Music for Kids: Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Apabila Anda memiliki skill atau kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain, Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai usaha rumahan yang menjanjikan. Hal tersebut harus disertai dengan kemampuan Anda untuk melihat sebuah peluang bisnis. Jika Anda bisa memainkan berbagai macam alat musik dan memiliki beberapa alat musik di rumah, jadikanlah hal tersebut sebagai modal Anda untuk memulai sebuah usaha.

Usaha Rumahan yang Menjanjikan - Fotolia

Usaha Rumahan yang Menjanjikan – Fotolia

Musik Keliling Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Saat ini bisnis music for kids sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan anak usia dini maupun orang tua yang ingin memberikan hiburan untuk buah hatinya. Jika anda memiliki bakat musik, maka hal itu bisa menjadi jenis usaha rumahan yang menjanjikan karena belum banyak orang yang mengetahui bisnis inu. Belum banyak yang memikirkan ide seperti ini sehingga Anda bisa saja menjadi pelopor di daerah Anda.

Musik adalah hal penting yang dapat mempengaruhi perkembangan anak sejak usia dini. Musik dapat merangsang syaraf sensorik dan motorik anak. Nah, tanamkan kesadaran ini  dan mulailah melangkah. Berikut ini cara memulai bisnis Music For Kids:

Menentukan Target Pasar

Apabila Anda ingin membuka bisnis musik keliling tersebut, Anda harus tahu siapa target Anda. Hiburan musik tersebut biasanya ditujukan untuk anak-anak di sekolah, penitipan anak, ataupun di lingkungan perumahan, khususnya pada acara-acara tertentu, seperti ulang tahun dan hajatan. Anda bisa fokus pada kelompok usia tertentu, misalnya dari TK hingga SMP.

Ciptakan suasana rileks dan menyenangkan - Fotolia

Ciptakan suasana rileks dan menyenangkan – Fotolia

Siapkan Peralatan Musik

Peralatan adalah elemen penting untuk memulai bisnis musik. Siapkan alat musik yang lengkap. Tidak perlu selengkap studio musik, namun alat musik tersebut bisa dibawa dengan mudah dan juga bisa menghsilkan nada yang utuh. Sebisa mungkin, gunakan peralatan portable untuk memudahkan pengangkutan.

Rekrut Pemain Musik

Untuk menjalankan usaha rumahan yang menjanjikan modal kecil ini, Anda tidak mungkin melakukannya sendiri sehingga Anda harus merekrut beberapa pemain yang bisa menggunakan alat musik. Tidak perlu menyewa pemusik profesional; anda bisa memperkerjakan mahasiswa atau pelajar yang memiliki minat musik untuk membantu anda sekaligus untuk meningkatkan keahlian mereka dalam memainkan alat musik.

Pemasaran Music For Kids Sebagai Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

Jika ingin usaha rumahan yang menjanjikan untung besar ini berkembang, maka Anda membutuhkan kiat pemasaran yang jitu. Berikut adalah beberapa pilihan metode pemasaran untuk usaha music for kids:

  • Sebarkan brosur di sekolah-sekolah, Tempat Penitipan Anak, Taman Kanak-Kanak, dan Play Group untuk memperkenalkan usaha jasa anda.
  • Lakukan komunikasi dengan pemilik TPA atau kepala sekolah SD, TK, maupun Playgroup untuk memperkenalkan diri dan usaha anda
  • Lakukan pertunjukan gratis untuk menunjukkan bagaimana anda tampil dan berinteraksi dengan anak-anak
  • Anda juga bisa memasang iklan di surat kabar ataupun radio dengan menyertakan nomor kontak dan alamat anda.
Libatkan anak untuk menggunakan alat musik - Fotolia

Libatkan anak untuk menggunakan alat musik – Fotolia

  • Media sosial juga merupakan sarana iklan yang menguntungkan.
  • Buat portofolio penampilan anda; misalnya, anda bisa merekam setiap penampilan anda dan mengumpulkannya menjadi koleksi video portofolio. Anda bisa menawarkan portofolio ini saat bernegosiasi dengan pemilik sekolah, TPA, atau bahkan dengan orang tua
  • Anda juga bisa memainkan musik di acara ulang tahun anak tetangga atau saudara sebagai media promosi.

Salah satu kunci sukses untuk usaha rumahan yang menjanjikan ini adalah penampilan anda. Pastikan bahwa anda tidak hanya ‘tampi’ melainkan juga berinteraksi dengan anak-anak yang sedang dihibur. Libatkan anak-anak untuk ikut bernyanyi atau mencoba menggunakan alat musik, sehingga  mereka lebih terhibur.

Content Protection by DMCA.com