berpergian biasanya memiliki dua tujuan, yakni : pertama untuk memberikan buah tangan, yang kedua adalah untuk menciptakan kembali nilai kenangan melalui oleh-oleh yang dibelinya. Itulah sebabnya makanan khas dari daerah yang diburu. Terlebih lagi jika makanan tersebut merupakan makanan tempo dulu yang mampu membawa kenangan ke masa lalu.

Pada umumnya, industri oleh-oleh disesuaikan dengan karakteristik budaya dan tradisi masyarakat setempat. Bahan yang digunakan juga merupakan bahan yang diproduksi secara lokal. Jadi, oleh-oleh yang dibawa pengunjung memang merupakan ‘identitas’ dari daerah tersebut.

Contoh Peluang Usaha Home Industry Makanan

Contoh peluang usaha di bidang home industri makanan yang bisa anda coba antara lain:

Ampyang Kacang

Ampyang merupakan makanan yang masuk dalam kategori camilan. Makanan berbahan dasar gula jawa dan kacang ini mulai diburu kembali oleh para pelancong karena mampu membawa kenangan masa kecil. Di masa lalu, ampyang selalu ada di dalam toples-toples kaca di meja makan keluarga. Pelaku bisnis ampyang mengakui, bahwa walaupun merupakan home industri omset yang didapatkan perbulan sangatlah fantastis, bisa mencapai Rp.10.000.000,- rupiah per bulan dengan sistem menitipkan produk di gerai-gerai oleh-oleh.

Contoh produk makanan khas untuk oleh-oleh (Fotolia)

Contoh produk makanan khas untuk oleh-oleh (Fotolia)

Ceker

Ceker ayam merupakan makanan khas yang berasal dari kaki ayam. Biasanya diambil kulitnya dan kemudian digoreng dan dikemas sebagai camilan. Ceker bisa menjadi peluang usaha home industri modal kecil yang beromset fantastis juga, apalagi jika penjual ceker tidak hanya menitipkan produknya di gerai oleh-oleh, namun juga membuka workshop di rumah. Pembeli dapat melihat pembuatannya, mencincipinya kemudian memborongnya.

Gandos

Gandos merupakan kudapan yang terbuat dari kelapa dan santan. Kudapan ini memang kadang masih dapat dijumpai di pasar tradisional maupun di sekolah-sekolah. Namun dengan perkembangan jaman dan inovasi para pebisnis kuliner, gandos kini telah bisa menjadi makanan oleh-oleh dengan cara membuatnya menjadi cake, Gandos cake.

Karak

Peluang usaha home industri lainnya juga bisa dilihat dari para pembuat karak. Karak yang biasanya menjadi teman menikmati menu utama dengan kuah seperi soto, kini masuk sebagai jajanan oleh-oleh.

Contoh olahan pangan untuk oleh-oleh (Fotolia)

Contoh olahan pangan untuk oleh-oleh (Fotolia)

Peluang Usaha Kemitraan Home Industri Oleh-Oleh

Home industri kecil juga bisa memiliki peluang untuk menjadi industri besar dengan omset yang besar jika mau berkembang dan mau bernivoasi dalam produknya. Salah satunya adalah dengan cara menjadikan usahanya sebagai usaha kemitraan. Peluang usaha kemitraan home industri sangat besar, hanya saja harus memenuhi syarat-syarat umum kemitraan, seperti memiliki ijin dagang, memiliki packing yang bagus, memiliki orisinilitas dalam bahan (untuk produk yang baru), memiliki pangsa pasar yang jelas.

Peluang usaha di bidang home industri oleh-oleh merupakan peluang yang menarik bila anda bisa menjalin hubungan yang baik dengan gerai oleh-oleh, pemilik tempat singgah atau restorant yang biasa disinggahi wisatawan, bahkan juga ikut tercantum dalam paket wisata kuliner yang dibuat oleh dinas pariwisata setempat.

Info Bisnis:

usaha kemitraan home industri - usaha kemitraan home industri 2016 - usaha home industri - Bisnis ampyang - contoh usaha home industri - bisnis oleh2 apa yg menjanjikan - Bisnis usaha rumahan ampyang - peluang usaha makanan khas oleh oleh - peluang kemitraan bidang industri - peluang home industri masa kini - peluang home industri - peluang bisnis home industri kemitraan 2017 - contoh nama home industri ampyang - industri oleh-oleh - Home industri oleh2 - home industri ampyang - kemitraan home industri 2017 -
Content Protection by DMCA.com