Bisnis Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga: Bagian 14

Belakangan ini, usaha untuk meningkatkan status secara ekonomi membuat segelintir orang mengabaikan faktor lingkungan dalam menjalankan usaha mereka. Nah, bagaimana dengan anda ibu rumah tangga yang mencintai lingkungan? Jangan khawatir, banyak bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga seperti anda. Ya, tidak seharusnya kita mengorbankan lingkungan hanya karena mengejar kepentingan ekonomi semata.

Bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga - Fotolia

Bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga – Fotolia

Peluang Bisnis Yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga Yang Sayang Lingkungan

Dalam beberapa tahun belakangan,  isu global warming membuat para kreatif, termasuk wanita, berusaha mencari usaha apa yang cocok untuk ibu rumah tangga tanpa mencemari lingkungan. Selamatkanlah planet ini, dan mulailah usaha anda dengan beberapa peluang usaha go-green berikut:

Usaha Katering Organik

Anda gemar memasak? Atau mungkin sedang menjalankan usaha katering? Katering adalah salah satu usaha untuk ibu rumah tangga tanpa modal besar. Mengapa tidak memberikan nilai tambah pada usaha anda dengan memberinya label ‘organik’? Banyak pecinta atau pemerhati lingkungan atau orang yang ingin beralih ke gaya hidup sehat akan menjadi target konsumen anda. Memang, biaya produksi anda akan sedikit lebih besar, karena harga sayuran organik relatif lebih mahal. Meski demikian, para pecinta lingkungan juga akan rela membayar lebih mahal untuk produk yang bermanfaat bagi kesehatan maupun planet ini. Percaya deh!

Pilihan paket katering anda bisa bervariasi, mulai dari vegan diet dengan sayuran organi, paleo meal atau kategoring makanan bebas gluten.  Pastikan anda juga mengurangi efek negatif terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. Ya, saat ini, paper bags mudah didapatkan.

Contoh konsep aplikasi eco-green (Fotolia)

Contoh konsep aplikasi eco-green (Fotolia)

Membuat Aplikasi Eco-Green

Ini adalah bisnis online yang cocok untuk ibu rumah tangga yang handal merancang aplikasi. Anda bisa membuat aplikasi yang mempromosikan kecintaan terhadap lingkungan dan gaya hidup berkelanjuran. Pilihan aplikasi yang bisa anda kembangkan sangat banyak, mulai dari aplikasi game bertema penyelamatan lingkungan, aplikasi tentang produk daur ulang, atau aplikasi bagi pelajar tentang gaya hidup sehat dan mencintai alam.

Produk Fashion Daur Ulang

Anda merasa prihatin dengan pakaian bekas, kain perca, tas, atau sepatu yang dibuang begitu saja? Nah, mulailah membuat produk kreatif dengan memanfaatkan ‘limbah’. Anda bisa membuat produk kreatif seperti gantungan kunci, T-shirt, tas, hiasan rumah, figura, atau aksesoris dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi. Dengan cara ini, beban yang diberikan terhadap lingkungan akan lebih ringan.

Promosikan usaha anda dengan  label ‘organik.” Karena ini murupakan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil dan biaya produk yang murah, anda tentu juga bisa menjual produk kreasi anda dengan harga yang lebih murah.

Contoh produk kecantikan organik untuk salon ramah lingkungan - Shutterstock

Contoh produk kecantikan organik untuk salon ramah lingkungan – Shutterstock

Salon Ramah Lingkungan

Satu lagi usaha biasa yang bisa anda sulap menjadi luar biasa adalah bisnis salon kecantikan. Berikan nilai tambah terhadap usaha anda dengan hanya menggunakan produk kecantikan  organik, seperti shampoo, sabun, dan conditioner organik. Produk semacam ini sudah mulai mudah ditemukan. Dalam jangka panjang, anda bisa melebarkan sayap bisnis anda dengan memproduksi sendiri sabun, shampoo, masker, atau conditioner organik. Tentunya, anda harus mengurus izin lisensi dan uji laboratorium sebelum menggunakan dan memasarkan produk-produk tersebut.

Banyak bukan bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga yang menyayangi planet ini? Selain beberapa pilihan di atas, masih ada sederet alternatif yang mungkin sesuai dengan passion anda. Nah, kalaupun anda tidak bisa berbuat banyak untuk planet ini, setidaknya jangan memperburuk keadaannya melalui usaha yang mencemari lingkungan.

Info Bisnis:

mencintai ibu rumah tangga - usaha apa yang cocok untuk ibu rumah tangga -
Content Protection by DMCA.com