Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga- Bagian 3

Banyak ibu rumah tangga yang mencari jenis usaha sampingan guna membantu keuangan keluarga ataupun juga hanya sekedar mengisi waktu luang dan membuang rasa bosan karena tidak memiliki aktivitas. Para ibu rumah tangga yang pandai berkreasi atau membuat kerajinan tangan bisa memulai bisnis kreasi kain perca sebagai alternatif untuk memulai usaha.

Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga - Fotolia

Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga – Fotolia

Memulai Jenis Usaha Sampingan Kreasi Kain Perca

Memanfaatkan bahan yang mudah didapat dan mudah dibentuk seperti kain perca bisa menjadi jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang dapat mendatangkan keuntungan besar apabila bisa dikreasikan dengan baik dan unik. Saat ini, kain perca sendiri bisa menjadi salah satu bentuk hadiah dan suvenir pernikahan yang unik. Selain usaha penitipan anak yang telah dibahas sebelumnya, ini menjadi alternatif usaha yang sekaligus akan memberikan lapangan kerja bagi orang lain.

Berikut ini cara untuk memulai bisnis kain perca:

Mencari pemasok kain perca

Buatlah kerja sama atau carilah pemasok kain perca langsung dari pabrik konveksi sehingga harga yang Anda dapatkan lebih murah daripada Anda membeli di toko-toko kain. Bandingkan juga harga yang diberikan pemasok kain perca dengan yang lainnya sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang termurah.

Menentukan model dan sketsa produk

Tentukan model, motif, dan jenis produk kain perca yang ingin Anda buat. Gambaralah desain terlebih dahulu di atas kertas, kemudian buatlah satu contoh supaya Anda dapat memeriksa kekurangan barang tersebut. Anda juga bisa menjadi inspirasi desain kain perca secara gratis di internet.

Mempersiapkan alat pendukung kerja

Persiapkan bahan-bahan dan alat-alat pendukung untuk membuat sebuah produk dari kain perca. Pastikan juga peralatan Anda lengkap sehingga Anda tidak perlu kebingungan mencari alat lagi.

Merekrut tenaga kerja tambahan

Jika anda memiliki keahlian yang cukup untuk bekerja sendiri, maka di tahap awal, anda mungkin membutuhkan cukup 1 atau 2 orang tenaga kerja saja. Namun, seiring berjalannya usaha anda, mungkin dibutuhkan beberapa tenaga tambahan.

Menentukan sistem penjualan dan promosi

Jika Anda berniat untuk mempromosikan produk Anda tanpa perlu biaya sewa tempat, Anda bisa memasarkannya melalui media sosial. Menjual suatu barang dengan media sosial akan lebih cepat mengingat penggunaan teknologi ini sangat berkembang pesat.

Contoh produk kain perca - Fotolia

Contoh produk kain perca – Fotolia

Selain mempromosikan produk Anda dengan media sosial, Anda juga harus memiliki strategi pemasaran yang lainnya. Anda bisa menitipkan beberapa produkkain perca Anda di toko suvenir atau toko yang menjual keperluan rumah tangga. Anda juga bisa mendaftarkan diri Anda untuk mengikuti pameran atau bazar UKM yang sering diadakan di tiap daerah untuk memperkenalkan produk kerajinan tangan sehingga bisnis kain perca Anda menjadi jenis usaha sampingan yang menjanjikan dan bisa mendatangkan laba yang besar.

Bisnis Kain Perca Sebagai Jenis Usaha Sampingan Terlaris

Usaha kain perca berpotensi sebagai jenis usaha sampingan terlaris. Biasanya target konsumen kain perca ini adalah ibu-ibu atau remaja putri. Anda bisa membuat kain perca menjadi barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti sprei, selimut, taplak meja dan hiasan rumah lainnya. Para remaja putri juga mulai menyukai barang-barang bernilai seni yang terbuat dari kain perca seperti bantal, boneka, tas untuk pergi ke kampus, dompet cantik dan hiasan rambut.

Usaha kain perca ini juga jenis usaha sampingan untuk karyawan yang memiliki waktu luang dan punya keahlian untuk berkreasi dengan mengubah kain perca menjadi produk yang benilai jual tinggi. Di tengah dominasi produk-produk modern yang dibuat dengan mesin serba instan, masyarakat mulai melirik kembali hasil kreasi tangan manusia yang bernilai seni lebih tinggi.

Mencari jenis usaha sampingan yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga tidaklah sulit. Dengan mengandalkan kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki, Anda bisa membuat suatu produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Info Bisnis:

usaha sampingan di rumah - bisnis kain perca - kerajinan ibu rumah tangga - usaha kain perca - bisnis sampingan di rumah - kreasi dari kain perca - contoh usaha sampingan di rumah - cara membuat taplak meja dari kain bekas - kreasi ibu rumah tangga - kreasi perca yg menjanjikan - kerajinan guna kain perca - kreasi ibu-ibu rumah tangga - kreasi ibu rumahan - kreasi dari kain perca motif - kerajinan tangan untuk ibu rumah tangga yg bs d jual - kerajinan ibu rumah tangga untuk hiasan rumah - inspirasi usaha sampingan - kreasi selimut dari kain perca - kreasi unik ibu rumah tangga - lap dari kain perca - model hiasan kain perca - produk kain perca - taplak meja dari kain perca - usaha sampingan membuat kain perca - usaha IRT memanfaatkan kain perca - usaha kerajinan dari kain perca - usaha kreasi dari kain - usaha rumah tangga dari kain bekas - contoh hasil produk rumah tangga - bisnis dari kain perca - bisnis kreasi untuk sampingan ibu ibu - bisnis perca - Bisnis rumah tangga dr kain perca - bisnis rumahan dari kain perca - cara berkreasi dengan kain perca - cara buat sprei dari kain perca - cara membuat sprei dari kain perca - cara pembuatan taplak meja menggunakan kain perca - cari cara membuat kerajinan tangan dari kain perca bantal - contoh gambar boneka dari bahan kain bekas - kain perca untuk bekakas rumah tangga - contoh kain perca alat rumah tangga - contoh ketrampilan ibu - contoh produk dari bahan kain - contoh sprei perca - contoh usaha dengan kain perca - contoh usaha kerajinan tangan untuk ibu rumah tangga - hasil produk dari kain perca - inspirasi kain perca - berkreasi dengan kain perca -
Content Protection by DMCA.com