Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan: Budidaya Jamur Tiram

Di tengah ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak bagi masyarakat, ada baiknya jika Anda memiliki jenis usaha kecil yang menguntungkan. Walaupun banyak orang mengatakan berbisnis itu tidak bisa menghasilkan pendapatan yang tetap, namun jika bisnis tersebut dikelola dengan baik, maka penghasilan dan laba yang diperoleh bisa melebihi daripada pendapatan setiap bulan karyawan.

Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan - Fotolia

Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan – Fotolia

Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan Dengan Budidaya Jamur

Budidaya jamur tiram disebut-sebut sebagai salah satu contoh jenis usaha kecil kecilan yang menguntungkan dan cukup mudah untuk memulainya. Jamur tiram sendiri semakin banyak diminati oleh masyarakat untuk dijadikan berbagai macam jenis olahan makanan yang enak dan menyehatkan. Berikut ini langkah memulai budidaya jamur tiram:

Menyiapkan Kumbung

Kumbung merupakan tempat atau rumah yang dikhususkan untuk membudidayakan jamur tiram. Kumbung sendiri harus memiliki beberapa kriteria sehingga jamur bisa tumbuh subur di tempat tersebut. Sebaiknya kumbung terbuat dari kayu dan bambu, dengan dinding yang terbuat dari kayu atau papan. Atapnya harus terbuat dari genteng dan bukan seng sehingga pana matahari bisa masuk. Ruangan sendiri harus cukup lembab sehingga jamur bisa tumbuh.

Menyiapkan Baglog

Budidaya jamur tiram memang merupakan satu dari jenis jenis usaha kecil yang menguntungkan namun persiapan yang Anda lakukan harus sebaik mungkin. Setelah kumbung siap, maka Anda harus menyiapkan baglog untuk media tumbuhnya jamur. Baglog biasanya terbuat dari serbuk gergaji kayu yang dibungkus dengan plastik dan bentuknya silinder. Di salah satu ujungnya dibuat lubang yang digunakan sebagai tempat keluarnya jamur. Apabila Anda masih pemula dan tidak bisa membuat baglog sendiri, Anda bisa membelinya dengan relatif harga Rp 2000-Rp 3000 per kilo.

Merawat Jamur Tiram

Untuk memulai tahap ini Anda harus membuka kertas penutup baglog dan menyusunnya dalam rak. Diamkan selama 5 hari. Lakukan penyiraman untuk menambah kelembaban baglog. Potonglah ujung baglog sehingga ruang untuk jamur tumbuh semakin besar. Setelah itu Anda diamkan selama tiga hari dan siramlah lantai sehingga selalu lembab. Jika ingin menyiram jamur, lakukan dengan penyemprotan selama 2-3 kali sehari tergantung dengan suhu dalam kumbung. Pastikan suhu kumbung berada di antara 16-24 derajat celcius.

Memanen Jamur

Budidaya jamur memang merupakan contoh jenis usaha kecil yang menguntungkan jika sudah saatnya untuk memanen. Panen jamur dilakukan dengan melihat jamur yang paling besar dan mekar. Panenlah jamur ketika ujungnya terlihat meruncing namun tudungnya belum pecah dan warnanya masih putih bersih. Setiap baglog bisa memanen 5-8 kali jamur jika dirawat dengan tepat. Jangan sampai terlambat untuk memanen karena jamur akan cepat layu dan menguning.

Strategi Pemasaran Jamur Tiram Sebagai Jenis Usaha Kecil Menguntungkan

Supaya bisnis jamur tiram ini berkembang dengan pesat, dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi jenis usaha kecil menguntungkan, maka diperlukan juga cara mempromosikan dan juga memasarkannya. Anda bisa bekerja sama dengan pedagang sayur atau jamur di pasar sehingga pedagang tersbut langsung bisa membeli jamur dari Anda dan bukan melalui tengkulak sehingga harga jual masih murah. Dengan cara ini Anda bisa menghasilkan pendapatan lebih banyak.

Anda juga bisa menawarkannya langsung kepada rumah makan, kafe ataupun kedai dengan membuat proposal usaha sehingga restoran tersebut bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan Anda. Pastikan juga membawa contoh jamur sehingga pemilik usaha tersebut bisa melihat kualitas jamur Anda secara langsung.

Semoga informasi seputar budidaya jamur tiram sebagai jenis usaha kecil yang menguntungkan tersebut bisa membantu Anda untuk memulai sebuah bisnis yang sama. Lakukanlah bisnis tersebut dengan baik dan selalu tingkatkan kualitas baik dalam perawatan ataupun tempat sehingga bisnis tersebut bisa menghasilkan omzet yang besar.

Info Bisnis:

usaha kecil - apakah bisnis jamur tiram menguntungkan - Usaha kecil-kecilan jenis budidaya - jenis usaha budidaya - contoh proposal jamur kecil kecilan - cara menanam jamur tiram kecil kecilan - budidaya jamur yang menguntungkan - Budi daya jamur kecil kcilan - apakah menguntungkan budidaya jamur tiram? - usaha yg menguntungkan -
Content Protection by DMCA.com