Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa Kreatif: Bagian 12

Menjadi mahasiswa merupakan fase transisi menuju dunia yang sebenarnya. Sebelum masuk ke dunia kerja yang penuh kompetisi namun menantang tersebut, sebaiknya kamu mempersiapkan dirimu untuk menggali segala kemampuan yang kamu miliki. Salah satu cara mengasah kemampuanmu adalah dengan melakukan kerja sampingan atau menyambi. Tidak perlu yang memberatkan bagimu, cari saja pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang sesuai dengan passion. Kerja sampingan yang minim modal tapi potensial salah satunya yaitu menjadi tour guide.

Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa - Fotolia

Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa – Fotolia

Tour Guide: Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

Kamu mempunyai hobi jalan-jalan? Mengapa hobi tersebut tidak kamu lihat sebagai peluang bisnis? Tour guide merupakan jawaban yang tepat untuk mahasiswa yang senang berwisata dan sedang mencari pekerjaan sampingan. Peluang usaha tour guide termasuk salah satu yang paling menjanjikan karena kamu tidak harus memiliki banyak uang untuk modal memulai usaha ini.

Yang kamu perlukan hanyalah pengetahuan tentang pariwisata, kemampuan berkomunikasi yang baik dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta setidaknya memiliki kelihaian dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial manapun.  Kerja sampingan untuk mahasiswa sebagai tour guide selain menguntungkan secara finansial, juga menguntungkan secara non-material. Kamu bisa berjalan-jalan tanpa mengeluarkan uang, tapi justru malah mendapatkan uang. Sangat menggiurkan, bukan?

Namun perlu diketahui kamu bisa memilih menjadi freelnace tour guide atau staff tour guide. Jika kamu memilih untuk menjadi freelance tour guide, kamu memiliki pendapatan yang tidak tetap. Tapi untungnya, kamu jadi bebas memilih kapan dan biro perjalanan apakah yang hendak kamu jadikan lahan bekerja. Sedangkan jika kamu memilih menjadi staff tour guide, maka kamu akan memiliki gaji yang tetap. Namun sayangnya kamu akan terikat denga peraturan biro perjalanan yang menaungi kamu. Pilhan ada di tanganmu. Yang jelas, keduanya sama-sama menguntungkan.

Memulai Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa sebagai Tour Guide

Lalu bagaimana langkah memulai bisnis tour guide ini? Berikut langkahnya!

  • Jadilah travel addict! Kamu harus rajin mencari informasi tentang tempat wisata, info penginapan murah, promo tiket pesawat, spot-spot yang bagus untuk dikunjungi, dan lain sebagainya. Lebih baik lagi jika kamu survey lokasi wisata tersebut secara langsung.
  • Agar bisnis kamu tidak kalah saing, berilah sentuhan yang unik. Misalnya saja kamu menawarkan paket wisata yang lebih murah daripada paket wisata yang ditawarkan oleh pebisnis lain.
  • Promosikanlah bisnis tour guide-mu dengan gencar. Kamu bisa melakukan kerja sampingan mahasiswa online dengan cara membuat website resmi bisnismu atau menyebarkan infonya melalui media sosialmu.
  • Bekerjalah dengan penuh integritas. Keamanan dan kenyamanan bukan hanya untukmu, tapi juga untuk para konsumen yang telah mempercayakanmu untuk memandu mereka. Selalu utamakan keselamatan di atas segalanya!
  • Agar kamu lebih dipercaya dan bisnismu semakin laris, ikutilah program escorting dari berbagai biro perjalanan. Hal tersebut bertujuan untuk meningktkan kemampuan tour guiding-mu serta mendapatkan lisensi resmi dari pihak berwenang yang menyatakan bahwa kamu adalah pemandu wisata yang baik serta berhak memandu wisata secara mandiri.

Itulah peluang usaha pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Tahukah kamu bahwa menjadi tour guide dapat menjadi batu loncatan kamu untuk memiliki perusahaan agen travel sendiri? Sudah banyak orang yang mengawali usaha agen travelnya dengan menjadi tour guide terlebih dahulu. Apakah kamu juga tertarik untuk menjadi sesukses itu? Selamat mencoba!

Content Protection by DMCA.com