Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil Secara Patungan

Anda yang baru akan merintis usaha mungkin ragu untuk mengajukan permohonan kredit ke bank, apalagi ke rentenir. Selain harus mengeluarkan cicilan bulanan, anda juga harus menanggung beban bunga yang cukup besar, padahal usaha anda baru akan dimulai. Nah, salah satu cara memulai usaha dengan modal kecil adalah dengan mengajak teman atau saudara anda untuk patungan. Dengan sistem joint venture, alias patungan, anda tidak hanya mendapat dukungan modal awal, namun juga dukungan tenaga maupun skill dari mitra usaha anda.

Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil Secara Patungan - Fotolia

Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil Secara Patungan – Fotolia

Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil Dengan Patungan

Dengan cara membuka usaha dengan modal kecil bersama teman atau kerabat, ada beberapa keuntungan yang bisa anda nikmati, selain dukungan modal dan tenaga. Di antaranya:

  • Sharing resiko; selain sharing keuntungan, anda dan mitra juga membagi kerugian bersama. Kalaupun usaha yang anda rintis belum berjalan mulus di awalnya, maka anda tidak menanggungnya sendirian.
  • Teman bertukar fikiran; anda dan mitra tentunya memiliki pengetahuan dan pandangan yang berbeda. Jika disatukan, tentunya ini akan menjadi kekuatan yang lebih besar. Anda juga bisa berbagi pendapat tentang cara mengatasi kendala atau hambatan bersama-sama

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus anda antisipasi sebelum memulai usaha secara patungan. Kendala yang dialami umumnya berkaitan dengan sistem bagi hasil (atau kerugian), sistem pengambilan keputusan, maupun pembagian beban kerja.

Tips Cara Membuka Usaha Dengan Modal Kecil Sistem Patungan

Semakin banyak jumlah mitra yang anda ajak, maka sistem usaha patungan akan semakin sulit dikelola. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan.

  • Carilah mitra yang memiliki latar belakang, keahlian, atau pengetahuan di bidang usaha yang akan dibuka. Misalnya, cara memulai usaha makanan dengan modal kecil tentunya dimulai dengan mencari mitra yang memiliki keahlian memasak. Artinya, jika anda mahir memasak satu jenis makanan dan mitra anda mahir memasak jenis makanan lain, maka setidaknya ada 2 alternatif makanan yang akan disajikan.
  • Usahakan mencari mitra dengan share yang seimbang (kecuali jika anda tidak memiliki modal sama sekali). Jika modal didominasi oleh salah satu mitra, maka pemilik modal akan cenderung mendominasi operasi bisnis dan pengambilan keputusan. Hal ini dapat memicu keretakan. Beda halnya jika anda berdua memiliki saham yang seimbang.
  • Gunakan tenaga tambahan di luar mitra. Untuk menghindari adanya beban tanggung jawab yang tidak seimbang, sebaiknya carilah karyawan untuk membantu kegiatan operasional sehari-hari. Sebagai contoh, cara membuka usaha laundry dengan modal kecil membutuhkan tenaga cuci dan setrika. Dengan demikian, anda dan mitra fokus di manajemen usaha.
  • Buatlah perjanjian tertulis. Tidak perduli usaha anda besar atau kecil, sistem yang jelas sejak awal pendirian usaha sangat penting untuk usaha yang berbasis patungan. Perjanjian tersebut setidaknya memuat point tentang kesepakatan besaran modal, mekanisme pengunduran diri masing-masing mitra, tata cara bagi laba (rugi), dan mekanisme penutupan usaha patungan.

Pada dasarnya, mekanisme yang sama berlaku untuk jenis usaha patungan lainnya, seperti cara memulai usaha sembako dengan modal kecil. Sekecil apapun usaha yang anda rintis, manajemen bisnis dan pengelolaan keuangan harus dijalankan secara transpan. Dengan demikian, hubungan kemitraan anda akan bertahan lama, dan prospek pengembangan usaha ke depan akan lebih baik.

Sistem kemitraan seperti ini akan membuka lebih banyak peluang bagi calon wirausahawan yang memiliki keahlian (skill) namun  tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha mandiri. Dengan sistem patungan, cara memulai usaha dengan modal kecil akan menjadi lebih ringan, karena segalanya ditanggung bersama.

Info Bisnis:

gambar patungan - menejemen usaha patungan - usaha patungan modal kecil - bisnis patungan - membuka usaha baru dengan modal patungan - contoh usaha patungan - tips bisnis patungan berdua - sistem usaha patungan - perjanjian jika mendirikan usaha secara patungan - sistem usaha gabungan - peluang usaha gabungan - peluang patungan bisnis - patungan usaha kecil - patungan bisnis - patungan - modal usaha gabungan - modal patungan bentuk usaha apa - www cara memulai usaha dgn modal kecil - sistembisnisusahagabungan - usaha yang bagus sistim patungan - usaha sistem patungan - usaha patungan - usaha mudah dengan modal murah sistem patungan - usaha mandiri patungan - Usaha mandiri mdal kecil - Usaha kecil yang bisa dijalankan dengan modal patungan - usaha bisnis patungan modal - tips wirausaha dengan modal patungan - tips usaha patungan - Tips mengelola bisnis patungan - studi kasus usaha kecil bermodal patungan - memulai usaha dengan modal patungan - memulai usaha dengan dana patungan - cara me managemen usaha kecil modal bersama - cara buka usaha gabungan - cara bisnis patungan - Cara bisnis kecil dngaan mdal patungan - cara bisnis join sama teman bisnis sembako - cara berbisnis patungan - cara berbisnis dengan patungan - buka usaha modal patungan - bisnis usaha berdua patungan - bisnis modal patungan - bisnis modal kecil patungan - bisnis dengan modal kecil patungan - cara membangun usaha gabungan - cara membuat usaha patungan - cara berbisnis dengan modal patungan - membagi laba modal patungan - manajemen usaha patungan -
Content Protection by DMCA.com