Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Berbisnis tidak hanya terpaku pada kegiatan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari apa yang telah perusahaan lakukan. Berbisnis berarti harus siap melakukan yang terbaik untuk masyarakat, baik itu pekerja, konsumen, maupun masyarakat umum. Karena hak perusahaan tentu saja dibatasi oleh hak konsumen dan masyarakat pada umumnya. Untuk itu, dalam bisnis dikenal istilah etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan yang merupakan seperangkat pedoman dalam berbisnis agar tidak melanggar kesepakatan sosial. Namun tak jarang ada perusahaan yang melanggarnya.

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan - Fotolia

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan – Fotolia

Contoh Kasus Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Perusahaan mana sajakah yang telah melanggar etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan? Berikut adalah contohnya

Freeport

Sebagai perusahaan asing yang memiliki salah satu cabang di Papua, Indonesia, tentunya PT. Freeport memiliki rentetan hak dan kewajiban yang harus dijalankan demi kebaikan bersama. Namun pada beberapa waktu belakangan, PT. Freeport sedang marak diperbincangkan karena isu pelanggaran CSR (Corporate Social Responsibility) yang mereka lakukan.

Kasus itu bermula ketika PT. Freeport memberikan gaji yang tidak layak untuk para pekerjanya yang merupakan warga Negara Indonesia. PT. Freeport dianggap tidak bisa berlaku secara adil terhadap para pekerjanya, terutama dalam urusan gaji. Pekerja asing baik di PT. Freeport Indonesia maupun di Negara lain mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripaa pekerja yang merupakan penduduk asli Indonesia. Oleh karena itu, pekerja PT.Freeport Indonesia melakukan penuntutan dan demo sebanyak 2 kali kepada PT. Freeport.

Dalam menghadapi pelanggaran etika dan tanggung jawab sosial dalam bisnis internasional yang telah dilakukannya tersebut, PT. Freeport hanya berupaya untuk selalu berdiskusi dengan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) agar pekerja Freeport tidak melakukan aksi semacam mogok kerja, intimidasi fisik terhadap karyawan lain, dan lain sebagainya.

Kasus etika bisnis dan tanggung jawab sosial ini harus menjadi pelajaran bagi seluruh perusahaan baik yang asing ataupun nasional agar selalu memperhatikan kesejahteraan pekerja dan masyarakat sekitar. Jangan sampai pekerja dan masyarakat sekitar merasa dirugikan baik secara materiil ataupun imateriil.

Silva Inhutani Lampung

Pada kisaran tahun 2012, masyarakat Lampung khususnya yang tinggal di daerah Mesuji, melayangkan tuntutan kepada pihak PT. Silva Inhutani yang memegang Hak Guna Usaha di perhutanan dan perkebunan di sana. PT. Silva Inhutani dianggap tidak menjalankan etika bisnis dan tanggung jawab sosial dalam bisnis yang digarap olehnya dengan baik.

Sebagai perusahaan yang memakai lahan hutan dan kebun di Mesuji untuk kepentingannya, PT. Silva Inhutani dianggap tidak memenuhi pertanggungjawaban sosialnya lantaran perusahaan tersebut terkesan tidak peduli dengan dampak yang dirasakan masyarakat sekitar. PT. Silva Inhutani tidak membuat fasilitas sosial dan fasilitas umum untuk warga sekitar, padahal hal tersebut lumrah untuk mereka lakukan.

Selain itu, PT. Silva Inhutani juga tidak melaksanakan kewajiban penanaman 5 persen tanaman dari luas lahan yang dikelola. Padahal kewajiban itu sudah merupakan kesepakatan bersama yang dilakukan pihak PT.Silva Inhutani dengan mitra warga. Seharusnya perusahaan bisa mematuhinya.

Itulah 2 contoh kasus perusahaan yang melanggar etika bisnis dan tanggung jawab sosial. Semoga dengan dibeberkannya beberapa contoh kasus di atas, semua perusahaan dapat berbenah diri agar tidak mengulangi kesalahan yang telah dilakukan beberapa perusahaan di atas. Berbisnislah tanpa mengabaikan hak-hak yang dimiliki oleh konsumen atau masyarakat luas. Dengan begitu, tidak ada pihak yang akan dirugikan dari kegiatan berbisnis yang kita lakukan.

Info Bisnis:

Contoh kasus etika bisnis dan tanggung jawab sosial - kasus yang melanggar CSR - contoh kasus misi tanggung jawab sosial dan bisnis - kasus etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan - kasus penyimpanagan pelaku bisnis terhadap tanggung jawab sosial - tanggung jawab sosial perusahaan yang melanggar etika bisnis - tanggung jawab sosial dan perusahaan dalam etika bisnis - studi kasus tentang etika bisnis dan tanggung jawab sosial - studi kasus tanggung jawab dan etika bisnis perusahaan - perusahaan yang telah melanggar csr tahun 2014 - pelanggaran csr - kasus penyimpangan dalam tanggung jawab danbisnis - artikel kasus pelanggaran etika usaha perikanan dan tanggun jawab - contoh studi kasus pengantar bisnis tentang tanggung jawab sosial - contoh kasus pelanggaran etika bisnis dalam perushaan - contoh kasus etika bisnis dan tan - contoh etika bisnis dan tanggung jawab sosial - artikel tanggung jawab sosial perusahaan & etika bisnis -
Content Protection by DMCA.com