Kiat Memulai Usaha Katering Modal Kecil

Usaha katering cocok dilakukan di daerah perkotaan atau wilayah pelajar, dan kiat memulai usaha katering yang baik harus mengacu pada sasaran pemasaran serta pemanfaatan modal secara maksimal. Brian Hill, penulis di Demand Media dan kontributor rubrik bisnis kecil di Houston Chronicle, memberitahu beberapa kiat memulai usaha baru di bidang katering jika Anda hanya memiliki modal kecil atau ingin mulai dari layanan yang sederhana dulu. Manfaatkan modal Anda sebaik mungkin dan pastikan membentuk dasar bisnis yang kuat sebelum mengembangkan bisnis katering menjadi besar.

Kiat memulai usaha katering - Fotolia

Kiat memulai usaha katering – Fotolia

Kiat Memulai Usaha Katering: Mulai dari Yang Kecil

Usaha sukses tidak selalu berawal dari yang besar atau bombastis. Menurut Hill, usaha katering sukses bisa dimulai dari layanan untuk pelanggan sederhana. Misalnya, jika Anda melayani katering untuk acara makan, Anda bisa menawarkan layanan katering untuk acara pesta pribadi, pesta peringatan tahun emas pasangan, atau pesta koktil yang pesertanya tak lebih dari 50 orang. Fokus pada layanan spesifik dan memberi jaminan mutu pada layanan tersebut adalah salah satu kiat memulai usaha dengan modal kecil.

Jika Anda ingin memulai usaha katering yang berupa antaran makanan, Anda bisa mulai dari area di sekitar Anda dulu, misalnya usaha katering khusus mahasiswa kantoran, atau usaha katering untuk pelanggan di area bisnis tertentu. Variasi menu juga harus ada, tetapi Anda bisa mulai dari 3-4 menu dulu yang divariasikan setiap beberapa hari sekali.

Kiat Memulai Usaha Kuliner: Persiapan Membuka Usaha Katering

Anda mungkin sudah menentukan jenis usaha katering yang ingin dibuka, tetapi bagaimana untuk benar-benar mempersiapkan dan memulai usaha tersebut? Berikut beberapa kiat memulai usaha kuliner bidang katering:

  • Buat daftar inventori barang yang Anda miliki sejak awal. Melakukan proses inventori akan membantu Anda mengetahui barang apa yang dibutuhkan, misalnya oven, kompor besar, rantang, peralatan makan, kotak makan siang, lemari es tambahan, dan kendaraan untuk mengantar makanan atau mengangkut perlengkapan katering ke acara.
  • Buat daftar pemasok barang yang tersedia di area terdekat Anda. Daftar pemasok ini akan sangat penting, terutama jika Anda membuka katering untuk melayani acara atau pesta. Pastikan ada daftar pemasok bahan makanan, peralatan masak dan bahan-bahan mentah, lebih baik lagi jika ada lebih dari satu untuk membandingkan harga.
  • Pelajari siapa saingan Anda dan incar pasar spesifik. Kiat memulai usaha sendiri dengan modal kecil adalah berfokus pada pasar spesifik, misalnya katering makanan rumahan untuk mahasiswa, pesta ulang tahun, pesta pribadi, atau acara ulang tahun anak-anak. Jika sudah mengumpulkan cukup banyak modal, Anda bisa mengembangkan usaha dan mengincar pasar lebih luas.
  • Pastikan memiliki semua ijin dan memenuhi persyaratan. Industri makanan cenderung ketat karena terkait kesehatan orang yang menjadi pelanggannya, sehingga Anda harus tahu ijin dan ketentuan apa saja yang harus dipenuhi. Ini berlaku baik untuk pemilik usaha katering modal kecil maupun besar.
  • Ciptakan jaringan promosi yang luas. Selain promosi tradisional seperti brosur dan poster, Anda juga harus membuat situs atau blog yang dikelola dengan baik. Foto tempat usaha dan makanan yang Anda buat, serta cantumkan testimonial dari pelanggan yang puas. Di Amerika, 70 persen calon pelanggan usia 19 hingga 55 tahun kini menggunakan internet untuk berbelanja, dan hal ini berlaku di berbagai negara termasuk Indonesia.

Dengan berbagai kiat memulai usaha yang tepat, bahkan usaha katering modal kecil bisa dikembangkan menjadi usaha besar menguntungkan.

Content Protection by DMCA.com