Bisnis untuk Mahasiswa di Universitas Luar Kota: Bagian 11

Mahasiswa perantauan biasanya harus hidup hemat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keperluan sekolah, sehingga banyak yang menjalankan bisnis untuk mahasiswa demi mendapat uang tambahan. Bisnis tersebut harus sesuatu yang tidak akan mengganggu jam kuliah, namun bisa memberi cukup uang sesuai dengan usaha yang dikeluarkan. Pengalaman menjalankan bisnis bahkan bisa menjadi informasi tambahan untuk CV di masa depan, bahkan membantu membuka peluang bisnis yang menjanjikan untuk mahasiswa yang ingin sepenuhnya menjadi pebisnis.

Bisnis untuk Mahasiswa - Fotolia

Bisnis untuk Mahasiswa – Fotolia

5 Bisnis untuk Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja

Ingin mendapat uang tambahan tanpa mengorbankan waktu kuliah yang berharga? Berikut beberapa pilihan bisnis kecil yang bisa dijalankan mahasiswa di sela waktu luang:

Kerja Freelance

Melakukan pekerjaan lepas/paruh waktu di lembaga, kantor atau institusi yang berkaitan dengan kampus. Banyak kantor atau lembaga di universitas yang memberi kesempatan magang atau kerja paruh waktu bagi mahasiswa, misalnya menjadi penerjemah atau pendukung administrasi. Walau bukan bisnis pribadi, tetapi bisa menambah pengalaman kerja sekaligus bisa dicantumkan di CV.

Dropshipper

Menjadi penjual di situs bersistem dropship. Berbagai situs atau lapak online kerap menyediakan kesempatan bagi umum untuk menjadi penjual; mempromosikan barang di toko tersebut dan melayani transaksi, namun tanpa menumpuk stok sendiri. Ini adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa karena bisa dilakukan di mana saja asal ada telepon dan internet.

Layanan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa

Menawarkan jasa penerjemahan, pembuatan CV dan surat lamaran berbahasa Inggris. Keahlian berbahasa dapat digunakan untuk membantu sesama mahasiswa menerjemahkan teks ilmiah, atau membuatkan CV dan surat lamaran berbahasa inggris. Ini adalah peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa dikembangkan menjadi biro penerjemahan, atau bahkan pekerjaan sebagai penerjemah lepas.

Peluang bisnis online untuk mahasiswa - Freelancing dan Dropshipping (Fotolia)

Peluang bisnis online untuk mahasiswa – Freelancing dan Dropshipping (Fotolia)

Situs Panduan Mahasiswa Baru

Membuat situs ulasan khusus mahasiswa baru. Jika Anda suka menjelajah dan sudah mengetahui seluk-beluk kota tempat kuliah, buatlah situs berisi informasi seperti daftar rumah kos, hotel murah, tempat makan murah yang enak, kalender acara dan sebagainya. Jangan buat situs Anda monoton; gunakan foto, teks dan rekaman video untuk mendukung informasi yang diberikan. Tawarkan tempat kosong untuk iklan di situs tersebut untuk pemasukan.

Fotografer Kampus

Menjadi fotografer lepas untuk kegiatan kampus. Jika bisa memotret, tawarkan jasa Anda sebagai fotografer lepas, lengkap dengan blog atau minimal laman Facebook khusus untuk identitas bisnis Anda. Pastikan menyusun portfolio yang rapi sejak awal untuk mendaftar pengalaman bagi bisnis di masa depan, jika tertarik mengembangkannya.

Dengan perkembangan teknologi, bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa jauh lebih beragam. Manfaatkan teknologi jejaring sosial, internet, situs video dan blog untuk menawarkan bisnis sambil kuliah.

Video YouTube: Bisnis yang Menguntungkan untuk Mahasiswa

Tren video YouTube kreatif yang meraih banyak penonton bisa menjadi salah satu peluang bisnis untuk mahasiswa. Video-video ini bisa berupa film pendek, komedi, parodi, pembahasan hal-hal populer dengan cara kreatif, tutorial, dan sebagainya. Anda bisa bekerja sendiri atau menjalin kerjasama dengan teman-teman lain untuk membentuk tim kreatif.

Peluang bisnis untuk mahasiswa melalui YouTube - Fotolia

Peluang bisnis untuk mahasiswa melalui YouTube – Fotolia

Gunakan kanal YouTube dengan nama dan deskripsi menarik, dan buat video yang durasinya tidak lebih dari 15 menit (lebih dari itu, Anda harus membayar). Anda bisa mendapat penghasilan dari iklan, dan jika digarap dengan baik, Anda bisa menjadikannya sebagai CV.

Peluang bisnis untuk mahasiswa tersedia bagi yang bisa membagi waktu antara belajar dan mencari uang, dan teknologi semakin mempermudah mahasiswa mencari peluang untuk menambah uang saku serta pengalaman.

Info Bisnis:

tempat pkl mahasiswa bisnis kecil di luar kota - usaha apa kalau kuliahnya di luar kota - usaha mahasiswa sampai di luar kota -
Content Protection by DMCA.com