Cara Merencanakan Bisnis Laundry Kiloan dari Rumah

Laundry kiloan adalah bisnis laris di daerah perkotaan, dan memulai bisnis laundry kiloan bisa dimulai dari rumah. Akan tetapi, bisnis laundry bukan hanya soal menyediakan mesin cuci, sabun, setrika dan brosur; ada berbagai perhitungan yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis laundry dengan lancar. Jika bisnis Anda tergolong besar sehingga membutuhkan pegawai, modal bisnis laundry kiloan harus dialokasikan ke dalam pengaturan pemasukan dan pengeluaran yang teliti.

Bisnis Laundry Kiloan dari Rumah - Fotolia

Bisnis Laundry Kiloan dari Rumah – Fotolia

Persiapan Bisnis Laundy Kiloan

Memulai bisnis laundry kiloan rumahan memerlukan perhitungan dan persiapan teliti, termasuk barang-barang yang harus ada di tempat usaha Anda. Berikut beberapa tips merencanakan pembelian barang untuk usaha laundry:

Memilih mesin cuci dan pengering

Karena kedua benda ini harus ada di setiap usaha laundry, lebih baik memiliki satu mesin cuci dan satu pengering dulu jika modal memang terbatas. Pastikan membeli merk yang berkualitas agar bisa menahan beban kerja sepanjang hari, terutama jika usaha laundry Anda buka dari pagi sampai sore/malam. Jika mencari mesin cuci bekas, cari referensi dari situs bisnis laundry yang sudah mapan. Perhitungkan juga jenis bukaan mesin cuci, karena mesin bukaan depan dan atas memiliki jenis deterjen yang berbeda.

Perhitungkan produk kimia laundry

Anda akan sering membeli produk kimia laundry, jadi pastikan memilih merk yang tepat sejak awal. Bisnis laundry kiloan untuk pemula bisa menggunakan kimia laundry ukuran besar yang dibeli di toko grosir. Pilih juga produk pelembut cucian, parfum laundry dan pelembut setrikaan yang harganya sesuai dengan perkiraan pemasukan dan pengeluaran. Anda bisa membeli pelembut cucian berbagai aroma agar pengunjung bisa memilih sendiri.

Perhitungkan barang-barang pendukung

Barang pendukung, terutama yang kecil-kecil seperti peralatan kantor (pulpen, buku nota, buku catatan transaksi), gantungan baju, label penanda, kantung plastik, keranjang cucian, ember dan sebagainya bisa terlupakan jika Anda tidak merencanakannya dengan baik sejak awal. Meski tampak sepele, barang-barang pendukung ini bisa jadi sangat mempengaruhi kelancaran operasional usaha anda.

Perhitungkan gaji karyawan

Jika Anda mempekerjakan karyawan, pastikan mengetahui perkiraan gaji terbaik sesuai UMR. Jika mungkin, sediakan tempat menginap atau beristirahat minimal untuk dua orang, dan gunakan jasa minimal dua karyawan jika Anda ingin berbisnis dari pagi sampai malam (lebih dari 8 jam dianggap lembur).

Dengan perencanaan teliti, memulai bisnis laundry kiloan tidak akan terlalu sulit dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi siapa saja.

Perkiraan Modal Bisnis Laundry Kiloan

Walaupun Anda memulai dengan satu mesin cuci dan pengering saja, biaya untuk memulai biaya laundry lebih banyak dari membeli mesin. Jika untuk sewa tempat Anda memerlukan sekitar 10 juta, 12 juta untuk paket mesin cuci dan pengering, perabot dan modal 8 juta serta hal-hal lain seperti penambahan daya listrik, Anda bisa menghabiskan sekitar 30 hingga 35 juta sebagai modal bisnis laundry kiloan kecil-kecilan. Selain itu, ada pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan tiap bulan.

Selain uang listrik dan air, Anda juga harus mengeluarkan uang untuk kimia deterjen, menumpuk stok produk seperti label dan alat kantor, gaji karyawan, ATK, pulsa dan sebagainya. Penetapan tarif laundry Anda harus berdasarkan pengeluaran rutin ini. Anda bisa membuat beberapa kategori pelayanan, misalnya standar, kilat, dan VIP untuk yang ingin bajunya dicuci dalam 24 jam, misalnya. Dengan perancangan teliti untuk berbagai aspek, bisnis laundry kiloan bisa dikelola dengan mudah dan lancar bahkan dikembangkan.

Info Bisnis:

minimal daya listrik rumah buat laundry - setrika kiloan -
Content Protection by DMCA.com