Jenis Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga – Bagian 4

Semakin banyak ibu rumah tangga yang mulai menyadari pentingnya untuk memiliki usaha sampingan. Tingginya biaya hidup tidak memungkinkan lagi kalau suami harus menanggung semua biaya. Ibu rumah tangga yang cerdas harus bisa memilih jenis usaha rumahan yang unik dan belum banyak dicoba oleh banyak orang sehingga usaha tersebut lebih mudah berkembang dan menghasilkan keuntungan. Selain jenis usaha kuliner rumahan, salah satu jenis usaha yang patut dilirik adalah jasa pembersih profesional.

Jenis usaha rumahan ibu rumah tangga - Jasa Pembersih (Fotolia)

Jenis usaha rumahan ibu rumah tangga – Jasa Pembersih (Fotolia)

Jasa Pembersih Profesional Sebagai Jenis Usaha Rumahan

Saat ini, jasa pembersih profesional semakin dibutuhkan oleh masyarakat yang tidak sempat membersihkan rumah karena kesibukan yang yang sangat padat. Membersihkan rumah membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga perlunya jasa pembersih rumah. Ini bisa menjadi jenis usaha rumahan ibu rumah tangga karena tidak menyita banyak waktu sang ibu. Berbeda dengan usaha penitipan anak yang menyita waktu seharian, jasa pembersih hanya dipanggil pada saat dibutuhkan, dan anda tidak melakukannya sendiri.

Berikut ini persiapan memulai usaha jasa pembersih:

Tentukan target pemasaran

Terget jasa pembersih ini biasanya rumah tangga khususnya bagi mereka kalangan menengah ke atas karena kesibukan yang membuat penghuni rumah tidak memiliki waktu untuk bersih-bersih. Biasanya, perkantoran sudah memiliki OB sendiri yang melakukan tugas pembersihan harian. Anda bisa fokus kepada jasa pembersihan rumah atau justru bekerja sama dengan instansi atau unit bisnis tertentu untuk menyediakan pembersihan berkala.

Anda juga bisa menawarkan jasa pembersihan khusus, misalnya, pembersihan area rumah atau kantor yang tidak bisa dijangkau oleh cleaning service harian. Contohnya adalah pembersihan plafon atau loteng di gedung-gedung atau rumah bertingkat.

Rekrut Pekerja

Memang, pekerjaan bersih-bersih tidak memerlukan skill khusus atau latar belakang pendidikan tertentu. Namun, jika jasa yang anda sediakan termasuk pembersihan area yang sulit, seperti plafon atau lantai 2, maka ada prosedur keselamatan yang harus dijalankan untuk memastikan keamanan para pekerja anda. Selain itu, pastikan para karyawan anda memahami betul cara penggunaan setiap peralatan yang anda, untuk meminimalisir resiko kerusakan atau kecelakaan.

Siapkan modal

Jika modal yang Anda miliki cukup, Anda bisa membeli semua alat dan produk dengan lengkap untuk menunjang bisnis Anda, namun jika modal yang Anda miliki tidak banyak, belilah ala-alat kebersihan pokok terlebih dahulu. Jasa pembersih ini bisa menjadi jenis usaha rumahan untuk pemula karena bersih-bersih bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, Anda harus memiliki kelengkapan alat yang cukup sehingga Anda bisa melakukan pelayanan secara menyeluruh.

Contoh layanan jasa pembersih profesional - Fotolia

Contoh layanan jasa pembersih profesional – Fotolia

Siapkan kendaraan operasional

Karena karyawan anda harus berkunjung ke rumah atau kantoran konsumen, Anda harus menyiapkan sarana mobilitas. Jika dana cukup, Anda bisa menggunakan mobil sehingga barang-barang yang dibawa lebih banyak, namun jika tidak, gunakan saja motor dengan memberikan uang bensin pada pegawai.

Strategi promosi

Untuk media promosi, Anda bisa menyewa iklan di koran atau di radio untuk mengenalkan jasa Anda secara luas pada masyarakat. Sistem promosi lain dengan menggunakan media sosial yang saat ini sedang digemari masyarakat. Anda juga bisa membagikan langsung brosur ke perumahan atau perkantoran.

Seiring waktu, anda bisa memperluas cakupan pelayanan yang anda sediakan. Di tahap awal, bisa jadi anda hanya menyediakan pembersihan interior rumah atau kantor. Setelah usaha anda berkembang dan peralatan yang anda miliki semakin lengkap, anda bisa menyediakan jasa pembersihan untuk taman atau atap, atau peralatan rumah seperti AC.

Ada berbagai jenis usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, mulai dari usaha laundry kiloan, jasa penitipan anak, kerajinan, maupun kain perca. Jasa pembersih profesional masih relatif baru, sehingga prospeknya masih terbuka lebar. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menggunakan jasa pembersih karena hasilnya lebih memuaskan daripada harus membuang waktu untuk membersihkannya sendiri.

Info Bisnis:

jasa usaha dalam rumah tangga - segala macam usaha jasa -
Content Protection by DMCA.com