Ide Pemasaran untuk Cara Membuka Usaha Kecil di Internet

Usaha kecil, sesederhana apapun, memerlukan aspek promosi sebagai cara membuka usaha kecil dari rumah atau di internet. Karena bisnis Anda adalah milik Anda sendiri (terutama bisnis online yang dikelola sendiri), Anda harus tahu cara-cara promosi lewat internet sehingga bisnis Anda bisa lebih dikenal. Sayangnya, banyak orang yang masih menganggap bahwa cara membuka usaha kecil-kecilan tidak memerlukan aspek promosi internet. Padahal, internet bisa memberi banyak kesempatan bagi pemilik usaha kecil.

Cara Membuka Usaha Kecil di Internet dengan Blogging - Fotolia

Cara Membuka Usaha Kecil di Internet dengan Blogging – Fotolia

Anda tidak perlu menjadi ahli komputer untuk mempromosikan usaha kecil. Ada berbagai cara mudah mempromosikan bisnis dengan menggunakan internet, blog, dan akun jejaring sosial.

Cara Membuka Usaha Kecil dengan Blog

Blog gratisan merupakan cara mudah pertama untuk membuat situs resmi bagi bisnis Anda dengan biaya kecil. Ada beberapa cara untuk mempromosikan bisnis Anda lewat blog tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung. Berikut cara memulai usaha kecil-kecilan dengan menggunakan blog bisnis dan internet:

  • Masukkan URL situs Anda ke Google. Dengan mendaftarkan URL situs ke Google, walaupun blog tersebut adalah gratisan, Anda bisa meningkatkan kesempatan bagi Google untuk memberi situs Anda ke orang yang mengetikkan kata kunci terkait di Google Search. Jika kata kunci Anda diketik sebagai istilah pencarian, situs atau blog Anda akan terdaftar.
  • Buat blog Anda seprofesional mungkin walaupun masih gratisan. Misalnya, gunakan jenis huruf dan warna yang tepat namun kontras sehingga mudah dibaca. Isi blog dengan pos-pos berisi artikel menarik, ulasan, komentar dan berbagai media terkait bisnis Anda. Blog yang nampak profesional akan menjadi salah satu kriteria utama promosi bisnis kecil.
  • Daftarkan situs Anda pada forum atau milis. Forum dan milis kerap terdiri dari berbagai kelompok orang, dan mereka dapat melihat serta mengunjungi situs Anda jika memang tertarik.

Dengan menggunakan blog atau situs, Anda bisa mendapat pelanggan lewat internet. Ini adalah cara memulai usaha kecil rumahan yang mungkin bisa dikembangkan menjadi bisnis sukses.

Cara Memulai Usaha Kecil Rumahan dengan Jejaring Sosial

Banyak usaha kecil memulai kiprah mereka murni dari jejaring sosial, bahkan sebelum si pemilik bisnis membuat blog atau situs sendiri. Jejaring sosial mudah digunakan, murah dan tanpa biaya sama sekali selain internet, sehingga Anda bisa mendapat kemudahan dalam mempromosikan bisnis baru tanpa biaya besar. Berikut cara membuka usaha sendiri dengan modal kecil menggunakan jejaring sosial:

  • Pisahkan akun pribadi dengan akun yang Anda pakai untuk berbisnis. Kedua akun ini sebaiknya tidak bercampur, karena Anda memerlukan akun bisnis yang nampak resmi.
  • Tempelkan akun jejaring sosial di blog atau situs. Anda bisa menggunakan Twitter widget di blog, atau menempelkan Facebook badge/page di halaman blog agar orang tertarik mengikutinya.
  • Gunakan semua fitur audio visual yang ditawarkan, sehingga generasi sekarang mudah mencernanya. Anda bisa menggunakan hal-hal seperti video Vine, foto Instagram dan Pinterest, untuk membuat lebih banyak orang tertarik melihat produk Anda dan akhirnya membelinya.
  • Gunakan jenis jejaring sosial yang berbeda dengan pemakaian dan kebutuhan yang berbeda pula. Misalnya Facebook cocok untuk berinteraksi dengan pelanggan dan menawarkan penjelasan panjang, Twitter cocok untuk update berita-berita terbaru yang bisa menjadi ide, dan Instagram atau Pinterest menggunakan foto-foto sebagai inspirasi.

Dengan gabungan teknologi, cara membuka usaha kecil dan mempromosikannya, Anda bisa sukses di era internet bahkan ketika mulai dengan sederhana.

Info Bisnis:

cara membuka usaha kecil-kecilan - cara membuka usaha menggunakan media sosial - cara mempormosikan usaha kecil kecilan - cara pebisnis kecil menggunakan internet untuk promosi - membuka pemasaran - usaha kecil kecilan dengan memanfaatkan internet -
Content Protection by DMCA.com