Cara Memulai Usaha Baru: Tips Mendapatkan Modal Awal

Modal adalah kunci pertama untuk memulai usaha. Lalu, bagaimana cara memulai usaha baru jika anda tidak memiliki modal sama sekali? Modal merupakan pengorbanan yang harus anda lakukan jika ingin memulai suatu usaha. Apabila bisnis tersebut berkembang, maka modal yang Anda tanamkan tersebut akan berlipat ganda.

Cara Memulai Usaha Baru - Fotolia

Cara Memulai Usaha Baru – Fotolia

Mengandalkan modal yang dimiliki sendiri terkadang tidak cukup; Anda harus mencari cara lain untuk mengatasinya. Misalnya, bagaimana cara memulai usaha pakaian jika anda tidak memiliki modal untuk menyewa tempat, membeli pakaian yang akan dijual, menghiasi toko, dan memajang barang dagangan Anda? Jangankan toko fisik, untuk membuka toko online-pun anda setidaknya harus memiliki modal untuk membayar tagihan internet, listrik, dan membeli domain.

Alternatif Sumber Modal Sebagai Cara Memulai Usaha Baru

Mendapatkan pinjaman adalah solusi untuk mendapatkan modal awal. Berikut adalah beberapa pilihannya untuk anda:

Pinjaman dari Bank

Bank merupakan tempat utama yang dituju oleh orang yang ingin membuka usaha namun tidak memiliki modal. Setiap bank menawarkan program kredit untuk membantu pengusaha kecil maupun besar dalam mengembangkan bisnisnya. Khusus untuk pengusaha kecil dan menengah, bank pemerintah biasanya menawarkan kredit lunak, alias pinjaman dengan bunga rendah.

Bank biasanya memberlakukan syarat pinjaman, seperti jaminan berupa aset berharga seperti properti dan juga kendaraan bermotor. Namun, ada juga program yang diperuntukkan untuk usaha-usaha binaan pihak bank. Nah, ada baiknya anda menelusuri program-program ini untuk mendapatkan modal awal.

Pinjaman dari Teman, Kerabat Atau Saudara

Misalkan anda ingin membuka usaha kue, maka anda membutuhkan modal untuk membeli alat pembuat kue seperti mixer, oven microwave, loyang, kemasan, dan bahan-bahan kue. Meminjam uang dari teman, kerabat atau saudara adalah cara memulai usaha kue jika anda belum berani mengajukan pinjaman ke bank. Keuntungan meminjam dari kerabat adalah anda tidak dikenai biaya administrasi maupun bunga. Jadi, jumlah uang yang harus anda kembalikan tetap sama dengan jumlah pinjaman.

Hanya saja, terkadang sangat susah untuk mendapatkan pinjaman dari teman maupun kerabat, apalagi jika anda baru mau membuka usaha. Maka, pilihannya adalah mengajak teman atau kerabat untuk bekerjasama dengan pola kemitraan:, teman anda sebagai penyandang modal dan anda fokus pada operasi. Nantinya, keuntungan yang diperoleh dibagi sesuai kesepakatan. Mendapatkan mitra seperti ini akan lebih mudah jika teman atau kerabat tersebut sudah benar-benar mengetahui bakat anda di bidang masak-memasak.

Cara mendapatkan modal usaha - Fotolia

Cara mendapatkan modal usaha – Fotolia

Pinjaman dari Pegadaian

Misalkan anda sedang merintis cara memulai usaha laundry. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah pembelian mesin cuci, pengering, deterjen, pengharum, plastik pembungkus pakaian, dan kebutuhan lainnya. Untuk mendapatkan pinjaman modal tersebut, Anda bisa pergi ke pegadaian. Pegadaian merupakan tempat yang tepat jika Anda ingin mendapatkan modal dengan bunga pinjaman yang sangat rendah.

Proses pengajuan pinjaman di Pegadaian cukup mudah, namun seperti namanya, harus ada barang yang anda gadaikan sebagai jaminannya. Asset tersebut bisa tanah, rumah, kendaraan, maupun perhiasan.

Cara Memulai Usaha dengan Perencanaan yang Matang

Selain menyiapkan modal untuk membuka sebuah usaha, Anda juga harus memiliki perencanaan bisnis yang tepat sehingga modal yang Anda miliki tidak terbuang sia-sia dan perhitungannya jelas. Sebagai contoh, perencanaan untuk cara memulai usaha catering harus memuat informasi yang jelas tentang:

  • Gambaran bisnis catering yang akan Anda jalankan, apakah dikhususkan untuk katering pernikahan, katering khitanan atau acara kecil lainnya, katering arisan atau pengajian
  • Analisa pasar, target konsumen, dan cara promosi
  • Keuntungan bisnis katering yang Anda pilih
  • Gambarkan juga struktur organisasi, perlengkapan, staff dan jumlah aset
  • Rincian keuangan dan prediksi biaya yang dikeluarkan dalam memulai bisnis katering

Nah, semoga informasi dan tips serta cara memulai usaha baru dapat menjadi inspirasi untuk anda dalam mendapatkan pinjaman modal.

Info Bisnis:

content - bagaimana langkah awal untuk memulai pinjaman ke bank - alternatif cara membuka usaha baru - cara dapat modal usaha - cara memulai bisnis pegadaian - cara mencari modal untuk pengusaha awal - memulai usaha baru - modal utama membuka usaha baru adalah - total pinjaman untuk memulai usaha kue -
Content Protection by DMCA.com