Masihkah Peluang Usaha Warnet Bertahan Saat Ini?

Warung Internet atau warnet, merupakan usaha yang dua dekade lebih ini menjadi usaha yang banyak digeluti. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat untuk menggunakan internet sangat tinggi. Terlebih lagi bagi para pelajar dan mahasiswa yang seringkali membutuhkan acuan untuk mengerjakan tugasnya di warnet membuat peluang usaha warnet kian booming.

Peluang usaha warnet - Fotolia

Peluang usaha warnet – Fotolia

Bahkan sekarang dengan maraknya sosial media, internet sangat dibutuhkan sebagai tempat untuk chat. Namun dengan adanya ponsel pintar plus harga pulsa internet yang semakin murah, usaha warnet menjadi terancam. Banyak memang yang tak sanggup bertahan, namun adapula yang masih tetap bertahan hingga sekarang. Lalu seperti apakah warnet yang masih bertahan?

Ide Bertahan dengan Peluang Usaha Warnet

Walaupun analisa peluang usaha warnet menunjukkan bahwa tak lama lagi usaha ini akan gulung tikar, namun banyak pelaku usaha yang akan gentar akan hal itu, dan malah akan menjadikannya sebuah tantangan tersendiri. Berikut ini bagaimana mempertahankan usaha warnet agar peluang usaha warnet ke depan tetap eksis :

Jadikan sebagai usaha sampingan

Menjadikan warnat sebagai usaha sampingan adalah salah satu cara jitu untuk tetap bertahan. Bila menjadikan usaha warnet sebagai sumber penghasilan yang utama, kecil kemungkinan bisnis warnet untuk bertahan. Keputusan untuk menjadikan peluang usaha sampingan warnet diambil setelah perputaran uang di warnet dirasa tidak sederas sebelumnya.

Banyak pula pengusaha warnet yang mengurangi kubikel komputer mereka dengan membaginya menjadi persewaan buku, warung, konter pulsa dan sebagainya. Artinya, dalam satu toko, ada beberapa usaha yang dijalankan sekaligus.

Menyediakan Game Online

Banyak pengusaha warnet kini lebih memilih untuk meng-upgrade komputernya dengan menyediakan game online untuk remaja.Terlebih sekarang banyak orang dewasapun juga menyukai game on-line, sehingga membagi tempat atara internet dan game-online merupakan cara yang dianggap sangat perlu.

Peluang usaha warnet dan game online bisa menjanjikan dan bahkan bisa memulihkan omset pengusaha warnet yang sempat menurun karena menjamurnya ponsel pintar. Bagi gamer, game online di warnet dianggap lebih memuaskan karena stabilitas dan kecepatannya lebih terjamin dibanding menggunakan jaringan ponsel.

Bertahan di Kawasan Kampus

Bila anda hendak mempertahankan warnet sebagi peluang usaha sampingan, lebih baik jika anda mendirikan kios anda di sekitar kampus, lalu sediakan pula printer dan akan lebih bagus lagi kalau di tambah dengan foto kopi. Karena bagaimanapun mahasiswa masih banyak membutuhkan warung internet yang dirasa lebih murah untuk mengerjakan tugas mereka. Sekalipun banyak tersedia paket data murah, mereka banyak yang lebih memilih menggunakan warnet yang kadang dirasa lebih murah dibanding menggunakan paket data ponsel pintar.

Tujuan Download

Jadikan tempat anda sebagai tempat tujuan download, sehingga warnet anda akan tetap menjadi tempat yang dituju. Proses download biasanya menghabiskan banyak kuota internet di ponsel. Akibatnya, mahasiswa atau pelajar yang memiliki budget terbatas biasanya lebih memilih warnet sebagai tempat download materi kuliah, musik, atau bahkan video favorit. Sediakan musik dan film yang lengkap di komputer anda.

Walaupun banyak analisis yang mengatakan bahwa warnet akan tergeser dengan kemudahan tehnologi, peluang usaha warnet masih tetap terbuka. Hanya saja jika anda ingin menjadikan warnet sebagai peluang usaha anda maka lebih baik jadikan sebagai usaha sampingan dan juga perhatikan selalu jaringan Wi-Fi anda, agar selalu stabil dan tak mendapat komplain dari pengguna. Selain itu, karena sasaran anda adalah mahasiswa atau pelajar yang minim budget, maka pastikan tarif yang anda kenakan cukup bersaing dan terjangkau.

Info Bisnis:

usaha warnet apakah masih prospek - warnet gulung tikar - omset game online menurun - Sampai kapan bisnis warnet akan bertahan - usaha warnet menurun - www bisnis warnet gulung tikar -
Content Protection by DMCA.com