Ingin Sukses? Cobalah Peluang Usaha Pakaian

Pakaian atau sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia selain papan (properti) dan pangan (makanan). Itulah mengapa peluang usaha pakaian sangatlah diminati oleh para wirausahawan karena nyaris tidak ada matinya. Karena pakaian adalah bahan pokok, tidak ada konsumen yang tidak mencarinya. Selagi manusia hidup, pakaian tetap menjadi salah satu kebutuhan utama.

Peluang usaha pakaian - Fotolia

Peluang usaha pakaian – Fotolia

Yang lebih menarik lagi, bisnis pakaian adalah salah satu industri yang sanat dinamis. Perubahan selera manusia ikut mempengaruhi trend bisnis fashion. Namun karena peminat usaha ini sangat banyak, maka Anda harus siap untuk berkompetisi dengan pengusaha pakaian lainnya.

Langkah Memulai dan Pilihan Peluang Usaha Pakaian

Dalam merencanakan bisnis usaha pakaian, termasuk peluang usaha pakaian anak, ada beberapa langkah yang sebaiknya Anda jalankan agar usaha Anda menjadi lebih sistematis. Langkah ini ditujukan untuk mengurangi resiko dalam usaha Anda. Beberapa langkah tersebut yaitu:

Mulai dengan Menjadi Reseller/ Dropshipper

Jika masih pemula dan tidak memiliki modal usaha, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memproduksi baju sendiri. Anda bisa mencari supplier produk yang terpercaya untuk menyuplai stok yang nantinya akan Anda jual. Setelah menemukan supplier, jalinlah hubungan kerjasama dengan baik dengannya agar Anda juga dipercaya oleh pihak supplier.

Untuk awal-awal, mulailah dengan menjual secara online. Pelajarilah tentang penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran, Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimation, dan Paid Traffic Source agar baju yang Anda jual lebih laris.

Cara memulai usaha pakaian - Fotolia

Cara memulai usaha pakaian – Fotolia

Menyetok Pakaian Sendiri

Setelah memiliki sedikit modal, mulailah menyetok produk sendiri. Belilah banyak stok untuk persediaan Anda. Tentunya hal ini Anda lakukan setelah Anda memiliki cukup banyak permintaan dari pelanggan. Jika menggunakan sistem stock, sebaiknya pilih niche pakaian yang perkembangan modenya lebih stabil.

Salah satunya adalah peluang usaha baju anak dan pakaian pria. Perlu diingat bahwa trend mode pakaian wanita berkembang sangat cepat. Jadi, sistem stock mungkin kurang tepat, karena baju yang anda simpan bisa jadi ketinggalan mode.

Memproduksi Pakaian Sendiri

Ketika usaha Anda semakin maju, Anda boleh mulai belajar untuk membuat pakaian sendiri. Yang dimaksud membuat pakaian sendiri di sini adalah mendesain dan merancang ciri khas dari brand Anda, bukan berarti dari proses desain sampai menjahit Anda sendiri yang melakukan. Anda tetap boleh memakai jasa penjahit, asal itu tidak memakan terlalu banyak modal Anda.

Cara mengembangkan bisnis pakaian - Fotolia

Cara mengembangkan bisnis pakaian – Fotolia

Untuk usaha dengan brand sendiri, anda bisa menjajal peluang usaha pakaian distro. Pasalnya, baju distro memiliki model limited. Bisnis ini cocok untuk anda yang menarget kaum muda, seperti pelajar dan remaja. Banyak media yang bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan brand anda, mulai dari media sosial, blog, website, hingga sistem sponsor untuk event-event sosial, kepemudaan, olah raga, dan semacamnya.

Membangun Sistem Kemitraan

Pada tahapan ini, yang Anda layani sudah bukan konsumen lagi, melainkan mitra bisnis. Tahapan ini biasa disebut B2B atau Business to Business yang mana Anda akan lebih banyak berurusan dengan distributor, agen, dan reseller. Manfaatkan tahapan ini dengan sebaik-baiknya karena tahapan ini sangatlah menentukan kemajuan bisnis Anda.

Tidak mengherankan jika usaha pakaian sangatlah digemari oleh para wirausahawan. Berbagai produk unik dan menarik diperlombakan di tengah-tengah pasar. Peluang usaha pakaian ini tentunya wajib Anda coba juga. Resiko tidak untungnya akan sangat kecil karena pakaian jadi merupakan bahan sandang yang dibutuhkan oleh semua orang.

Info Bisnis:

cara berbisnis pakaian agar sukses - cara mentarget pasar bisnis fashion -
Content Protection by DMCA.com