Kriteria Bisnis Rumahan yang Menguntungkan Yang Tepat

Anda tertarik untuk membuka usaha atau berbisnis tapi bingung ide usaha apa yang mesti Anda coba? Sudah menemukan ide bisnis tapi tersendat lantaran tidak ada modal? Seharusnya Anda tidak perlu risau. Sekarang kita berada di era digital. Banyak sekali hal yang mungkin memudahkan kita dalam berbisnis. Banyak ide bisnis rumahan yang menguntungkan untuk anda tekuni dengan modal minim.

Kriteria bisnis rumahan yang menguntungkan - Fotolia

Kriteria bisnis rumahan yang menguntungkan – Fotolia

Sebenarnya bisnis rumahan seperti apa yang cocok untuk anda? Pemilihan jenis bisnis rumahan yang sesuai adalah kunci pertama untuk kesuksesan usaha anda, khususnya jika anda masih pemula. Bayangkan apa yang akan terjadi jika nantinya anda dihadapkan pada persoalan yang sama sekali tidak bisa anda selesaikan? Dalam hal ini, berarti anda telah salah memilih usaha.

Kriteria Bisnis Rumahan yang Menguntungkan Saat Ini

Bisnis rumahan yg menguntungkan harus memberi anda ruang untuk belajar sambil bekerja (learning by doing). Berikut adalah beberapa kriteria usaha rumahan yang cocok untuk anda:

Mudah Dijalankan

Pilihlah usaha yang sistemnya sederhana dan mudah dijalankan, apalagi jika anda masih pemula, mahasiswa atau ibu rumah tangga yang menjalankan usaha sebagai pekerjaan sampingan. Jika anda termasuk kategori pemula, berusia muda, mahasiwa, atau ibu rumah tangga pemula, maka contoh bisnis rumahan yang menguntungkan untuk anda adalah bisnis berbasis internet, alias bisnis online.

Salah satu keuntungan yang bisa didapat dari bisnis online adalah fleksibilitas tanpa batas yang ditawarkan. Anda bisa memiliki sebuah bisnis online bersama dengan teman-teman; Anda juga bisa melakukan kegiatan bisnis di rumah saat sedang bersantai; Anda pun tetap bisa berbisnis online saat di acara ulang tahun rekan Anda. Sangat fleksibel, bukan?

Skill Bisa Dipelajari

Apapun profesi dan latar belakang pendidikan anda, akan tetap ada perbedaan antara teori normatif yang dipelajari di bangku kuliah dengan praktek di lapangan. Artinya, anda tetap harus belajar sambil menjalankan usaha. Misalnya, Anda ingin membuka usaha yang bergerak di bidang penjualan pakaian. Sekalipun latar belakang ilmu anda adalah bisnis atau ekonomi, masih ada ruang untuk belajar; misalnya, bagaimana menggaet konsumen menggunakan media online, seperti media sosial atau video online

Modal Kecil, Potensi Penghasilan Besar

Sepertinya egois,  bukan? Memang, itulah prinsip menjalankan usaha kecil berbasis rumahan. Meski pengelolaannya sederhana dan modal awalnya kecil, usaha rumahan tetap memiliki peluang penghasilan yang besar, asalkan usaha anda dikelola secara profesional. Contoh bisnis rumahan yang menguntungkan saat ini adalah fashion online.

Bisnis fashion berbasis online bersifat viral. Orang dari Negara manapun mungkin saja menjadi pelanggan Anda, sebab internet menghubungkan yang jauh menjadi dekat. Dengan pelanggan dari seluruh penjuru dunia, maka bisnis Anda akan semakin maju. Di antara  produk bisnis fashion yang paling laris yaitu bisnis hijab, bisnis pakaian impor ala K-Pop, dan bisnis aksesoris unik.

Dibutuhkan

Ya, usaha anda hanya  akan bertahan jika menyediakan produk/jasa yang memang dibutuhkan oleh konsumen. Kebutuhan di sini tidak bersifat sesaat, melainkan konstan. Contohnya adalah fashion, makanan, maupun gadget. Siapa sih yang tidak membutuhkan ketiga kategori produk ini? Jadi, pilihlah produk yang memang dibutuhkan masyarakat sebagai komiditi untuk usaha rumahan anda.

Unik dan Kreatif

Agar bisnis rumahan yang menguntungkan dengan modal kecil bisa bertahan dari gempuran pesaing, maka kuncinya terletak pada keunikan dan kreativitas produk/jasa yang ditawarkan. Produk unik berarti tidak tersedia dari produsen lain. Sementara itu, produk kreatif berarti menonjolkan sisi keahlian dan daya imaginasi anda. Inilah yang membuat produk anda akan dihargai lebih tinggi. Banyak produk unik dan kreatif yang bisa anda buat, seperti produk kecantikan herbal dari bahan alami di wilayah anda, produk kerajinan lokal, desain unik, dan semacamnya.

Dengan kriteria bisnis rumahan yang menguntungkan, diharapkan anda bisa memilih usaha yang sesuai dengan minat, kreativitas, budget, kemampuan, maupun sumber daya yang anda miliki. Selamat berbisnis!

 

Info Bisnis:

bisnis me - kriteria peluang usaha yang menguntungkan - kriteria jenis usaha yang tepat untuk di jalankan - USAHA yang cocok dengan kriteria Anda -
Content Protection by DMCA.com