Cara Memulai Bisnis Properti Penyewaan Ruang Kantor

Bisnis penyewaan properti berupa rumah sudah jamak dilakukan, namun banyak orang kurang paha, cara memulai bisnis properti jika yang disewakan adalah ruang kantor (bukan rumah yang bisa dijadikan kantor oleh penyewa). Karena kantor memiliki tujuan penggunaan khusus, ada baiknya Anda memahami cara memulai bisnis properti dari nol untuk penyewaan bangunan komersil atau bisnis, termasuk cara mengurus properti kantor dengan benar agar pantas disewakan.

Cara Memulai Bisnis Properti - Fotolia

Cara Memulai Bisnis Properti – Fotolia

Cara Memulai Bisnis Properti Kantor dan Tempat Bisnis

Meningkatnya minat akan wiraswasta dan bisnis mandiri di kalangan anak muda, terutama yang berkaitan dengan teknologi, menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk menyewakan kantor. Kantor ukuran kecil sampai sedang di area perkotaan atau dekat pemukiman akan menjadi properti yang cukup menguntungkan. Akan tetapi, harap diingat bahwa orang yang menyewa properti untuk kantor biasanya memiliki spesifikasi sendiri dibanding mereka yang menyewa rumah untuk ditinggali.

Berikut beberapa spesifikasi khusus yang biasa dicari peminat bangunan kantor yang patut Anda ketahui:

  • Aliran listrik dan air lancar. Bangunan kantor yang Anda sewakan harus memiliki sistem listrik dan aliran air yang stabil, tidak mudah mengalami penurunan tegangan atau mati lampu. Bangunan kantor juga harus memiliki generator cadangan yang ditaruh/diamankan di dalam tempat khusus di luar kantor.
  • Memiliki ijin lengkap. Memastikan semua perijinan pendirian bangunan serta surat-suratnya adalah cara memulai bisnis properti bagi pemula dan profesional. Hal ini penting agar jalannya bisnis yang dilakukan di dalam kantor tersebut tidak akan terganggu.
  • Memiliki akses ke fasilitas penting/umum seperti pertokoan, pemukiman, area bisnis, halte bis, ruko, dan sebagainya. Area strategis akan menjadi nilai plus untuk sebuah bangunan kantor. Keamanan area juga harus menjadi pertimbangan; calon penyewa bangunan kantor biasanya akan enggan menyewa bangunan yang lokasinya terpencil atau terkenal sebagai tempat kejahatan seperti pencurian.
  • Memiliki ruang memadai. Walaupun bangunan kantor yang Anda sewakan tidak terlalu besar, bangunan kantor yang memadai sebaiknya memiliki ruang-ruang untuk ruang tunggu, ruang atasan atau kepala kantor, pusat kegiatan seperti rapat, toilet, ruang penyimpanan atau tempat istirahat, dan area parkir. Jika area lahannya sempit, idealnya bangunan dibuat bertingkat.
  • Memiliki cahaya dan ventilasi yang baik. Walaupun sebuah kantor pasti mendapat penerangan dan pendingin udara, ada baiknya sebuah bangunan tetap memiliki sumber cahaya alami serta sirkulasi udara, sehingga ketika ada gangguan seperti listrik padam, orang yang di dalam bisa terus beraktifitas tanpa terganggu.

Jika semua persyaratan ini tersedia, Anda bisa dengan mudah berbisnis properti penyewaan bangunan kantor. Jika modal Anda kecil, Anda bahkan tak perlu membangun dari awal, karena ada cara memulai bisnis properti tanpa modal seperti membeli atau membangun kantor.

Cara Memulai Bisnis Properti dengan Modal Kecil untuk Kantor

Apakah Anda merasa area di sekitar Anda cocok untuk bisnis penyewaan kantor? Anda bisa menjajal usaha ini dengan modal kecil sebagai permulaan. Cara memulai bisnis properti dengan modal kecil untuk perkantoran adalah dengan menjadi makelar atau broker properti. Jika Anda melihat potensi penyewaan ruang atau bangunan kantor di suatu area, Anda bisa menjadi broker atau makelar dan menemukan properti berupa kantor untuk dijual. Anda bisa membuat kesepakatan untuk mendapat komisi, lalu Anda menawarkan properti itu lewat situs pribadi.

Bisnis penyewaan bangunan kantor adalah salah satu peluang properti yang cukup laris, dan cara memulai bisnis properti penyewaan kantor bisa dimulai dari menjualkan bangunan orang lain sebagai makelar.

Info Bisnis:

bisnis persewaan runah kantor - bisnis properti dan penyewaan - penyewaan kantor termasuk bangunan komersial? -
Content Protection by DMCA.com