Macam Macam Usaha Kecil Kecilan Bagi Pensiunan: Bagian 2

Walaupun menjadi seorang pensiunan, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi produktif dan bergantung hidup pada anggota keluarga yang lainnya. Ada macam macam usaha kecil kecilan yang bisa dipilih oleh pensiunan sehingga mereka tetap bisa menghasilkan pendapatan sendiri. Sebagai pensiunan swasta yang tidak mendapatkan tunjangan hari tua, berbagai jenis usaha kecil kecilan yang menguntungkan ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa modal yang banyak.

Macam Macam Usaha Kecil Kecilan Bagi Pensiunan - Fotolia

Macam Macam Usaha Kecil Kecilan Bagi Pensiunan – Fotolia

Macam-macam Usaha Kecil-kecilan yang Cocok Untuk Pensiunan

Cobalah pelajari lebih lanjut tentang peluang beberapa usaha di bawah ini untuk anda lakoni saat menjalani masa tua:

Bisnis Florist

Seorang pensiunan pasti memiliki waktu luang yang lebih sehingga tersedia banyak waktu untuk melakukan sebuah kegiatan yang bermanfaat sekaligus bisa menghasilkan keuntungan. Bisnis florist banyak menjadi pilihan karena bisnis tersebut biasanya berawal dari hobi merawat bunga sehingga hal ini bisa menjadi ide pilihan bisnis yang terbaik.

Selain mendatangkan keuntungan, Anda juga tidak perlu menyewa banyak karyawan untuk merawat tanaman atau bunga tersebut karena Anda memiliki waktu penuh untuk merawat tanaman tersebut. Merawat bunga juga bisa membuat pikiran Anda menjadi rileks dan hal ini menghilangkan stres.

Bisnis Budidaya Ikan

Budidaya ikan merupakan jenis jenis usaha kecil kecilan yang biasanya banyak dipilih oleh pria yang sudah pensiun dari pekerjaannya. Banyak pria yang menyukai hobi merawat ikan hias sebagai bentuk dekorasi rumah atau kebun. Hal ini memicu sebagian orang untuk memulai membudidayakan ikan tersebut dalam jumlah banyak untuk dijual secara luas.

Selain itu, Anda juga bisa tetap belajar dan mengingat berbagai macam jenis ikan sehingga hal tersebut tetap bisa melatih daya ingat Anda walaupun sudah tidak bekerja lagi.Merawat dan juga bermain dengan ikan sendiri juga bisa membuat pikiran lebih stres dan hidup akan menjadi lebih tenang.

Usaha kelontong untuk pensiunan - Fotolia

Usaha kelontong untuk pensiunan – Fotolia

Usaha Yang Sesuai Dengan Keahlian

Macam macam usaha kecil kecilan di rumah untuk pensiunan yang lainnya adalah bisnis yang didasarkan dari keahlian dan juga kemampuan Anda sebelumnya. Apabila sebelumnya Anda bekerja sebagai guru, maka Anda bisa membuka les privat untuk tetap menyalurkan ilmu yang Anda miliki, serta hal tersebut bisa membuat daya ingat Anda tetap baik.

Apabila sebelumnya Anda bekerja sebagai koki, maka gunakanlah kemampuan masak Anda untuk membuka kursus masak ataupun memulai bisnis katering, warung, ataupun menciptakan sebuah produk makanan inovatif.

Usaha Toko Kelontong

Usaha toko kelontong di rumah merupakan macam macam contoh usaha kecil kecilan yang mudah untuk dilakukan serta tidak membutuhkan kehalian khusus sehingga semua pensiunan juga bisa melakukannya. Anda juga tidak perlu merekrut banyak karyawan karena Anda memiliki banyak waktu untuk menjaga toko Anda sendiri.

Satu-satunya keahlian yang harus dimiliki untuk bisa menjalankan toko kelontong adalah admistrasi. Penjualan serta pembelian harus dicatat dengan benar sehingga Anda mengetahui rotasi perputaran uang tersebut sehingga usaha tetap bisa berjalan dengan lancar. Walaupun Anda seorang pensiunan, namun Anda juga harus tetap mengetahui jenis-jenis produk baru apa yang muncul sehingga Anda bisa menambahkannya di toko kelontong itu.

Usaha Rental

Rental mobil ataupun rental VCD menjadi salah satu alternatif bisnis yang bisa Anda lakukan. Jika Anda memiliki mobil yang tidak terpakai ataupun dipakai dalam waktu tertentu, maka Anda bisa menyewakannya dengan membuka rental kecil-kecilan. Koleksi VCD yang Anda miliki juga bisa menjadi alternatif jasa rental yang bisa dilakukan di rumah dengan waktu yang penuh.

Walaupun berbagai macam macam usaha kecil kecilan tersebut mungkin memiliki pendapatan yang tidak tetap seperti ketika Anda menjadi karyawan, namun bila ditekuni dengan baik, maka usaha tersebut bisa menghasilkan omzet yang lebih besar dari gaji terdahulu Anda.

Info Bisnis:

macam usaha kecil kecilan - bisnis kecul kecilan utk seorang pensiunan - macam macam usaha kecil - macam usaha kecil menengah - usaha kecil-kecilan untuk pensiunan - usaha toko kelontong kecil kecilan - usha bisnis kecil kecilan untuk pensiunan - wirausaha kecil kecilan sendiri -
Content Protection by DMCA.com