Cara Mempopulerkan Bisnis Kue Rumahan dengan Merk Orisinal

Jika Anda berjiwa bisnis dan gemar membuat kue, memiliki bisnis kue rumahan dengan merk orisinal yang sukses adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Walaupun bisnis Anda mungkin diawali di rumah dengan modal kecil dan sedikit pilihan, menjual kue dengan merk akan membuat Anda mudah diingat oleh pelanggan. Merk juga menjadi salah satu kunci mengembangkan bisnis kue rumahan yang menguntungkan, karena menjadi identitas bisnis Anda.

Cara Mempopulerkan Bisnis Kue Rumahan - Fotolia

Cara Mempopulerkan Bisnis Kue Rumahan – Fotolia

Tips Menjual Merk Bisnis Kue Rumahan

Menentukan merk yang mencerminkan kue Anda adalah langkah awal sukses. Ada banyak contoh bisnis kue kering rumahan yang sukses dari bawah, dengan mengusung merk orisinal yang mampu bersaing dengan merk populer di pasar. Contohnya adalah kue kering merk Yorya yang didirikan oleh Liche Lidiawati, atau bisnis kue kering keping cokelat (chocolate chip cookies) terkenal Amerika, Mrs. Fields, yang diprakarsai oleh ibu rumah tangga bernama Debbie Fields. Bagaimana kedua merk ini mampu bersaing dengan beragam bisnis kue lainnya dan menjadi bisnis sukses?

Belajar dari Liche Lidiawati dan Debbie Fields, berikut beberapa tips memasarkan merk kue orisinal buatan Anda agar sukses di pasaran:

  • Ciptakan “resep standar” yang akan menjadi ciri khas merk Anda. Misalnya, Liche menggunakan merknya sebagai upaya memasarkan kue resep keluarga, sementara Debbie Fields menggunakan merknya untuk memasarkan kue keping cokelat. Baru setelah merknya mulai dikenal, mereka membuat varian resep. Hal ini agar konsumen mendapat asosiasi antara merk dan produk Anda.
  • Gabungkan pemasaran profesional dan dari mulut ke mulut. Kedua bentuk pemasaran ini memiliki keunggulan sendiri sehingga pantas dijadikan “senjata” andalan. Pastikan Anda memiliki minimal satu blog atau situs pemasaran dan akun sosial media seperti Facebook atau Instagram (atau keduanya). Selain mengisi situs dan akun sosial media dengan informasi produk dan harga yang menarik, Anda juga sebaiknya aktif berinteraksi untuk mempromosikan merk kue Anda.
  • Buat desain yang menarik. Merk yang dirancang dengan baik akan melekat di ingatan ketimbang deretan huruf standar pada sepotong kertas di toples kue. Hal ini bisa diterapkan untuk bisnis kue basah rumahan maupun kue kering. Selain itu, desain merk berkualitas juga memberi kesan eksklusif, sehingga lebih menarik.
  • Pastikan kemasan kue aman dan menarik. Kemasan membuat kue Anda menjadi lebih menonjol saat dipajang. Selain toples biasa dan bungkus plastik, Anda juga bisa berkreasi, misalnya dengan menggunakan toples kaca (jar) untuk kue sekali makan atau cangkir (cup) warna-warni mirip cangkir es krim. Pastikan juga konsumen akan merasa aman ketika membeli kue Anda.

Dengan membuat merk ue Anda menonjol, promosi akan lebih mudah dilakukan, dan Anda lebih bisa bersaing di pasar.

Manajemen Baik sebagai Cara Bisnis Kue Rumahan

Cara bisnis kue rumahan Mrs. Field dan Liche Lidiawati memiliki kesamaan: adanya manajemen yang baik. Ketika bisnis berkembang, keduanya tak ragu membuka dapur kue lengkap dengan “pusat bisnis” di rumah, khusus untuk menangani pesanan secara cepat dan profesional. Keduanya juga tak ragu berinvestasi pada sistem pembukuan, karyawan, serta situs profesional agar pemasaran kue lebih mudah dilakukan, untuk pelanggan yang lebih luas. Biaya yang dikeluarkan merupakan investasi untuk menghadapi persaingan.

Walaupun bisnis kue rumahan Anda dimulai secara kecil-kecilan, membuat merk yang menarik dan memasarkannya secara benar adalah kunci bisnis kuliner sukses.

Info Bisnis:

bagaimana mempopulerkan merk - roti kering debbie - merk kue kering terkenal - manajemen kue rumahan - kue produk rumahan - KEMASAN KUE KERING MERK TERKENAL - debifield pengusaha kue - cara pemasaran kue brownis tanpa merk - cara bersaing bisnis kue - usaha jual kembali kue merk terkenal -
Content Protection by DMCA.com