Memilih Peluang Bisnis Peternakan: Pilih Lele, Kelinci atau Bebek?

Ayam, sapi, atau kambing adalah ternak populer untuk dipelihara, tetapi peluang bisnis peternakan bukan hanya di hewan-hewan ternak tersebut. Hewan-hewan seperti kelinci, lele dan bebek bisa dibilang non-tradisional jika dibandingkan dengan ayam atau sapi, tetapi mereka memberi banyak keuntungan dan memiliki pasar yang cukup bagus. Akan tetapi, pastikan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian masing-masing sebelum menyambar peluang bisnis yang cocok untuk pedesaan ini.

Peluang bisnis peternakan - Fotolia

Peluang bisnis peternakan – Fotolia

Perbandingan Peluang Bisnis Peternakan Lele, Kelinci dan Bebek

Jika melirik peluang bisnis ternak lele, kelinci dan bebek, Anda akan melihat beberapa perbandingan jelas dari segi biaya, cara pemeliharaan, pakan dan peluang. Selain itu, masih ada hal-hal lain yang harus diperhitungkan, seperti lokasi pembukaan peternakan dan kemana Anda menjual atau memasok hasil ternak. Pastikan mengetahui perbandingannya sebelum memutuskan jenis hewan yang mau diternakkan:

  • Ternak lele cenderung memerlukan modal lebih kecil daripada bebek atau kelinci. Anda bisa mulai dengan kolam terpal dan bibit lele yang cenderung murah, sementara bebek dan kelinci membutuhkan struktur kandang yang luas serta berkualitas agar kualitas dan kesehatan hewan terjaga.
  • Dari segi jenis produksi, peluang bisnis ternak kelinci dan bebek menawarkan lebih banyak keragaman daripada lele. Anda bisa memilih antara kelinci hias dan pedaging, atau bebek pedaging dan petelur. Dengan lele, Anda benar-benar hanya beternak untuk pangan.
  • Dari segi pemeliharaan, ternak lele dan bebek termasuk cukup mudah. Kelinci pedaging memiliki karakter sama seperti hewan pedaging pada umumnya, tetapi kelinci hias memerlukan ketelitian ekstra dalam pemeliharaannya. Hal ini terutama untuk kelinci hias impor, karena memerlukan perawatan yang teliti sesuai kondisi masing-masing jenis.
  • Jika Anda mengincar pasar usaha makanan seperti restoran dan warung, lele dan bebek biasanya memiliki pasar lebih luas daripada kelinci.
  • Peluang bisnis ternak bebek menghasilkan produk sampingan ekstra seperti bulu dan kotoran yang bisa dimanfaatkan lagi. Kulit dan bulu kelinci juga dapat menjadi produk sampingan. Sementara itu, ternak lele tidak memiliki produk sampingan lain; Anda benar-benar hanya mengandalkan ternak lele untuk dipasarkan.

Selain faktor-faktor di atas, Anda juga harus mempertimbangkan hal lain seperti popularitas produk hasil peternakan di area Anda. Walaupun ada hal lain yang memengaruhi pertimbangan memilih bisnis ternak, Anda bisa menggunakan perbandingan ini sebagai cara awal memilih hewan ternak untuk dijadikan peluang usaha.

Peluang Bisnis Pakan Ternak dengan Modal Kecil

Jika Anda merasa masih belum mampu mengelola bisnis ternak, Anda bisa mencoba menjajal peluang bisnis pakan ternak. Bisnis ini bisa dari membuat pakan ternak sendiri, atau menjadi pengecer untuk produk pakan ternak yang sudah jadi. Banyak pemilik bisnis eceran menjual pakan ternak dari rumah atau toko pribadi dengan margin keuntungan antara 20 hingga 30 persen, dengan modal awal cukup ringan yang bisa jadi kurang dari 7 juta Rupiah.

Jika area lokal anda memiliki sumber bahan pangan murah, seperti limbah pertanian atau kebun yang melimpah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai pasokan bahan utama pakan ternak buatan sendiri. Dengan begini, Anda bisa menjalin kerjasama dengan pengusaha lokal dan mendapat rekanan.

Akan tetapi, pastikan untuk menyesuaikan jenis pakan dengan hewan ternak di area pemasaran Anda. Intinya, peluang bisnis peternakan sangat luas, tidak hanya dari peternakan, namun juga usaha yang berhubungan dengan ternak, seperti usaha pembuatan dan penjualan pakan ternak.

Info Bisnis:

pilih ternak kambing atau kelinci - perbandingan ternak ayam dan kelinci - Perbandingan ternak bebek dan ayam - ternak lele dan bebek - ternak lele ama terwelu lebih untungana - perbandingan ternak kelinci dengan sapi - ternak kelinci vs kambing - Terna kelinci vs lele - ternak ayam petelur vs ternak kambing - ternak bebek atau kelincim - Ternak bebek dan lele - ternak bebek vs lele - ternak itik vs kelinci - perbandingan waralaba ternak kelinci dan kambing - selisih ternak bebek dan kelinci - produksi ternak bebek lele - pilih ternak lele atau kelinci - pilih ternak lele atau kambing - pilih ternak ayam atau lele - pilih kelinci atau itik - pilih budidaya bebek apa lele? - perbedaan usaha bebek vs lele - ternak kambing vs kelinci - Ternak kambing vs ternak kelinci - untung mana klinci dengan ayam - untung mana ternak kelinci sama ayam - untung mana ternak lele atau bebek - untung mana ternak lele dan kelinci - untung ternak bebek atau kelinci - untung ternak kelinci atau kambing - untung ternak lele apa bebek - untungan mana kambing dengan bebek - ternk bebek vs ternak lele - ternak lele vs bebek peking hasil - ternak kelinci atau bebek? - ternak kelinci dan bebek - ternak kelinci vs ayam - ternak kelinci vs lele - ternak kelinci vs ternak kambing - ternak lele atau bebek/ - ternak lele atau kelinci - ternak lele vs bebeb - usaha ternak bebek vs kelinci - perbandingan usaha ternak kelinci pedaging dengan bebek pedaging - perbandingan usaha lele dengan bebek petelur - kambing vs bebek - ke untungan ayam dan kelinci - kelinci atau itik - keuntungan & kerugian beternak kelinci hias - keuntungan ternak bebek sama lele -
Content Protection by DMCA.com