Ide Bisnis UKM Yang Menjanjikan bagi Pria Muda Kreatif

Pernahkah terpikirkan oleh anda berapa banyak furniture yang berakhir di tempat pembuangan sampah setiap harinya? Parahnya, furniture berukuran besar dan akan lebih cepat memenuhi tempat pembuangan akhir. Nah, mengapa tidak memanfaatkannya sebagai bisnis UKM yang menjanjikan? Furniture terbuat dari kayu yang sebenarnya bisa didaur ulang menjadi furniture dengan wajah baru dan bentuk baru. Caranya?

Bisnis UKM yang menjanjikan untuk pria - Fotolia

Bisnis UKM yang menjanjikan untuk pria – Fotolia

Daur Ulang Furniture: Bisnis UKM Yang Menjanjikan dan Murah

Jika anda memiliki dasar pengetahuan tentang template atau layout furniture, kemampuan pertukangan (woodworking), dan lebih lagi, keperdulian terhadap lingkungan, maka daur ulang furniture merupakan bisnis UKM yang menjanjikan untuk anda. Anda bisa menyulap kursi, meja, atau lemari yang telah rusak menjadi furniture baru dan menjualnya sebagai produk berlabel ‘go-green.’ Setidaknya, ada dua kategori produk yang bisa anda ciptakan menggunakan furniture lama, yakni:

Produk dengan bentuk dan ukuran yang baru

Misalnya, anda bisa menyulap lembaran papan dan kayu bekas lemari menjadi rak mungil atau kotak penyimpanan dan mengecatnya kembali sehingga tampak baru dan menarik. Atau, anda bisa menciptakan produk dekorasi rumah, seperti hiasan dinding, figura, atau pernak-pernik lucu menggunakan kayu bekas furniture.

Produk refacing

Mungkin, anda kurang akrab dengan istilah ini, bukan? Seperti namanya, refacing artinya menyulap sebuah furniture tua menjadi furniture yang modelnya sama namun ‘wajahnya’ berbeda. Misalnya, anda bisa mengganti sofa dengan kain baru dan busa baru, atau mengganti pintu lemari dengan pintu baru seingga bisa digunakan kembali.

Cara Memulai dan Mengembangkan Bisnis Daur Ulang Furniture

Lalu, bagimana cara memulai dan mengembangkan usaha daur ulang furniture menjadi bisnis UKM yang menjanjikan? Kuncinya adalah pengetahuan dasar pertukangan dan kreativitas anda dalam menyulap furniture tua menjadi produk dengan wajah baru. Ada beberapa tahap yang perlu anda lalui untuk memulai usaha ini:

  • Pelajari teknik dasar pertukangan (jika anda belum memahaminya). Pada tahap ini, anda juga perlu memahami cara membuat sketsa atau layout dasar sebuah furniture. Anda bisa bekerja part time pada perusahaan furniture jika ingin mempelajari dan mencobanya secara langsung.
  • Jalin kerjasama dengan usaha pengumpulan produk bekas di kota anda.
  • Pasang pengumuman atau iklan bahwa anda menerima furniture rumah tangga, kantor, atau badan usaha yang sudah tidak terpakai lagi. Tentunya, daripada mereka membuangnya percuma, mereka akan memilih menjualnya kepada anda, meski dengan harga murah.
  • Berikan label ‘go-green’ atau ramah lingkungan pada produk anda. Ini akan menjadi nilai tambah tersendiri pada produk yang anda hasilkan.
  • Lakukan pemasaran secara ‘fair.’ Artinya, anda mengakui bahwa produk anda didaur ulang dari furniture bekas.
  • Pilih furniture berkualitas baik, agar produk yang anda hasilkan tahan lama dan disukai konsumen.
  • Lakukan pemasaran secara offline dan offline. Jika perlu, sediakan satu toko kecil sebagai tempat memajang produk karya anda dan toko online untuk memajangnya kepada online shopper.
  • Lakukan inovasi secara terus-menerus, misalnya dari segi variasi model produk yang anda ciptakan.
  • Berikan harga yang terjangkau, sesuai kualitas produk yang anda hasilkan.

Kreativitas, ramah lingkungan, dan harga yang terjangkau adalah tiga aspek utama yang menjadi nilai jual usaha anda. Pastikan anda menekankan ketiga aspek ini dalam konsep promosi bisnis yang anda jalankan. Daur ulang atau refacing furniture adalah bisnis UKM yang menjanjikan untuk digeluti pria muda yang kreatif, asalkan anda memiliki konsistensi dan tekad untuk maju. Jangan sungkan memulai usaha dari barang bekas, karena itu adalah jalan anda menuju sukses.

Info Bisnis:

bisnis ukm kreatif - bisnis kreatif untuk pria - bisnis ukm yang menjanjikan - ide kreatif dan inovatif barang bekas - Inovasi ukm pertukangan - sukses usaha kayu kreatof bisnisukm - ukm furniture kreatif - usaha ukm dari kayu hiasan pernak pernik - uusaha ukm kreatif -
Content Protection by DMCA.com