Mengembangkan Peluang Bisnis Emas Batangan untuk Investasi

Emas mungkin sudah mulai ditinggalkan di berbagai negara, namun di Indonesia, peluang bisnis emas masih sangat populer. Pertimbangannya: emas adalah bentuk kekayaan serta tabungan yang mudah diperoleh dan gampang ditukar di mana saja ketika Anda membutuhkan uang ekstra. Selain memiliki likuiditas tinggi, emas juga terhitung kebal inflasi. Plus, sebagian orang memilih emas karena tidak ingin berinvestasi dengan melibatkan hutang atau riba. Akan tetapi, jika Anda ingin meraih peluang investasi emas dengan keuntungan jangka panjang, membeli dan menyimpan saja tidak cukup.

Peluang bisnis emas - Fotolia

Peluang bisnis emas – Fotolia

Salah satu bentuk emas yang cukup menguntungkan untuk dijadikan investasi adalah emas batangan. Selain tak memakan biaya pembuatan seperti perhiasan, emas batangan juga memiliki nilai serta likuiditas cukup tinggi. Pastikan Anda tahu cara menjadikan emas batangan sebagai investasi jangka panjang.

Memilih Peluang Bisnis Emas Batangan

Dalam bisnis emas batangan, bentuk bisnis atau investasi paling umum adalah membelinya saat harganya sedang turun, lalu menjualnya saat diperlukan atau saat harganya sedang tinggi. Secara umum, peluang bisnis emas batangan dengan cara klasik ini lumayan aman walaupun memakan waktu lama, sehingga cocok dijadikan investasi. Harga emas cenderung naik sekitar 20 persen setiap tahun, sehingga jika Anda membeli emas lalu menjualnya 2 atau 3 tahun kemudian, terutama di periode saat harga jual emas sedang naik di tahun itu, Anda bisa mendapat keuntungan.

Bagaimana jika Anda ingin berinvestasi emas batangan untuk tujuan masa depan? Jika Anda memiliki tujuan masa depan tertentu seperti menyekolahkan anak ke universitas, membuka usaha pasca pensiun atau naik haji, Anda sebaiknya berinvestasi pada emas batangan dengan berat tertentu. Emas batangan 200 gram adalah produk minimum untuk peluang bisnis investasi emas yang sukses demi impian masa depan. Anda harus disiplin membeli emas batangan dengan minimum berat 200 gram setiap punya uang, dan dengan kenaikan harga emas yang bisa mencapai 20 persen tiap tahun, Anda bisa memiliki cukup banyak dana dalam, misalnya, 10 tahun.

Peluang Investasi Emas dengan Perputaran Gadai

Menggunakan emas batangan sebagai peluang bisnis jual beli emas sudah jamak, tetapi jika Anda ingin berpikir lebih kreatif, Anda bisa menggunakan emas sebagai sarana perputaran uang untuk memulai bisnis lain. Dengan menggunakan emas dan jasa pegadaian, Anda bisa memulai bisnis dengan modal hasil gadai, dan menggunakan uang dari hasil menggadaikan emas tersebut dalam perputaran yang positif. Jika Anda punya mimpi untuk membuka usaha dalam beberapa tahun dari sekarang, misalnya, Anda bisa membeli emas, menggadaikannya, lalu menggunakan uangnya untuk memulai bisnis.

Misalnya, Anda membeli emas batangan seberat 200 gram dan mengumpulkannya selama 10 tahun. Ketika Anda akhirnya pensiun, Anda ingin membuka toko sendiri di rumah. Anda pun menggadaikan emas-emas tersebut di pegadaian atau bank syariah, lalu menggunakan uangnya untuk membuat toko. Ketika keuntungan perlahan-lahan terkumpul, Anda bisa menggunakannya untuk mencicil menebus emas yang sudah Anda gadaikan. Tunggu beberapa tahun hingga harganya naik lagi, gadaikan, dan gunakan uangnya untuk memperbesar atau menambah toko, misalnya.

Bisnis emas tentu ada untung dan ruginya, namun sifat likuiditas emas yang cukup tinggi serta kemudahan menjual dan membelinya membuat emas (terutama emas batangan) tetap menjadi primadona bisnis serta investasi jangka panjang. Dengan membeli emas, terutama emas batangan, Anda bisa merambah peluang bisnis emas dan berinvestasi untuk mendapat modal usaha atau membiayai rencana masa depan.

Info Bisnis:

contoh mengembangkan peluang emas - emas batangan - mengembangkan emas -
Content Protection by DMCA.com