Ciri-ciri Waralaba, Lisensi dan BO dalam Kemitraan

Bisnis waralaba yang semakin menjamur membuat banyak orang mulai tertarik menjajalnya, namun ternyata ada yang masih mengelirukan ciri-ciri waralaba dengan lisensi dan Business Opportunity (BO), terutama karena ketiganya sama-sama merupakan bentuk kemitraan. Kegagalan mengetahui ciri-ciri ketiga jenis kemitraan ini dapat membuat Anda salah langkah saat hendak memutuskan untuk bermitra secara resmi dengan pihak lain.

Ciri-ciri Waralaba, Lisensi dan BO (Fotolia)

Ciri-ciri Waralaba, Lisensi dan BO (Fotolia)

Ingin memulai kemitraan bidang bisnis? Jangan lupa memelajari seluk-beluk berbagai jenis kemitraan, termasuk ciri-ciri waralaba, BO dan lisensi.

Ciri-ciri Waralaba, BO dan Lisensi yang Utama

Untuk memahami perbedaan antara waralaba, BO dan lisensi, kita bisa melihat pada beberapa aspek khusus yang membedakan mereka. Berikut beberapa ciri waralaba, PO dan lisensi ditinjau dari beberapa aspek spesifik:

Fokus tujuan kemitraan

Jika kita melihat pada fokus tujuan kemitraan, ciri-ciri waralaba yang utama adalah kebebasan untuk memasarkan suatu produk dengan merk dan produk yang sudah ada, tanpa harus membayar lisensi. Hal ini berbeda dari BO dimana Anda mendapat paket usaha dan pelatihan namun harus membuat merk dan merancang sistem bisnis sendiri. Sementara itu, lisensi lebih berkaitan dengan penggunaan Hak Kekayaan Intelektual dimana Anda mengurus izin untuk menggunakan nama atau konsep tertentu milik pihak lain demi kesuksesan bisnis pribadi, tetapi Anda bisa bebas menentukan bentuk usaha.

Fokus metode pemasaran

Dalam usaha waralaba, sistem pemasaran sudah disediakan oleh pemilik waralaba. Walaupun Anda boleh sedikit kreatif dalam pemasaran, namun produk dan panduan metode pemasaran telah tersedia, sehingga sistem promosinya lebih terpusat. Hal ini berbeda dengan BO dan lisensi dimana Anda bisa lebih bebas dan kreatif dalam hal pemasaran.

Fokus merk yang dipasarkan

Ciri-ciri waralaba paling jelas adalah merk yang dipasarkan. Ketika Anda memasarkan produk waralaba, ini berarti Anda memasarkan merk yang telah ditentukan oleh si pemilik waralaba. Dalam BO dan lisensi, Anda tidak harus menggunakan merk yang telah ditentukan pihak lain. Anda bisa saja memasarkan merk milik sendiri walau menggunakan BO atau lisensi dari pihak lain.

Mengenal ciri-ciri dasar waralaba akan membantu Anda mengenali kesempatan bisnis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi, apalagi jika Anda juga memiliki pilihan berupa BO dan lisensi dalam peluang bisnis yang sedang ditekuni.

Kriteria Spesifik Waralaba Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Di Indonesia, ada Peraturan Pemerintah yang khusus mengatur tentang waralaba, yaitu PP no.42 tahun 2007. Sebuah waralaba baru bisa dianggap sebagai sebuah usaha yang solid jika memiliki beberapa kriteria spesifik berdasarkan PP ini, yaitu:

  • Sudah berjalan paling tidak selama 5 tahun dan terbukti memberikan keuntungan berkelanjutan terhadap para mitranya.
  • Memiliki ciri khas bisnis seperti merk, produk, keunggulan, sistem promosi dan pemasaran, dan sebagainya yang membedakannya dari merk lain. Hak intelektual merk dan sistem bisnisnya juga harus terdaftar secara resmi.
  • Dapat diajarkan dan diaplikasikan dengan mudah. Sistem promosi dan bisnis waralaba harus mudah diajarkan pada calon mitra serta diaplikasikan secara nyata. Waralaba juga harus menyediakan sistem promosi dan pengelolaan bisnis yang bisa diikuti calon mitra dengan mudah.
  • Memiliki SOP. Layaknya semua jenis usaha, sebuah waralaba resmi harus memiliki SOP, agar setiap mitra dapat beroperasi dalam naungan standar usaha tertentu.
  • Memiliki sistem dukungan untuk mitra. Sistem dukungan yang dimaksud bisa berupa sistem pelatihan, paket pemasaran, layanan mitra, panduan operasional bisnis, dan sebagainya.

Dengan mengenal ciri-ciri waralaba secara resmi, Anda pun siap memilih jenis bisnis yang paling tepat dan cocok dengan situasi serta kondisi pribadi.

Info Bisnis:

ciri ciri waralaba - perbedaan waralaba dan lisensi ditinjau dari ciri ciri - ciri ciri lisensi - ciri ciri kemitraan - seluk beluk kemitraan - lisensi waralaba - karakteristik lisensi - ciri2 usaha waralaba - ciri-ciri lisensi - ciri waralaba - ciri ciri yang membedakan waralaba - ciri ciri utama bisnis franchise - ciri ciri licensing dan franchising - ciri ciri kemitraan waralaba - waralaba dan lisensi pemil -
Content Protection by DMCA.com