Keuntungan Waralaba Makanan dan Risiko yang Patut Dipahami

Bisnis jasa adalah salah satu pilihan waralaba dengan potensi marjin keuntungan waralaba lumayan tinggi. Waralaba makanan terutama sangat digemari dan menjadi salah satu produk bisnis populer, baik di dalam maupun di luar negeri. Mulai dari restoran atau kafe bermodal besar, warung bermodal sedang hingga kios jajanan bermodal relatif kecil, bisnis waralaba telah menyumbang pendapatan cukup signifikan di pasar bisnis.

Keuntungan dan kerugian waralaba (Fotolia)

Keuntungan dan kerugian waralaba (Fotolia)

Tetapi, seiring berkembangnya tren bisnis waralaba, ada hal-hal yang harus diperhitungkan sebelum mengucurkan dana untuk membeli paket bisnis. Kita harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian waralaba serta apa tantangan yang dihadapi, agar modal yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Berbagai Keuntungan Waralaba Untuk Anda

Berminat memulai bisnis waralaba makanan? Sudah menemukan paket bisnis terpercaya dengan penawaran cukup bagus? Entah itu kios jajanan, menjual makanan beku atau mendirikan restoran, berikut beberapa keuntungan bisnis waralaba yang bisa diperoleh:

Tidak perlu menyediakan bahan baku dan produk

Memikirkan produk serta menyiapkan bahan baku adalah salah satu kerepotan yang harus dialami saat memulai bisnis. Dengan paket bisnis waralaba, Anda tidak perlu melakukannya karena produk sudah tersedia. Saat produk habis, Anda tinggal menghubungi penyedia paket waralaba untuk mendapat pasokan kembali.

Bisa mendapat pelatihan bisnis

Bisnis waralaba yang baik biasanya memiliki modul pelatihan dan bahkan program pelatihan langsung. Dengan membeli paket bisnis waralaba, Anda yang belum pernah berbisnis bisa memelajari berbagai aspek bisnis sebagai bagian dari pembelian paket usaha.

Bisa mendapat sarana pemasaran

Memasarkan produk makanan atau restoran membutuhkan cara promosi yang luas dan beragam. Paket waralaba biasanya menyediakan sarana promosi sebagai bagian paket, misalnya brosur, spanduk, promosi gratis di akun jejaring sosial resmi mereka, dan sebagainya.

Jenis produk akan selalu diminati

Waralaba makanan unggul dibanding produk lainnya karena merupakan produk yang selalu dibutuhkan. Anda tinggal mencari produk yang sesuai dengan tren di lokasi pembukaan waralaba serta minat berdasarkan sasaran konsumen Anda sendiri. Selain itu, pilihan Anda bervariasi, mulai dari jajanan murah hingga restoran atau kafe besar.

Beberapa Kerugian Waralaba

Tetapi, selain keuntungan, ada juga kerugian atau kelemahan waralaba makanan yang harus diperhatikan, misalnya:

Reputasi bisnis bergantung pada si pemilik waralaba

Jika bisnis Anda merupakan sebuah waralaba, reputasi Anda akan tergantung dengan nama pemilik waralaba itu sendiri. Misalnya, jika nama waralaba tersebut tercoreng akibat satu kasus, maka para pemilik paket bisnis waralaba tersebut di berbagai daerah bisa ikut tercoreng, walau mereka tidak melakukan apa-apa.

Sulit mengembangkan variasi bisnis

Ketersediaan produk dan program dalam paket bisnis menjadi keuntungan dan kelemahan waralaba. Di satu sisi, Anda tidak perlu pusing menyediakan produk. Di sisi lain, jika naluri bisnis Anda ingin mengembangkan produk tersebut dengan sesuatu yang tidak disepakati dalam kontrak bisnis, Anda mungkin akan mengalami kesulitan melakukannya.

Mengalami keterbatasan dalam pengaturan bisnis

Bisnis waralaba memiliki ketentuan tertentu dalam pengaturan bisnisnya, dan semakin komplek jenis bisnis tersebut, semakin ketat pula aturannya. Hal ini bisa jadi membuat pemilik bisnis dengan naluri bisnis tinggi merasa terkekang dalam mengelola bisnisnya, terutama ketika mendapat ide pengembangan bisnis tertentu.

Kesimpulannya, bisnis waralaba sama seperti semua jenis bisnis lainnya: memiliki keuntungan maupun kekurangannya sendiri. Jika anda merupakan pemula yang takut dengan resiko bisnis, maka waralaba dapat menjadi pilihan. Namun, ketika Anda mengevaluasi keuntungan waralaba, jangan lupa untuk mempertimbangkan risiko atau kelemahan yang akan dihadapi.

Content Protection by DMCA.com