Ide Peluang Bisnis Kreatif bagi Orangtua Rumahan

Jika Anda berstatus orangtua rumahan yang sudah berpengalaman mengurus rumah dan anak, Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk mencari ide peluang bisnis. Aktifitas seperti mengurus bayi, mencuci, membersihkan rumah dan memadu-padankan pakaian ternyata bisa menjadi modal untuk mendirikan usaha kreatif. Usaha berbasis aktifitas rumah tangga ini semakin mencuat di negara-negara maju, dimana banyak yang memanfaatkan ide peluang bisnis kreatif terkait aktifitas rumah tangga sebagai peluang bernilai jutaan Dolar.

Ide Peluang Bisnis Kreatif bagi Orangtua Rumahan (Fotolia)

Ide Peluang Bisnis Kreatif bagi Orangtua Rumahan (Fotolia)

Jika Anda bangga pada keahlian Anda mengurus anak dan rumah, dan ingin menuangkannya dalam bentuk bisnis, ada beberapa alternatif menarik yang bisa Anda coba rintis menjadi ide bisnis dan peluang usaha.

Contoh Ide Peluang Bisnis Terkait Aktifitas Rumah

Berikut beberapa ide usaha yang terinspirasi dari berbagai aktifitas rumahan:

Usaha layanan pasca kelahiran

Pasca kelahiran, banyak kaum wanita yang stres karena harus menyeimbangkan antara mengurus si kecil dan rumah, apalagi jika mereka hanya sendiri atau tidak bisa berbagi tugas secara maksimal dengan suami. Anda bisa memecahkan masalah ini dengan menyediakan jasa layanan pasca kelahiran, misalnya menawarkan jasa seperti pencucian pakaian ibu dan bayi, pembelian popok serta perawatan produk bayi untuk dikirim ke rumah pemesan, dan sebagainya.

Usaha bersih-bersih profesional

Jasa bersih-bersih rumah sebenarnya bukan ide baru, namun jasa pembersihan rumah tinggal secara profesional di Indonesia masih belum begitu banyak dibandingkan jasa pembersihan kantor, misalnya. Anda bisa menyediakan jasa pembersihan rumah profesional yang mencakup pembersihan lantai, pencucian tirai dan taplak meja, pembersihan meja dan dapur, dan sebagainya. Jika sudah mengumpulkan cukup banyak modal, Anda bisa menyatukannya dengan jasa pembersihan karpet dan perabot.

Layanan koki pribadi untuk masakan yang terjangkau

Koki pribadi menyediakan santapan lengkap dan nikmat bagi klien individual, bukan di restoran atau hotel. Jika Anda mampu memasak, Anda dapat menjadikan profesi koki rumahan sebagai ide peluang bisnis modal kecil, dengan menyediakan menu masakan yang lengkap namun terjangkau (koki pribadi biasanya diasosiasikan dengan jasa bagi orang-orang kaya atau mereka yang mengadakan pesta).

Layanan katering khusus ibu hamil dan melahirkan

Wanita yang sedang hamil atau habis melahirkan dan sedang menyusui membutuhkan asupan nutrisi lengkap yang mendukung pertumbuhan janin atau produksi air susu. Anda bisa menjadikan ini sebagai ide peluang bisnis rumahan untuk membuat katering menu khusus ibu hamil dan melahirkan. Anda harus memahami wawasan tentang jumlah kalori dan nutrisi khusus ibu hamil dan menyusui, serta menyesuaikan masakan dengan keinginan pemesan. Akan tetapi, Anda bisa memasarkan bisnis ini secara khusus dengan mengusung khasiat nutrisi dari masakan Anda, dan mudah mendapat pelanggan terutama dari kalangan ibu pekerja.

Layanan daur ulang baju

Jika anda bisa menjahit, usaha daur ulang baju saat ini sedang populer. Dalam bisnis ini, baju-baju lama dirombak menjadi baju yang nampak baru, dengan harga yang lebih terjangkau daripada jika membeli. Jika Anda cukup ahli, Anda bisa menerima pesanan dengan desain kustomasi yang sesuai keinginan pemesan. Usaha ini cukup populer di kalangan penyuka mode unik yang ingin mendapat baju-baju baru tanpa membayar terlalu banyak.

Aktifitas rumah tangga bukan hanya untuk mengurus rumah. Berbagai aktifitas rumah tangga bisa dijadikan inspirasi membuka usaha, terutama jika Anda adalah orangtua rumahan yang ingin menggunakan keahlian untuk dijadikan ide peluang bisnis yang bidangnya sudah Anda kuasai.

Content Protection by DMCA.com