Cara Buka Usaha dengan Modal Kecil Hingga Jadi Besar

Banyak perusahaan dan bisnis besar berawal dari usaha kecil, namun tidak semua orang yang buka usaha dengan modal kecil mampu mengembangkannya. Ada beragam kisah sukses pebisnis besar yang memulai serta mengembangkan bisnis mereka, dan masing-masing punya keistimewaan. Akan tetapi, jika ditelusuri, semua pebisnis sukses ini berbagi karakter yang sama. Memahami semuanya akan membantu Anda buka usaha modal kecil untung besar.

Cara Buka Usaha dengan Modal Kecil - Fotolia

Cara Buka Usaha dengan Modal Kecil – Fotolia

5 Tips Buka Usaha dengan Modal Kecil

Bisnis rumahan dengan modal kecil sekalipun memerlukan perencanaan dan strategi yang matang, serta karakteristik yang dimiliki setiap pengusaha sukses. James Stephenson, kontributor untuk Entrepreneur.com, menjabarkan karakter pebisnis sukses yang dimiliki setiap wirausahawan berhasil, serta tips buka usaha dengan modal kecil yang mereka terapkan sehingga bisa mengembangkan bisnis, yaitu:

  • Melakukan hal yang dinikmati. Bisnis Anda bukan berarti harus menjadi hobi, tetapi sesuatu yang memang Anda nikmati saat melakukannya, walau itu mungkin bertentangan dengan hobi Misalnya, Anda mungkin suka membaca atau melakukan kegiatan rumahan, namun ketika berurusan dengan bisnis, Anda ternyata sangat menikmati aktifitas dimana Anda harus berinteraksi, misalnya ketika menjalankan bisnis konsultasi.
  • Buat rencana bisnis sejak awal. Banyak pebisnis rumahan baru ingat membuat rencana bisnis yang rapi saat usaha sudah setengah jalan, namun rencana bisnis harus ditetapkan sejak awal. Rencana ini termasuk tujuan bisnis, jenis layanan yang direncanakan, model usaha, strategi pemasaran, dan manajemen resiko.
  • Buat arus pemasukan dan pengeluaran yang rapi. Selain menerapkan pembukuan rapi sejak awal, Anda juga sebaiknya menetapkan jatah simpanan uang untuk menambah modal serta mengembangkan usaha di masa depan. Anda juga harus ingat menyisihkan uang untuk membayar pajak, memperbarui ijin, dan keperluan periodik lainnya. Pengaturan keuangan yang rapi sejak awal berbisnis adalah kunci buka usaha dengan modal kecil dan menguntungkan.
  • Ketahui siapa konsumen Anda. Semua strategi pemasaran dan pengembangan bisnis tak akan berguna jika Anda keliru menerapkannya. Misalnya, ketika Anda memasarkan jasa katering hantaran untuk mahasiswa, tentu akan berbeda dengan memasarkan katering untuk acara pesta pribadi atau ulang tahun anak-anak. Mengenali sifat konsumen juga membantu menciptakan strategi promosi yang paling tepat untuk meraih para konsumen tersebut, serta merancang keunggulan jasa yang paling mengena.
  • Ciptakan kesan positif. Selain menawarkan layanan cepat dan bermutu, bisnis dengan kesan atau reputasi positif akan membuat orang tertarik. Misalnya, pastikan memiliki persona online yang bagus, dengan foto-foto menu makanan berkualitas, layanan yang ramah, jawaban yang cepat untuk setiap pertanyaan, dan interaksi lewat jejaring sosial.

Menjadi pebisnis sukses berarti tak ragu menjual dan berinovasi serta menerapkan strategi pemasaran dan keuangan yang rapi, namun tetap harus diingat bahwa fokus utama adalah untuk konsumen.

Teknologi untuk Buka Usaha Sendiri dengan Modal Kecil

Membuka usaha sendiri memerlukan penyesuaian dengan perkembangan jaman, termasuk teknologi. Teknologi seperti jejaring sosial, aplikasi ponsel dan internet menjadi modal buka usaha sendiri dengan modal kecil, karena inilah cara masyarakat modern menemukan jasa, produk, dan melakukan transaksi. Pastikan memiliki minimal akun Facebook, Twitter, dan jejaring sosial berbasis gambar seperti Instagram atau blog dengan foto. Jika usaha Anda sudah semakin besar, caritahu bagaimana bekerjasama dengan usaha seperti Gojek dan Grab Bike.

Buka usaha dengan modal kecil memerlukan kemampuan menyesuaikan diri dengan jaman, serta prinsip dan strategi dasar yang harus dimiliki setiap pengusaha kecil.

Info Bisnis:

awal modal kecil jadi besar - bisnis dari kecil hingga besar - cara mengembakan modal kecil menjadi besar - cara mengembangkan modal kecil jadi besar - cara mengembangkan modal kecil menjadi besar - usaha yang berawal kecil hingga menjadi besar? -
Content Protection by DMCA.com