Contoh Kategori Pelanggaran Etika Bisnis Internal Perusahaan

Etika bisnis terkait erat dengan apa yang salah dan benar dalam kinerja perusahaan, dan pelanggaran etika bisnis bisa terjadi dalam tubuh perusahaan itu sendiri, bukan hanya dari dalam ke luar. Perbedaan kultur, operasi dan cara pandang dalam berbagai perusahaan membuat penentuan kategori pelanggaran etika bisa sangat sulit. Akan tetapi, ada berbagai contoh kasus pelanggaran etika bisnis yang tidak perlu dipertanyakan.

Contoh Kategori Pelanggaran Etika Bisnis - Fotolia

Contoh Kategori Pelanggaran Etika Bisnis – Fotolia

Bicara soal pelanggaran etika bisnis, banyak orang mengaitkannya dengan tindakan yang langsung dilakukan perusahaan terhadap pihak di luar perusahaan tersebut, misalnya kepada konsumen, rekanan, atau masyarakat di sekitar perusahaan tersebut. Akan tetapi, pelanggaran etika ini bisa terjadi dalam tubuh internal perusahaan, dan di departemen berbeda.

Contoh Pelanggaran Etika Bisnis dalam Departemen

Pelanggaran etika bisnis di Indonesia yang kerap disorot atau diprotes terjadi dalam tubuh perusahaan, dan merupakan salah satu perhatian khusus dalam dunia bisnis, karena dampaknya yang bisa berujung pada kualitas layanan terhadap konsumen atau klien. Berikut beberapa contoh pelanggaran etika bisnis dari berbagai departemen dalam perusahaan:

  • Laporan keuangan palsu. Ini adalah salah satu pelanggaran etika bisnis yang paling umum ditemui. Pelaporan keuangan palsu bisa jadi dilakukan karena ingin mendapat keuntungan dari penggelapan, atau menutupi transaksi illegal dan bahkan penyuapan.
  • Diskriminasi dalam rekruitmen dan promosi. Ini adalah salah satu persoalan etika yang kerap terjadi dalam tubuh HR, terutama di negara-negara yang komunitas minoritasnya cukup beragam. Diskriminasi terkait ras, jenis kelamin dan agama adalah sesuatu yang merupakan pelanggaran etika berat, dimana seseorang tidak diterima bukan karena kualifikasinya, melainkan hal-hal lain yang tidak berkaitan, sehingga hal ini harus dilaporkan.
  • Penggunaan skema bisnis yang secara luas dianggap tidak etis, seperti menggunakan skema Ponzi untuk mengeruk keuntungan dalam bisnis berkedok MLM. Walaupun penggunaan skema Ponzi dan sejenisnya dianggap tidak etis, hal ini kerap masih bisa menjebak berbagai golongan masyarakat karena sifat “kejahatan” dalam sistem ini tidak ditonjolkan terang-terangan. Konsumen bisa jadi baru menyadarinya ketika sudah tertipu.
  • Penanganan limbah industri yang ceroboh atau tidak mengindahkan keselamatan masyarakat serta kondisi lingkungan di sekitarnya. Hal ini merupakan salah satu pelanggaran etika berat yang telah membuat banyak perusahaan besar diekspos secara besar-besaran di media serta menjadi sasaran protes.

Contoh kasus pelanggaran etika bisnis pada perusahaan bisa terjadi pada setiap level, mulai dari CEO hingga pramuniaga yang berhadapan langsung dengan pelanggan atau kasir. Hal ini patut menjadi perusahaan untuk memerhatikan kemungkinan pelanggaran di semua lini bisnis.

Tindakan unuk Pelanggaran Etika Bisnis terhadap Hukum

Pelanggaran etika bisnis terhadap hukum yang terlihat jelas tak memerlukan peringatan atau intervensi dari tubuh perusahaan itu sendiri; beberapa jenis pelanggaran etika yang bersenggolan dengan hukum negara, seperti penggelapan dalam jumlah besar, korupsi, hingga pelanggaran hak-hak konsumen dan bahkan membahayakan mereka bisa langsung dilaporkan ke petugas hukum. Pelanggaran etika lain yang harus langsung dilaporkan tanpa melewati intervensi perusahaan antara lain penganiayaan berat, pemakaian narkoba, membawa senjata api, dan sebagainya.

Jika pelaku pelanggaran etika tersebut adalah petinggi perusahaan atau pihak perusahaan itu sendiri secara keseluruhan, masyarakat bisa melapor baik kepada polisi maupun lembaga pengawas hak-hak konsumen dan instansi terkait lainnya. Pelanggaran etika bisnis adalah sesuatu yang bisa terjadi di semua departemen dan lini bisnis, sehingga patut menjadi perhatian semua pihak di dalam maupun di luar bisnis.

 

Info Bisnis:

contoh kasus pelanggaran etika bisnis terhadap konsumen - pelanggaran etika bisnis 2016 - contoh etika bisnis internal - kategori pelanggaran etika bisnis - kemungkinan penyimpangan etika bisnis - pelanggaran etika bisnis 2016 di indonesia - Pelanggaran etika bisnis keuangan 2016 - pelanggaran etika bisnis terhadap konsumen - pelanggaran etika di perusahaan Indonesia 2016 - pelanggaran etika keuangan terbaru 2016 - kategori dalam kasus etika bisnis - kasus pelanggaran etika bisnis yang baru terjadi - contoh kasus pelanggaran etika 2016 - contoh kasus penyimpangan etika internal bisnis - contoh pelanggaran etika bisnis pada seseorang - contoh skema pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan menurut agama GCG dan hukum bisnis - contoh-contoh kasus pelanggaran etika bisnis di surabaya 2016 - kasus pelanggaram etika bisnis lingkungan terbaru 2016 - kasus pelanggaran bisnis 2016 - kasus pelanggaran etika 2016 - studi kasus internal etika bisnis perusahaan -
Content Protection by DMCA.com