Memulai Usaha Rumahan? Uji Dulu dengan Studi Kelayakan Bisnis!

Bisnis atau usaha seringkali dianggap sebagai kegiatan yang menggiurkan. Namun hasrat untuk memulai usaha rumahan seringkali tersendat ketika masalah modal hadir ke permukaan. Padahal jika kita mau lebih rajin mengulik ide, dengan modal kecil atau tanpa modal sekalipun kita tetap bisa memiliki usaha.

Study Kelayakan untuk Memulai Usaha Rumahan (Fotolia)

Study Kelayakan untuk Memulai Usaha Rumahan (Fotolia)

Meski dengan modal yang tidak terlalu besar, kita tetap dapat menjalankan usaha rumahan asalkan kita memiliki modal skill. Namun layakkah usaha minim modal tersebut untuk dijalankan? Untuk mengetahui jawabannya, melakukan studi kelayakan bisnis adalah langkah awal sebagai cara memulai usaha rumahan  untuk menguji apakah ide bisnis Anda layak untuk terus dijalankan atau tidak.

Cara Memulai Usaha Rumahan: Mulai Dengan Studi Kelayakan

Studi kelayakan bisnis merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan sebelum memulai sebuah usaha. Hasilnya bisa dijadikan bahan acuan atau pertimbangan apakah sebuah bisnis hendak dilanjutkan atau tidak. Berikut adalah beberapa manfaat dari studi kelayakan bisnis:

Memudahkan Perencanaan Bisnis

Studi kelayakan alias feasibility study dapat mempermudah calon pengusaha untuk memetakan program bisnisnya. Dengan studi kelayakan bisnis, calon pengusaha jadi dapat menentukan ide bisnis mana yang sekiranya dapat mendatangkan benefit paling besar dan paling cepat dari beberapa alternatif yang ada.

Memudahkan Pelaksanaan Bisnis

Studi kelayakan bisnis dapat membantu pengusaha dalam merealisasikan program-programnya. Jika suatu program berjalan tidak sesuai perencanaan, maka pengusaha bisa mengevaluasinya. Pasalnya, di dalam study kelayakan, biasanya sudah terdapat prasyarat yang harus dipenuhi agar target balik modal dapat direalisasikan dengan cepat.

Menimimalisir Resiko

Jika dalam studi kelayakan suatu ide atau program bisnis mendapat penilaian yang kurang baik dan kemungkinan besar tidak akan menguntungkan, maka pengusaha bisa menyeleksinya kembali dan menggantinya dengan program atau ide lain.

Memudahkan Pengendalian

Studi kelayakan bisnis dapat membantu pengusaha jika suatu saat terjadi gangguan atau permasalahan. Pengusaha yang melakukan studi kelayakan bisnis sebelum memulai bisnisnya pasti akan tahu aspek mana yang menjadi penyebab gangguan tersebut.

Memudahkan Pengawasan

Studi kelayakan bisnis memudahkan pelaku usaha jika suatu saat harus melakukan audit terhadap perusahaannya. Hal ini dikarenakan studi kelayakan bisnis melatih pengusaha untuk memperhatikan detail dalam usahanya.

Dengan kata lain, studi kelayakan merupakan salah satu cara memulai usaha rumahan dengan modal kecil yang dilakukan pertama, bahkan sebelum  bisnis anda direalisasikan. x

Tips Memulai Usaha Rumahan yang Tepat

Setelah mengetahui manfaat dari studi kelayakan bisnis demi kemajuan usaha rumahan Anda, sekarang tiba waktunya untuk mengetahui langkah yang harus ditempuh dalam studi kelayakan bisnis:

  • Tahap Penemuan Ide; pada tahap ini, pengusaha menyeleksi ide mana yang patut untuk dieksekusi.
  • Tahap Penelitian; pada fase ini ini, pengusaha menganalisa secara ilmiah ide usahanya.
  • Tahap Evaluas; sebagai cara memulai usaha kecil rumahan, tahap studi kelayakan evaluasi sangatlah penting. Tahap ini dimaksudkan untuk membandingkan satu standard dengan standard lainnya.
  • Tahap Pengurutan Usulan yang Layak; tidak semua ide dapat direalisasikan. Pengusaha harus memilih satu yang layak.
  • Tahap Rencana Pelaksanaan; sebelum mengeksekusi usaha Anda, pastikan semuanya telah direncanakan.
  • Tahap Pelaksanaan; tahap terakhir adalah menjalankan operasional bisnis Anda secara rutin.

Sekian artikel mengenai pentingnya studi kelayakan bisnis sebagai langkah awal memulai usaha rumahan. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda jadi tidak resah dalam mengambil langkah baru untuk usaha rumahan modal kecil Anda. Siapkah Anda untuk dapat lebih maju lagi?

Info Bisnis:

contoh uji kelayakan usaha rumahan - study kelayakan memulai suatu bisnis - studi uji kelayakan bisnis - studi kelayakan rumahan - studi kelayakan bisnis usaha kecil - studi kelayakan bisnis untuk usaha kecil - studi kelayakan bisnis ide usaha - perusahaan yang melakukan feasibility study untuk usaha - memulai bisnis yang tersendat - tahap tahap studi kelayakan usaha obat tradisional -
Content Protection by DMCA.com