Keuntungan dan Resiko Macam-macam Wirausaha Populer

Bisnis mandiri menarik minat banyak orang karena berbagai alasan, dan macam-macam wirausaha seperti bisnis kuliner, cuci motor dan sebagainya memiliki daya tarik yang lebih spesifik. Jenis wirausaha populer, terutama yang bermodal kecil, menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mengelola bisnis sendiri serta mandiri secara finansial. Akan tetapi, macam-macam jenis wirausaha populer juga memiliki beragam resiko dan tantangan.

Macam macam wirausaha - Fotolia

Macam macam wirausaha – Fotolia

Kisah-kisah sukses para wirausahawan memang menggiurkan, namun kasus yang sama belum tentu terjadi pada Anda walau Anda mengambil bidang yang sama.

Perbandingan Macam-macam Wirausaha Populer

Kemungkinan wirausaha ada dimana-mana jika dicari, namun kebanyakan orang memilih wirausaha modal kecil yang sudah populer sebagai langkah awal membuka bisnis sendiri. Akan tetapi, wirausaha populer tidak selalu “aman.” Berikut macam-macam resiko wirausaha populer jika dibandingkan:

  • Bisnis kuliner. Bidang kuliner populer sebagai bisnis karena semua orang perlu makan. Bisnis ini juga punya pangsa pasar besar. Akan tetapi, bisnis kuliner memiliki tingkat persaingan besar, dan banyak orang lebih suka membeli merk yang sudah mereka kenal ketimbang berjudi dengan merk baru. Bisnis kuliner juga punya aturan ketat karena terkait sesuatu yang dikonsumsi, dan bisa berdampak pada kesehatan.
  • Bisnis direct selling dan MLM. Kedua bisnis ini sering dipilih karena Anda tidak perlu menyediakan stok barang, cukup menjual barang yang sudah ada langsung ke pelanggan. Akan tetapi, bisnis ini memiliki marjin kesuksesan yang kecil, dan popularitas usaha ini bahkan mengundang banyak kejahatan penipuan. Selain itu, produk yang diperdagangkan biasanya bukan jenis yang populer, sehingga sulit meyakinkan orang untuk berpindah merk dan membelinya.
  • Bisnis cuci motor dan mobil. Bisnis ini cocok untuk daerah dengan populasi pengendara motor dan mobil melimpah. Bisnis cuci motor terutama sangat populer, dan modalnya lebih kecil daripada cuci mobil. Akan tetapi, bisnis ini membutuhkan peralatan khusus yang cukup mahal, dan pengeluaran air serta listrik dalam sebulan akan sangat besar. Jika Anda tinggal di area dengan banyak usaha serupa, atau area yang sering mengalami krisis air, bisnis ini kurang cocok untuk Anda.
  • Bisnis travel agent. Bisnis ini nampaknya ideal untuk pemilik modal kecil karena menjual jasa yang sangat penting. Akan tetapi, ada banyak persaingan di bidang ini sehingga sulit untuk menonjol jika Anda baru mulai.
  • Bisnis les privat. Anda bisa menjadi guru privat sesuai keahlian Anda, namun ingat bahwa guru privat berhadapan dengan ekspektasi orangtua murid yang sangat tinggi. Selain itu, guru privat adalah profesi yang mengharuskan Anda untuk selalu berhadapan dengan bermacam-macam orang, sehingga aspek komunikasi harus selalu dilatih.

Macam-macam konflik dalam wirausaha ini bukan hal yang aneh, namun sebaiknya tidak menghentikan Anda dari minat berbisnis mandiri.

Menyiasati Pilihan Macam-macam Wirausaha Modal Kecil

Macam-macam wirausaha modal kecil memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing, sehingga kunci untuk memilihnya ada pada Anda sendiri. Walau kisah-kisah para pebisnis sukses membuat Anda tertarik, pastikan bahwa jenis usaha yang Anda pilih memang sesuai dengan kondisi pribadi, keuangan, pengalaman, tempat tinggal, demografi penduduk di sekitar Anda, dan berbagai faktor lain.

Keahlian pribadi, kemudahan yang tersedia (misalnya rekan yang bisa diajak bekerjasama), serta sifat atau kepribadian Anda sendiri juga bisa menjadi faktor yang menentukan kesuksesan bisnis. Sebelum memilih jenis bisnis, pastikan Anda sudah meneliti berbagai resiko dan keuntungan macam-macam wirausaha, termasuk yang bermodal kecil.

Info Bisnis:

keuntungan dan resiko berwirausaha - keuntungan dan resiko memilih bidang kuliner - wirausaha populer -
Content Protection by DMCA.com