Menemukan Peluang Bisnis Rumahan sesuai Fokus Keahlian

Bisnis rumahan kini semakin banyak jenisnya, dan peluang bisnis rumahan sangat beragam sehingga bisa dipilih oleh orang dengan beragam keahlian, sama seperti peluang kerja konvensional di perusahaan. Perkembangan teknologi dan arus informasi membuat peluang bisnis rumahan semakin beragam. Peluang bisnis rumahan modal kecil pun bisa dimulai dengan tingkat kerepotan minimal, atau disesuaikan dengan minat dan keahlian, tanpa memerlukan ijazah.

Peluang Bisnis Rumahan - Fotolia

Peluang Bisnis Rumahan – Fotolia

Peluang Bisnis Rumahan Berbasis Produk dan Kreatifitas

Jika Anda senang menjual dan/atau memiliki kreatifitas, ada berbagai jenis usaha rumahan yang bisa dipilih terkait penjualan barang atau kreatifitas, yaitu:

  • Membuka kios di lapak daring. Etsy, Ebay, Amazon, OLX, Kaskus dan TokoOne adalah berbagai lapak daring populer, baik untuk produk yang stoknya Anda sediakan atau beli di toko grosir, ataupun yang dibuat sendiri seperti kerajinan tangan dan makanan ringan kemasan.
  • Memasarkan produk afiliasi atau produk dengan sistem dropship. Ini adalah peluang bisnis rumahan online terpopuler yang kesempatannya semakin besar seiring bermunculannya produk baru. Produk afiliasi dan layanan dropship biasanya tidak merepotkan karena Anda menjual barang yang stoknya ada di gudang si pemilik. Tugas Anda hanya memasarkan, melayani pembelian dan transaksi, serta meneruskan pesanan tersebut dengan imbalan komisi.
  • Menulis dan menjual ebook. Ini adalah peluang bisnis yang sangat memerlukan kreatifitas, namun semakin dipermudah dengan adanya fasilitas seperti blog, penyedia desain sampul buku, dan situs penerbitan buku elektronik. Tantangannya adalah mencari ide serta konsistensi dalam menyediakan konten yang diinginkan dan diperlukan publik. Agar sukses, tentukan bidang atau tema spesifik yang ingin Anda jelajahi, dan berusaha semaksimal mungkin membuat konten yang bagus.
Peluang bisnis affiliate marketing - Fotolia

Peluang bisnis affiliate marketing – Fotolia

  • Menjual foto. Jika Anda punya keahlian fotografi, Anda bisa menjual foto di situs-situs yang menyediakan stock photo (foto yang khusus dibuat untuk keperluan ilustrasi bebas hak cipta unuk ilustrasi buku dan sebagainya).

Selain peluang usaha berbasis produk, ada juga peluang bisnis rumahan terbaru yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dari Teknologi

Jika Anda menyukai teknologi, atau memiliki kreatifitas terkait teknologi, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari peluang usaha rumahan. Berikut beberap peluang bisnis rumahan yang menjanjikan dan bisa menjadi karir:

  • Mendesain situs. Keahlian web designing sebenarnya sangat luas, dan semakin spesifik keahlian Anda, biasanya mudah mencari pelanggan loyal. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan keahlian khusus dalam mendesain situs berbasis WordPress, Tumblr, atau Joomla.
  • Desain grafis. Keahlian ini biasanya dikuasai setelah cukup lama belajar dan berlatih, jadi jika Anda berniat membuka usaha di bidang ini, kemungkinan Anda memang sudah menguasainya. Anda tinggal membuat situs untuk promosi, menyediakan beberapa portfolio, serta mulai meluaskan jaringan perkenalan dan menata akun jejaring sosial serta email untuk bisnis.
Peluang usaha desain grafis - Fotolia

Peluang usaha desain grafis – Fotolia

  • Desain vektor untuk kaos, gelas dan poster. Desain vektor sama seperti desain grafis, namun lebih spesifik. Anda bisa menyediakan desain untuk membuat gelas, cangkir, kaos, topi, poster, spanduk dan sebagainya.
  • Menyediakan jasa animasi. Jika Anda jago membuat animasi, Anda bisa menyediakan jasa pembuatan animasi untuk keperluan apapun, misalnya animasi yang menjelaskan suatu produk, animasi untuk keperluan instansi, dan sebagainya.

Semua keahlian ini bisa dijadikan bisnis yang cukup menguntungkan, baik sebagai bisnis paruh waktu maupun penuh waktu. Peluang bisnis rumahan menjanjikan di atas bisa dijalankan bahkan tanpa modal besar, ijazah, atau batas usia.

Info Bisnis:

kerajinan rumahan yang menjanjikan -
Content Protection by DMCA.com