Ide Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Kreatif – Bagian 3

Masih bingung ingin melakukan apa di masa-masa akhir study anda sebagai seorang mahasiswa? Setelah membaca beberapa ide peluang usaha untuk mahasiswa yang dibahas pada post sebelumnya, mungkin anda masih membutuhkan alternatif usaha lain yang sesuai dengan kemampuan anda. Jangan khawatir….

Ide peluang usaha online untuk mahasiswa - Fotolia

Ide peluang usaha online untuk mahasiswa – Fotolia

Jika anda seorang mahasiswa yang memiliki kemampuan, kemauan, dan kecakapan di bidang komunikasi dan teknologi, ide dan peluang usaha yang bisa anda coba nyaris tidak terbatas. Pasalnya, apapun yang anda lakukan, semuanya didasarkan kepada kemampuan otak anda.

Ide Peluang Usaha Online bagi Mahasiswa

Sebelumnya, peluang usaha sampingan online yang ditawarkan adalah menjadi online retail consultant dan virtual assistant. Masih di kelompok usaha sejenis, berikut adalah beberapa ide peluang usaha modal kecil lainnya yang bisa anda coba:

Konsultan Sosmed

Jika anda adalah seorang pecinta sosial media dan memahami seluk-beluk sosial media, seperti Facebook dan Instagram, maka anda bisa memanfaatkannya secara produktif dengan menjadi seorang konsultan sosial media. Tahukah anda bahwa saat ini banyak perusahaan yang bergantung kepada media sosial sebagai sarana promosi online untuk produk/jasa yang mereka tawarkan?

Sayangnya, banyak di antara mereka yang tidak tahu bagaimana cara mengoptimalkan media sosial tersebut untuk meningkatkan penjualan. Nah, di sinilah anda bisa masuk. Tugas anda adalah memberikan masukan dan membantu pengusaha online untuk mengoptimalkan promosi produk/jasa melalui sosial media.

Ide dan peluang usaha online bagi mahasiswa - Fotolia

Ide dan peluang usaha online bagi mahasiswa – Fotolia

Tenaga Pembukuan Jarak Jauh

Saat dihadapkan kepada permasalahan kondisi keuangan, seperti kenaikan kurs dollar secara terus-menerus, ada kalanya perusahaan tidak memiliki pilihan lain selain mengurangi jumlah karyawan. Namun, bukan berarti tugas-tugas di perusahaan berkurang, bukan? Sebuah perusahaan pasti tergantung kepada tenaga pembukuan.

Nah, jika anda seorang mahasiswa jurusan akuntansi atau anda memahami pembukuan, maka bekerja sebagai tenaga pembukuan freelance berbasis online adalah pilihan yang menarik. Anda bisa melakukan pekerjaan ini dari rumah. Tujuan mengembangkan ide dan peluang usaha berbasis online ini cukup sederhana ini adalah untuk mengasah kemampuan anda pada jurusan yang sedang anda pelajari.

Copywriter

Menjadi copywriter adalah pekerjaan yang menarik jika anda memiliki kemampuan di bidang penulisan contet berkualitas. Semua pemilik website atau blog memiliki satu kesamaan: yakni, membutuhkan content baru yang segar dan informatif. Untuk mempromosikan jasa yang anda usahakan, anda bisa memanfaatkan media sosial atau blog yang teroptimasi. Selain content untuk blog, seorang copywriter juga menulis artikel lain, seperti press release dan artikel review.

Contoh peluang usaha mahasiswa sebagai copywriter - Fotolia

Contoh peluang usaha mahasiswa sebagai copywriter – Fotolia

Tips Mengembangkan Ide Peluang Usaha Online Bagi Mahasiswa

Pada tahap awal, anda bisa menjalankan peluang usaha tersebut sebagai pekerjaan sampingan atau freelance. Pada tahap berikutnya, anda bisa mengembangkan ide dan peluang usaha ini sebagai bisnis online dengan skala yang lebih besar. Jika tadinya anda hanya seorang freelancer, maka di tahap lanjut, anda bisa menjadi seorang manajer atau pemilik usaha online.

Caranya: anda bisa merekrut orang lain untuk melakukan pekerjaan yang tadinya anda kerjakan sendiri. Dengan cara ini, jumlah pesananan atau pekerjaan yang anda tangani menjadi lebih besar. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan kalau ide peluang usaha online untuk mahasiswa ini akan menjadi bisnis utama anda kelak.

Pengalaman yang anda timba selama menjadi mahasiswa akan menjadi modal berharga kelak setelah anda menyelesaikan studi. Anda tidak hanya menuai lebih banyak ilmu, melainkan kemampuan wirausaha, kemampuan untuk menghadapi persaingan, menyelesaikan permasalahan, dan mengembangkan usaha.

Content Protection by DMCA.com