Memahami Pengertian Etika Bisnis Dalam Menjalankan Usaha

Kalimat bahwa “bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika” tampaknya bukan cuma balisan kalimat manis yang diucapkan oleh komentator bisnis semata.  Lalu, apa sebenarnya pengertian etika bisnis? Pada dasarnya etika itu sangat penting bagi kelangsungan sebuah bisnis, karena menyangkut nama baik perusahaan itu sendiri, menyangkut hubungan sesama pebinis yang juga akan berdampak pada kelangsungsan perusahaan itu sendiri.

Pengertian etika bisnis - Fotolia

Pengertian etika bisnis – Fotolia

Bila seseorang sejak kecil sudah diharuskan memiliki etika dalam berbicara, bertingkah laku, bahkan beretika dalam mengambil keputusan, maka perusahaanpun juga membutuhkan hal yang sama. Maka dari itu sudah menjadi hal yang sepatutnya bisa sejak perusahaan tersebut masih kecil, maka etika dalam berbisnis harus diterapkan dan dijalankan sedini mungkin. Lalu sebenarnya apa pentingnya etika bisnis? Berikut ulasannya.

Pengertian Etika Bisnis dan Prinsipnya Menurut Pakar

Banyak pakar dan ekonom yang merumuskan mengenai apa itu pengertian bisnis, mengingat bahwa pentingnya pengertian bisnis bagi usahawan-usahawan dan profesional muda. Salah satu dari pakar yang mengeluarkan pengertian etika bisnis dan menjadi acuan dalam berbisnis adalah Sony Keraf. Pengertian etika bisnis menurut para ahli yakni Sony Keraf memiliki empat unsur yakni :

  • Prinsip otonomi yakni mengambil suatu keputusan lalu bertindak atas keputusan itu berdasarkan kesadaran bahwa keputusan itu baik untuk dilakukukan.
  • Prinsip kejujuran yang di dalamnya terdapat tiga lingkup kejujuran (yakni jujur dalam memenuhi segala perjanjian atau kontrak yang disepakati, jujur dalam penawaran harga mutu dan harga sebanding, jujur dalam menjalin hubungan intern satu perusahaan.)
  • Prinsip keadilan yakni bahwa setiap orang berhak mendapatkan perlakuan yang adil sesuai peraturan, obyektif dan dapat bertanggung jawab.
  • Prinsip saling menguntungkan dimana bisnis harus dijalankan sedemikian rupa sehingga semua pihak untung.
  • Prinsip intergritas moral dimana pelaku bisnis harus menjalankan bisnis dengan selalu membawa nama baik pimpinan perusahaan, rekan-rekannya maupun perusahaannya.

Etika Komunikasi Bisnis dan Profesi

Tidak hanya dalam berbisnis dalam menjalankan profesi dan dalam berkomunikasi bisnis pun juga harus diperhatikan. Bagaimanapun juga pengertian etika komunikasi bisnis juga harus dipelajari oleh para calon pebisnis dan pebisnis, agar nantinya perusahaan mereka dapat maju dengan pesat, sebanding dengan itu pengertian etika bisnis dan profesi jika tidak diterapkan akan menjadi bumerang bagi merek sendiri. Etika komunikasi bisnis dan profesi itu terdiri atas :

Etika Komunikasi Bisnis

Contoh etika komunikasi bisnis adalah tidak melakukan komunikasi bisnis terselubung atau membajak komunikasi bisnis orang lain dengan sewenang-wenang. Contohnya, pada saat seorang pebisnis lain sedang melakukan promosi dalam jejaring sosial, lalu anda masuk ke komentnya dan menawarkan jasa atau produk anda tanpa seijinnya. Hal ini berarti anda telah melanggar etika dalam komunikasi bisnis. Contoh lainnya adalah tidak melakukan pembohongan atau manupulasi informasi dengan sesama pebisnis.

Etika Profesi
  • Tidak menjatuhkan reputasi profesi anda atau orang lain dalam hal berbisnis. Misalnya dengan sengaja membunuh karakternya dengan mengatakan hal negatif tentang kompetitor anda guna merebut pasar.
  • Tidak main ‘bajak’ apa yang sudah menjadi perjanjian pihak kompetitor anda. Misalnya anda seorang pebisnis baju muslim, kompetito anda selalu menyetok baju tersebut di sebuah butik karena suatu halangan kompetitor anda tidak menyetor barangnya, lalu anda main serobot dengan mengambil posisinya, ini berarti anda sudah melanggar kode etik profesi.

Demikian ulasan mengenai pengertian etika dalam bisnis. Semoga bermanfaat bagi anda yang hendak memulai untuk terjun di dunia bisnis. Semoga bermanfaat.

Info Bisnis:

etika bisnis usaha kuliner - etika komunikasi didalam menjalanknan bisnis - kode alam fotolia unsur 3 - pengertian berbisnis dengan hubungan etika sesama rekan bisnis -
Content Protection by DMCA.com