Cara Memulai Peluang Bisnis saat Masih Bekerja

Ketika Anda memiliki pekerjaan tetap namun juga ingin berbisnis, Anda mungkin bingung bagamana memulai peluang bisnis tanpa mengorbankan pekerjaan tersebut, setidaknya sebelum Anda mulai memiliki bisnis yang sukses sehingga bisa menjadi wirausahawan penuh waktu. Di jaman dimana pekerjaan sulit didapat dan harga barang banyak yang naik, Anda harus pandai-pandai memerhitungkan cara memulai peluang bisnis tanpa mengorbankan pekerjaan yang sudah Anda miliki. Jika Anda memiliki keahlian tertentu, menemukan peluang bisnis menjadi lebih mudah, terutama jika Anda mengincar pasar tertentu.

Memulai Peluang Bisnis saat Masih Bekerja - Fotolia

Memulai Peluang Bisnis saat Masih Bekerja – Fotolia

Pilihan untuk Memulai Peluang Bisnis

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi semakin mempermudah kesempatan menciptakan bisnis, terutama jika bisnis tersebut berkaitan dengan internet, bisnis daring, atau media sosial. Berikut beberapa cara peluang untuk memulai bisnis dengan bantuan teknologi sambil menjalankan pekerjaan Anda sendiri:

Menulis e-book

Jika Anda memiliki keahlian atau pengetahuan di bidang tertentu, Anda bisa memanfaatkannya untuk menulis e-book. Misalnya, Anda bisa menulis e-book tentang pemasaran, bisnis online, belajar gitar, belajar koding, dan sebagainya. Walaupun ada banyak informasi gratis di internet, e-book yang terstruktur dan tersusun rapi akan menarik minat banyak orang.

Menjual barang di lapak online

Jika Anda kreatif dan bisa membuat produk tertentu seperti kerajinan tangan, atau memiliki koleksi barang tertentu yang ingin Anda jual seperti buku-buku bacaan lawas, gunakan lapak online untuk memulai bisnis jual beli. Jika Anda tertarik mengembangkannya, gunakan uang hasil berjualan sebagai modal untuk membeli pasokan barang dan membuka toko online sendiri.

Menjual barang dengan sistem dropship

Banyak toko grosir populer memiliki layanan kemitraan dimana Anda bisa menjual produk di halaman media sosial atau blog Anda sendiri. Peluang bisnis untuk memulai usaha bisa dimulai secara murah dengan cara ini, terutama karena dropship tidak mengharuskan Anda untuk menumpuk stok barang. Setelah dihubungi pemesan, Anda tinggal meneruskan pesanan ke toko tersebut dan barang pun dikirimkan.

Menawarkan jasa di Fiver

Jika Anda ingin menawarkan jasa seperti menerjemahkan, mendesain kartu ucapan atau menulis artikel blog, tetapi belum ingin menjadikannya bisnis penuh waktu, Anda bisa menawarkannya di Fiver. Ini adalah platform untuk menawarkan jasa secara lepas dengan bayaran 5 Dolar untuk satu pekerjaan (gig). Anda bisa menentukan sendiri berapa banyak hasil pekerjaan untuk ditawarkan untuk satu gig.

Dengan pilihan pekerjaan yang tepat, Anda bisa memulai kesempatan bisnis tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama jika dibutuhkan.

Tips Mencari Peluang Bisnis untuk Memulai Usaha

Ketika Anda berusaha memulai menemukan peluang bisnis, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Sering-seringlah menelusuri media online atau tren jejaring sosial, karena banyak usaha baru yang bisa muncul dari tren online (atau tren yang beredar di internet). Anda juga bisa mengetahui peluang usaha dari tren lokal, misalnya apa yang sedang laris, digemari, atau banyak dibicarakan oleh komunitas lokal di area tempat tinggal Anda. Menggali potensi lokal sangat bagus untuk memulai bisnis kecil-kecilan.

Ketika mencari potensi bisnis, Anda juga harus memerhitungkan bagaimana menyeimbangkan antara bisnis dan pekerjaan. Pastikan bisnis Anda bisa dilakukan tanpa mengganggu waktu kerja Anda, karena itu masih menjadi yang utama. Bagilah keuntungan dan gaji yang Anda peroleh untuk mengumpulkan modal usaha jika Anda ingin mengembangkannya. Memulai peluang bisnis bisa dimulai dari hal kecil tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

Info Bisnis:

tips mulai usaha dikala masih bekerja - cara memulai bisnis tapi tidak mengorbankN prkerjaan - memulai bisnis saat masih bekerja -
Content Protection by DMCA.com