Contoh Etika Bisnis dan Pelanggaran oleh Perusahaan Internasional

Etika bisnis dideskripsikan sebagai aplikasi etika profesional oleh perusahaan terkait tanggung jawab moral terhadap masyarakat dan lingkungan, namun contoh etika bisnis dan pelanggarannya tak hanya terbatas pada bisnis yang reputasinya diragukan. Perusahaan dengan reputasi baik bahkan tak lepas dari kasus pelanggaran etika. Memahami kasus-kasus pelanggaran terkemuka di dunia  bisnis internasional akan membantu Anda belajar dan tidak mengulangi hal yang sama, terutama jika perusahaan Anda memiliki porsi pemberitaan besar atau memiliki resiko bisnis tinggi.

Contoh Etika Bisnis - Fotolia

Contoh Etika Bisnis – Fotolia

8 Contoh Etika Bisnis yang Dilanggar

Dr. Diane Hamilton, penulis buku Reinvent Your Career, menjabarkan 8 contoh kasus pelanggaran etika bisnis yang dilakukan perusahaan berkelas internasional, yaitu:

  • Raksasa jaringan ritel murah Amerika ini terkenal dengan beragam kasus pelanggaran etika bisnis. Misalnya, WalMart dikenal sebagai perusahaan yang menentang serikat buruh, dan kerap memperlakukan karyawan dengan buruk seperti tidak memberi gaji penuh, memecat karyawan yang cuti hamil, melakukan diskriminasi ras, dan pernah menimbulkan kontroversi karena menciptakan blog traveling palsu yang ditujukan untuk meningkatkan citra WalMart.
  • Skandal yang terjadi dalam tubuh Enron adalah salah satu contoh kasus etika bisnis dalam perusahaan energi kelas dunia, dimana perusahaan ini tertangkap basah memanipulasi pembukuan serta pasokan energinya. Enron akhirnya menyatakan diri bangkrut pada tahun 2001, dan skandal tersebut diliput dalam film documenter berjudul Enron: The Smartest Guys in the Room.
  • Perusahaan pakaian dan sepatu olahraga ini telah lama menjadi sasaran protes organisasi hak asasi manusia karena menggunakan buruh murah di negara dunia ketiga dengan gaji sangat rendah.
  • Kedai kopi terkenal ini menjadi perhatian karena strategi klusternya dianggap tak adil terhadap bisnis kedai kopi kecil dan independen.
  • Ini adalah merk makanan bayi, permen dan jus yang dimiliki Milnot Company, dan pernah terlibat dalam Skandal Jus Apel Beechnut, dimana perusahaan ketahuan mengekspor jus apel yang kandungannya tidak sesuai dengan yang diiklankan.
  • Produsen produk agrikultur ini menjadi contoh kasus pelanggaran etika bisnis pada perusahaan terkait pasokan bahan makanan, dimana Monsanto dianggap menguasai sumber pasokan makanan publik serta memiliki catatan kerusakan lingkungan yang cukup besar.
  • Perusahaan bidang finansial dan kredit ini ketahuan memberi informasi palsu pada konsumen mengenai sifat pinjaman mereka, yang berakibat banyak konsumen produk finansial Countrywide kehilangan rumah karena penurunan nilai properti di pasar.
  • Arthur Andersen. Kasus pelanggaran etika bisnis oleh perusahaan finansial Arthur Andersen terkait audit dan penipuan menjadi bahan pembicaraan di awal tahun 2000-an, terutama karena masih terkait skandal Enron.

Semua kasus ini membuktikan bahwa perusahaan berskala internasional tidak lolos dari tindak pelanggaran etika.

Contoh Kasus Etika Bisnis dalam Perusahaan oleh CEO

Para CEO kelas dunia banyak juga yang terlibat pelanggaran etika bisnis dan berakhir di penjara, membuktikan bahwa CEO internasional pun tak bisa lolos dari tuntutan pelanggaran etika. Berdnard Ebbers, CEO Worldcom, dipenjara pada tahun 2006 karena dianggap hendak memulai monopoli virtual serta melakukan penipuan dalam akunting. Conrad Black, CEO Hollinger Internasional, dipenjaran karena melakukan penipuan dan menghindari pajak.

Contoh kasus pelanggaran etika bisnis terbaru adalah Martin Skrelli, CEO perusahaan farmasi yang membeli paten obat penting untuk perawatan toksoplasma serta menaikkan harganya hingga ratusan dolar. Semua contoh etika bisnis yang dilanggar ini harus menjadi pelajaran bagi pebisnis agar tidak melakukan hal yang sama.

Info Bisnis:

contoh kasus pelanggaran etika bisnis terbaru - contoh kasus pelanggaran etika bisnis pada perusahaan - kasus pelanggaran etika bisnis 2016 - kasus etika bisnis terbaru - contoh kasus etika bisnis dalam perusahaan - kasus etika bisnis internasional - contoh kasus pelanggaran etika bisnis - kasus pelanggaran etika bisnis terbaru - contoh pelanggaran etika bisnis - kasus etika bisnis 2016 - contoh kasus pelanggaran etika bisnis di indonesia - kasus perusahaan yang melanggar etika bisnis - contoh kasus etika bisnis internasional - contoh pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan - kasus pelanggaran etika bisnis - Kasus bisnis terbaru - contoh kasus pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan - contoh kasus pelanggaran etika bisnis internasional - kasus perusahaan yang melanggar etika bisnis 2016 - pelanggaran etika bisnis perusahaan internasional - kasus etika bisnis dalam perusahaan - pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan - kasus etika bisnis perusahaan - kasus pelanggaran etika bisnis perusahaan - contoh kasus etika bisnis 2016 - contoh etika bisnis internasional - contoh kasus pelanggaran perusahaan - pelanggaran etika bisnis terbaru - contoh kasus pelanggaran etika bisnis 2016 - pelanggaran etika bisnis internasional - pelanggaran etika bisnis - Contoh kasus etika dalam bisnis internasional - contoh kasus etika bisnis dalam internasional - perusahaan yang melanggar etika bisnis tahun 2016 - contoh etika dalam bisnis internasional - contoh kasus etika bisnis - contoh kasus pelanggaran etika bisnis internasional di indonesia - contoh pelanggaran etika pada perusahaan - kasus etika bisnis walmart - contoh perusahaan yang melakukan pelanggaran etika bisnis - contoh perusahaan yang melanggar etika bisnis 2016 - contok etika bisnis unternasonak - kasus etika di perusahaan - kasus etika bisnis terbaru 2016 - contoh kasus pelanggaran etika bisnis dibindonesia - contoh pelanggaran bisnis - kasus pelanggaran etika bisnis internasional - kasus pelanggaran etika bisnis pada perusahaan - contoh pelanggaran etika di perusahaan - kasus etika bisnis terkini -
Content Protection by DMCA.com