Cara Mencari Peluang Usaha di Kampung untuk Freshgraduate

Anda seorang freshgraduate? Mencari peluang bisnis terkadang memang membutuhkan usaha yang ekstra, apalagi bagi Anda yang baru menyelesaikan study dan ingin merambah ke dunia bisnis. Bagaimana tidak? Jika kita salah menetapkan langkah untuk memulai usaha, resiko yang akan kita dapatkan akan semakin banyak. Tentu saja, anda membutuhkan cara mencari peluang usaha yang tepat dan efektif, sekaligus sesuai dengan latar belakang kemampuan dan pengetahuan anda.

Cara mencari peluang usaha - Fotolia

Cara mencari peluang usaha – Fotolia

Cara Mencari Peluang Usaha Sendiri

Sebenarnya Anda tak perlu bersusah-payah untuk bertanya pada cenayang atau ahli bisnis untuk menentukan peluang usaha. Percayalah bahwa Anda sendiripun bisa menemukan peluang usaha. Yang penting Anda memiliki kemauan yang kuat untuk mengetahuinya. Mental seorang pengusaha memang harus seperti itu, memiliki tekad kuat untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada.

Anda bisa mencari peluang bisnis Anda sendiri dengan cara browsing di search engine, mengikuti seminar kewirausahaan, membaca buku bisnis, memantau postingan pebisnis di akun media sosialnya, dan masih banyak lagi cara untuk mencari peluang bisnis Anda sendiri.

Cara Melihat Peluang Usaha di Kampung Halaman

Cara paling ampuh untuk menemukan peluang usaha adalah dengan mengamati sekeliling Anda. Mengapa demikian? Karena berbisnis adalah suatu kegiatan yang membutuhkan pemahaman tentang realitas. Seorang pebisnis profesional pastilah ia yang mampu membaca situasi dengan mantap dan dapat menyesuaikan diri di mana pun dia berada.

Manfaatkan potensi lokal sebagai peluang usaha - Fotolia

Manfaatkan potensi lokal sebagai peluang usaha – Fotolia

Sebelum Anda menentukan peluang usaha yang hendak Anda ambil, ada baiknya jika Anda mulai memperhatikan sekitar Anda atau dengan kata lain “membaca pasar”. Ada beberapa cara mencari peluang usaha sampingan yang layak Anda coba, yakni:

Cari Usaha yang Paling Potensial dan dibutuhkan

Cobalah perhatikan usaha apa yang paling berkembang di daerah kita. Misalnya anda tinggal di sekitar sebuah kampus dengan mahasiswa yang banyak. Maka, usaha yang akan anda rintis bisa difokuskan kepada hal-hal yang terkait dengan kehidupan mahasiswa, misalnya, catering, fotocopy, laundry, atau taman bacaan. Atau, jika anda memiliki kamar berlebih di rumah, maka kos-kosan merupakan salah satu usaha yang potensial.

Manfaatkan sumber daya lokal

Pulang kampung setelah lulus kuliah? Nggak masalah. Anda bisa menjadi pioneer dalam merintis berbagai usaha untuk menopang kehidupan masyarakat di sekitar anda. Cara mencari peluang usaha di kampung yang paling utama adalah kejelian dalam menganalisa sumber daya yang ada di sekitar kampung anda.

Misalnya jika Anda tinggal di pedesaan, di mana matapencaharian utama penduduknya adalah petani. Maka, setidaknya ada dua pilihan usaha yang bisa anda coba, yakni menyediakan kebutuhan pertanian, seperti pupuk, bibit, ternak, dan alat-alat pertanian. Atau, anda bisa memanfaatkan komoditi yang diproduksi di kampung untuk diolah menjadi produk industri kecil menengah.

Perkenalkan teknologi kepada masyarakat - Fotolia

Perkenalkan teknologi kepada masyarakat – Fotolia

Perkenalkan teknologi terbaru

Menerapkan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang anda miliki adalah cara terbaik untuk berbakti kepada masyarakat, bukan? Nah, gunakanlah kemampuan anda untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar maupun kehidupan anda sendiri. Misalnya, jika anda seorang sarjana pertanian, maka anda bisa mendampingi petani dan memperkenalkan teknologi pertanian dan pengolahan komoditi terbaru.

Jika Anda mencoba sedikit saja lebih peka pada keadaan sekitar Anda, Anda pasti akan dengan mudah menemukan berbagai peluang usaha yang tepat. Tidak berguna berbagai macam cara mencari peluang usaha jika Anda tidak mempraktekkannya dengan seksama. Mencari pekerjaan di kota tidak selamanya menjadi pilihan terbaik. Sebisa mungkin, gunakanlah masa muda dan pengetahuan anda secara positif untuk mengebadi kepada masyarakat dan negara anda.

Info Bisnis:

usaha untuk d kampung halaman - usaha di kampung halaman - bisnis di kampung halaman - usaha positif dikampung - usaha di kampung - usaha apa yg mantap di kampung halaman - prospek usaha tahun 2017 di kampung - pilihan usaha di kampung halaman - pengalaman rintis usaha dikampung - peluang usaha menyediakan kebutuhan perkampungan - peluang bisnis di kampung - peka pada keadaan menemukan peluang bisnis - mencari berbagai sumber disekitar anda - gambar bisnis makanan perkampungan - cara usaha dikampung - Cara pandangan melihat peluang usah dikampung - cara bisnis di kampung - usaha untuk fresh graduate -
Content Protection by DMCA.com