Ide Jenis Usaha dengan Modal Kecil lewat Kanal YouTube

Monetisasi video YouTube sudah bukan ide baru di kalangan generasi melek internet, dan situs ini ideal sebagai jenis usaha dengan modal kecil. Karena video YouTube memerlukan lebih banyak usaha dan modal dalam pembuatannya ketimbang menulis di blog (misalnya), orang cenderung memastikan bahwa video yang mereka buat adalah sesuatu yang memang menarik minat mereka.

Ide Jenis Usaha dengan Modal Kecil di YouTube - Fotolia

Ide Jenis Usaha dengan Modal Kecil di YouTube – Fotolia

Jika Anda punya suatu keahlian, Anda bisa menjualnya lewat video YouTube, menjaring banyak penonton dan pelanggan kanal, dan akhirnya mendapat uang lewat monetisasi YouTube. Jenis usaha modal kecil untung besar yang bisa dilakukan di YouTube cukup beragam, dan Anda bisa mulai dari sesuatu yang Anda gemari dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

3 Jenis Usaha dengan Modal Kecil di YouTube

Banyak orang yang menggunakan situs YouTube untuk mencari informasi spesifik, terutama tutorial, karena YouTube memberi informasi berupa audio visual yang lebih mudah dimengerti. Banyak jenis usaha rumahan dengan modal kecil bisa dilakukan dengan memanfaatkan tren kebutuhan informasi ini, terutama karena sekarang banyak kamera berkualitas yang harganya tidak semahal kamera profesional pembuat film.

Berikut beberapa ide usaha dengan menggunakan video YouTube yang berpotensi mengundang banyak penonton dan kelak bisa dimonetisasi:

  • Tutorial gaya dan riasan. Kanal YouTube yang berisi tutorial makeup dan gaya berpakaian cukup populer, dan Anda bisa menggunakan tema khusus untuk mengundang banyak orang mengeklik video Anda. Misalnya, Anda bisa membuat tutorial mode untuk orang bertubuh gemuk, tutorial makeup khusus untuk mereka yang tak suka berdandan namun perlu merias wajah, dan sebagainya.
  • Tutorial berkebun di tengah kota. Banyak orang yang tinggal di perkotaan bermimpi memiliki kebun, misalnya kebun yang memiliki tanaman obat, tanaman bumbu, atau tanaman sayuran sederhana, namun bingung bagaimana melakukannya dengan lahan yang sempit. Kanal berkebun adalah salah satu kanal terpopuler di YouTube, dan Anda bisa mengembangkan kegemaran berkebun sebagai jenis usaha yang menguntungkan dengan modal kecil, terutama jika Anda memang suka berkebun dan sudah memiliki semua perlengkapan.
  • Tutorial memasak resep mudah untuk orang sibuk. Tutorial memasak sudah banyak di YouTube, namun dengan semakin banyaknya orang yang memiliki gaya hidup sibuk, tutorial memasak praktis yang tetap lezat akan menjadi sesuatu yang banyak dicari.
Contoh ilustrasi tutorial online di YouTube - Fotolia

Contoh ilustrasi tutorial online di YouTube – Fotolia

Anda bisa juga menggunakan keahlian lain untuk menjaring penonton di YouTube, seperti tips aktifitas outdoor seperti berkemah atau memancing, tips membuat kerajinan tangan dari barang bekas, dan sebagainya. Setelah mengumpulkan cukup banyak pengikut kanal serta penonton, Anda bisa memilih program monetisasi YouTube dan memasang iklan di video Anda.

Tips Memulai Jenis Usaha Modal Kecil di YouTube

Jenis usaha modal kecil untuk pemula di YouTube tak perlu nampak kelewat profesional, yang penting Anda harus memastikan agar gambar yang diambil jelas dan suara Anda terekam dengan baik. Jika perlu, buatlah video percobaan untuk melihat kualitasnya saat diputar di kanal YouTube. Berinvestasilah pada mikropon dan kamera yang cukup berkualitas agar video Anda jelas saat diputar, tidak gelap atau memiliki suara terlalu pelan.

Dalam monetisasi YouTube, salah satu persyaratan utamanya adalah video yang orisinal. Karena itu, hindari menggunakan materi milik orang lain tanpa ijin, seperti ilustrasi atau lagu pengiring. Pastikan juga nama profil Anda mencerminkan nama dan tujuan pembuatan kanal YouTube, dan berinteraksilah dengan cara sopan dan informatif. Jika dilakukan dengan tepat, video YouTube dapat menjadi jenis usaha dengan modal kecil yang ideal, terutama jika Anda melek teknologi.

Info Bisnis:

keahlian untuk usaha youtube -
Content Protection by DMCA.com