Cara Bisnis Properti Kecil-kecilan: Tips Oleh Pakar UKM

Tahun 2016 merupakan iklim yang cukup bagus untuk bisnis properti, dan banyak orang mulai memelajari cara bisnis properti kecil-kecilan, mulai dari menjual rumah, merancang rumah dengan aplikasi perancangan, hingga menjadi agen properti. Akan tetapi, mungkin ada di antara Anda yang sudah susah payah menawarkan rumah atau ruko ke agen properti, berbagai situs jual beli properti atau bahkan perantara, namun tak kunjung memeroleh hasil penjualan. Cara memulai bisnis properti memang tidak mudah, dan Anda harus menerapkan strategi tertentu agar sukses.

Cara Bisnis Properti - Fotolia

Cara Bisnis Properti – Fotolia

Tips Cara Bisnis Properti oleh Pakar UKM

Tidak semua peminat bisnis properti memiliki modal besar untuk mulai, namun Anda bisa meniti jalan menuju sukses jika menggunakan strategi yang tepat. Iim Rusyamsi, pakar UKM dan pengelola situs UKMSukses.com, memberi beberapa tips cara bisnis properti untuk pemula bagi yang ingin mulai secara kecil-kecilan, yaitu:

  • Menetapkan sasaran pemasaran. Metode sukses yang baik tak akan bisa disusun jika Anda tidak tahu sasaran pemasaran. Misalnya, jika Anda sudah tahu ingin menjual pada kaum keluarga kelas menengah, jenis propertinya juga harus disesuaikan. Bahasa iklan dan penawaran pun bisa lebih sesuai dengan sasaran promosi.
  • Pastikan menjabarkan semua rincian menarik yang ditawarkan properti Anda. Mendaftar segi positif rumah adalah cara bisnis properti modal kecil; Anda mungkin tidak menjual properti mewah, namun mengetahui semua keuntungan properti itu akan membantu Anda menjual; misalnya, rumah tersebut berlokasi di daerah strategis, konstruksinya bagus, cocok untuk usaha, dan sebagainya.
  • Susunlah beragam garansi untuk meyakinkan calon pembeli. Garansi tersebut bisa berupa jaminan untuk membantu mencarikan kontraktor bila ada masalah konstruksi, atau bantuan mengurus surat-surat penting, termasuk jika ada kekeliruan dalam surat atau sertifikat rumah.
  • Jika mungkin, berikan bonus untuk pembeli properti Anda sebagai imbalan tertentu. Misalnya, bagi yang mencicil di bawah jumlah tertentu atau membayar kontan, Anda akan memberi hadiah sepert perabot atau sebuah barang elektronik untuk rumah. Atau, Anda bisa menawarkan biaya pengurusan sertifikat notaries secara gratis, atau layanan serupa lainnya sebagai bonus.
  • Pastikan membuat jadwal open house. Dengan menunjukkan rumah atau properti secara langsung kepada calon pembeli, Anda akan membuat impresi yang lebih baik, dan kemungkinan bisa memengaruhi orang untuk membeli dengan jauh lebih baik daripada hanya berkomunikasi jarak jauh.

Dengan menerapkan semua cara bisnis properti kecil-kecilan ini, Anda akan cepat sukses dalam merintis bisnis properti, dan bahkan bisa mengembangkannya menjadi usaha yang lebih besar.

Cara Memulai Bisnis Properti: Iklan dan Komisi Makelar

Selain semua faktor di atas, iklan dan makelar adalah faktor penting dalam bisnis properti Anda. Jika Anda memutuskan bekerjasama dengan makelar atau perantara, pastikan Anda memberi komisi yang sesuai harga pasar, atau bahkan lebih sedikit. Jika makelar termotivasi, Anda akan mampu menjual properti dengan lebih baik. Prinsip yang sama juga diterapkan pada iklan properti; dengan mendaftar semua keuntungan properti Anda secara meyakinkan, iklan Anda akan tampak menonjol.

Pastikan juga untuk menjabarkan beberapa bonus utama dan jaminan yang sesuai dengan rencana pemasaran Anda, serta nomor kontak atau alamat email yang bisa dihubungi dengan cepat, agar calon pembeli lebih yakin. Bisnis properti adalah semua tentang kepercayaan dan jaminan kualitas; pastikan Anda menerapkan semua hal tersebut dalam tiap aspek cara bisnis properti, walaupun kecil-kecilan.

Info Bisnis:

usaha properti kecil-kecilan - cara bisnis properti kecil kecilan - apakah bisnis properti termasuk umkm - bisnis properti kecilkecilan - ukm properti -
Content Protection by DMCA.com