Kerja Sampingan Mahasiswa yang Menguntungkan – Bagian 7

Anda memiliki hobi fotografi? Mengapa tidak Anda bisniskan saja? Tak perlu banyak modal untuk mendalami bisnis ini. Yang diperlukan hanyalah skill. Anda hanya cukup memotret, mengunggah, dan ajaibnya Anda akan mendapatkan keuntungan yang tak terduga besarnya. Bisnis seperti ini disebut stock photography, dan yang melakukan bisnisnya disebut stock photographer. Stock photographer dapat menjadi kerja sampingan mahasiswa yang tidak memerlukan banyak modal namun dapat memberikan banyak pendapatan. Anda penasaran bagaimana caranya?

Kerja sampingan mahasiswa - Stock Photographer (Fotolia)

Kerja sampingan mahasiswa – Stock Photographer (Fotolia)

Memulai Kerja Sampingan Mahasiswa Online: Stock Photographer

Selain menjadi seorang tenaga video marketing di YouTube, menjadi Stock photographer merupakan peluang bisnis sampingan online yang menjanjikan bagi seorang mahasiswa. Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk menjual stok foto secara online:

  • Membuat situs sendiri dan menampilkan portfolio Anda di sana. Perbolehkan pengunjung situs Anda untuk men-download beberapa stok foto secara gratis, namun untuk foto selanjutnya Anda kenakan biaya.
  • Kerja sampingan untuk mahasiswa yang menguntungkan dengan menjual stok foto ini juga bisa dilakukan dnegan cara mebuat galeri dan menjualnya langsung kepada klien.
  • Anda juga bisa memotret untuk dijual kepada produsen kaos, mug, kalender, dan sebagainya yang membutuhkan foto sebagai desain produknya.
  • Jika Anda tidak memiliki website sendiri, Anda bisa meng-upload foto ke situs seperti Shutterstock, Dreamstime, Fotolia, iStockphoto, dan lain sebagainya. Jika ada yang men-download atau membeli foto Anda, maka Anda akan mendapatkan keuntungan.

Strategi Menjadi Stock Photographer Handal sebagai Kerja Sampingan Buat Mahasiswa

Lalu, apa saja alat dan strategi yang dibutuhkan stock photographer dalam menjalankan bisnisnya?

  • Kamera profesional atau DSLR.
  • Seperangkat komputer dan koneksi internet yang memadai.
  • Program atau aplikasi edit foto semacam Adobe Photoshop.
  • Untuk menjalankan kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa ini, Anda perlu memanfaatkan semua media sosial yang Anda gunakan. Tampilkanlah contoh stok foto-foto Anda di sana.
  • Manfaatkanlah Google Trends, AdWords, Keyword Planner, atau Bing Keyword Tool untuk mengetahui keyword pencarian tertinggi, lalu tag foto-foto Anda dengan keyword tersebut agar lebih mudah dicari di mesin pencarian.
  • Anda harus memeriksa semua stok foto Anda sebelum Anda meng-upload-nya ke situs stok fotografi. Pastikan Anda memberikan foto yang terbaik yang Anda punya.
  • Baca dan pelajari alasan stok foto Anda tidak diterima oleh situs stok fotografi. Biasanya situs stok fotografi akan menjelaskan alasan foto-foto Anda ditolak oleh mereka. Untuk kemudian Anda jadi bisa memperbaiki kinerja fotografi Anda.
  • Jangan terlalu banyak memoles atau mengedit foto Anda dengan aplikasi edit foto. Fotografer profesional biasanya selalu memakai latar belakang yang bersih dan simpel.
  • Pelajarilah stok foto para fotografer ternama yang telah sukses agar Anda bisa mengembangkan kemampuan Anda.
  • Jangan pernah meng-upload foto yang sama berulang-ulang di situs stok fotografi karena hal tersebut akan merusak reputasi Anda.
  • Setialah hanya kepada satu situs stok fotografi untuk membuat karier Anda jadi terlihat eksklusif.
  • Tawarkan beberapa foto yang bisa di-download secara gratis untuk mengetahui sejauh mana selera para pelanggan terhadap kualitas foto Anda.

Itulah pemaparan tentang aspek bisnis yang butuh dipersiapkan sebagai stock photographer yang merupakan kerja sampingan mahasiswa dengan prospek yang lumayan besar. Usaha yang tidak terlalu repot untuk dijalankan ini tentunya menggiurkan bagi Anda sekalian yang memiliki hobi fotografi. Hal itu membuktikan pada kita bahwa dengan hanya bermodal skill dan hobi kita pun bisa memulai usaha. Selamat memotret!

Content Protection by DMCA.com