Peluang Bisnis di Indonesia: E-Commerce Semakin Potensial

Pengguna internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, diperkirakan bahwa pada tahun 2015 adalah sekitar 139 juta pengguna internet di Indonesia. Angka ini menunjukkan kenaikan dari hanya sekitar 16 juta pada tahun 2015. Drastisnya peningkatan penggunaan internet dalam kurun waktu 10 tahun terakhir menunjukkan kalau peluang bisnis di Indonesia, khususnya bisnis berbasis internet, sangat potensial. Bagaimana tidak, saat ini masyarakat tidak ragu lagi untuk melakukan pembelian produk dengan melalui online shopping.

Peluang bisnis e-commerce di Indonesia (Fotolia)

Peluang bisnis e-commerce di Indonesia (Fotolia)

Fakta menunjukkan bahwa retailer besar yang 10 tahun lalu masih mengandalkan sistem penjualan secara konvensional kini harus menyesuaikan diri jika tidak ingin terlindas oleh trend. Retailer besar berskala nasional bahkan harus membangun toko online yang interaktif dan menarik untuk bisa mempertahankan konsumen yang ada serta menarik pangsa pasar baru – yakni, masyarakat yang semakin memilih sistem online shopping daripada menghabiskan waktu ke pasar atau toko.

Peluang Bisnis di Indonesia Semain Potensial Karena Internet

Peluang bisnis e commerce di Indonesia semakin prospektif seiring meningkatnya penggunaan perangkat telekomunikasi yang dilengkapi fitur-fitur menarik untuk menunjang online shopping. Bahkan, aplikasi toko online bisa diunduh secara gratis dan bisa diakses kapan saja. Segmen pasar paling potensial memang masih didominasi kalangan muda, khususnya mereka yang gemar berbelanja baik busana, gadget, atau aksesoris di toko-toko virtual. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan kalau segmen lainnya, seperti penduduk senior, akan mengikuti.

Di lain pihak, persaingan provider telekomunikasi yang semakin ketat memberikan keuntungan sendiri bagi para pengguna ponsel. Kini, mereka tidak hanya mendapatkan tawaran berupa biaya komunikasi yang semakin murah, namun juga paket-paket internet yang tersedia seolah tanpa batas. Ya, kini bisnis internet tidak lagi didominasi oleh usaha warnet semata.

Selain itu, bisnis e-commerce di tanah air semakin berkembang berkat tersedianya alat pembayaran virtual yang mempermudah transaksi antara penjual dengan pembeli. Selain melalui mekanisme transfer bank, sms banking, atau internet banking, ada juga layanan pembayaran online berbasis kartu debit, sepert iPaymu, layanan e-commerce terintegras seperti e-wallet, shopping chart, dan layanan PT. Pos Indonesia.  Demikian juga dengan layanan jasa kurir yang semakin bervariasi dengan tarif pengiriman yang semakin bersaing.

Fakta Seputar Peluang Bisnis eCommerce di Indonesia

Sebuah laporan yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada tahun 2014 menunjukkan bahwa pasar e-commerce di tanah air diperkirakan mencapai Rp. 130 triliun pada tahun 2013. Angka ini menunjukkan kenaikan hingga 200% dibanding tahun 2012, di mana nilai transaksi e-commerce di tanah air masih mencapai Rp. 69 triliun. Tidak mengherankan jika pertumbuhan dan peluang bisnis online di Indonesia semakin pesat, karena para pelaku e-commerce semakin menyadari besarnya prospek pasar yang ada.

Jika dilihat dari segi pertumbuhan bisnis e-commerce di tanah air, Indonesia bahkan menunjukkan angka terbesar di dunia, yakni sekitar 71% dengan nilai mencapai 1.8 milyar dollar AS. Di tahun yang sama, pasar e-commerce dunia hanya mencapai 1.29 triliun dollar AS di tahun yang sama. Secara umum, ada 5 peluang bisnis internet di Indonesia yang paling menjanjikan saat ini, yakni toko online, classified ads atau iklan baris, shopping mall online, Marketplace C2C, dan toko online berbasis media sosial.

Dengan kata lain, peluang bisnis di Indonesia, khususnya industri e-commerce akan terus berkembang, seiring dengan meningkatnya permintaan dari konsumen. Ya, konsumen semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang mempermudah mereka untuk melacak produk yang diinginkan, melakukan transaksi, dan pembayaran. Kini berbelanja tidak lagi menghabiskan waktu dan tenaga. Ya, semuanya bisa dilakukan di rumah atau di kantor!

Info Bisnis:

potensi dan peluang e commerce -
Content Protection by DMCA.com