Peluang Bisnis UKM Melalui Pelatihan dan Pemberdayaan Kelompok

Bisnis Usaha Kecil Menengah atau UKM kini kian merebak dan berkembang di seluruh penjuru nusantara. Tak tanggung-tanggung hampir seluruh daerah dan desa di Indonesia memiliki sentra-sentra UKM. Memang peluang bisnis UKM cukup menjanjikan sebagai basis perekonomian lokal, di tingkat bawah. Hasil yang diproduksi oleh UKM pun tak bisa dibilang sembarangan. Bahkan tak sedikit produk UKM di Indonesia yang sudah menjadi komuditi ekspor.

Peluang bisnis UKM kerajinan - Fotolia

Peluang bisnis UKM kerajinan – Fotolia

Peran pemerintah juga cukup besar dalam perkembangan UKM di tanah air. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari pelayuluhan hingga pemberian pinjaman modal dengan bunga lunak (atau tanpa bunga). Tak hanya pemerintah sektor swasta dan lembaga sosial masyarakat atau LSM banyak pula yang memberi pelatihan dan program-program pemberdayaan berbasis kelompok.

Peluang Bisnis UKM melalui Pelatihan Kelompok

Pelatihan untuk pengembangan peluang usaha untuk UKM sangatlah banyak, tidak hanya terdapat di kelas-kelas namun juga berada di rumah-rumah warga, komunitas, kelurahan hingga bahkan di ruang terbuka seperti di taman. Semua itu tergantung pada daerah masing-masing. Peluang usaha itu antara lain:

  • Souvenir Produk Khas Daerah; Produk kerajinan yang dibuat dari bahan baku khas daerah merupakan produk yang paling diincar wisatawan jika berkunjung ke suatu daerah. Bila daerah tersebut mempunyai keunikan sendiri dan bisa diperlihatkan dalam bentuk souvenir yang cantik dan menarik, maka akan menjadi peluang usaha bisnis UKM yang mendunia.
  • Craft; Peluang usaha lainnya adalah dengan membuat hasil karya seni. Hal ini bisa dengan karya craft yang bersifat lokal dan berfungsi sebagai souvenir. Misalnya adalah kerajinan patung, batu, kulit, atau kerajinan rotan, yang dapat pula dibawa oleh pelancong ke daerah asal mereka. Kuncinya adalah bahwa produk kerajinan yang disediakan bersifat khas dan tidak ditemukan di daerah lain.
  • Merajut; ini adalah peluang usaha UKM modal kecil untuk ibu-ibu atau remaja putri. Pelatihan merajut bisa dilakukan secara berkelompok. Produk yang dihasilkan bisa dipasarkan melalui pameran kerajinan di tingkat daerah maupun nasional, atau bahkan dipromosikan melalui website untuk menarik konsumen dari luar negeri.
  • Kelas Memasak; Ini juga bisa menjadi peluang usaha ukm terbaru, tidak hanya untuk wanita, namun juga untuk pria. Hobby memasak bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan asalkan anda bisa menghasilkan menu yang khas dengan citarasa yang menggoda.
  • Pelatihan budi data ikan bisa dilakukan apabila memiliki tempat dan pasar untuk penjualannya. Peluang usaha peternakan seperti kambing dan kelinci juga cukup menjanjikan untuk dikembangkan di daerah pedesaan.

Peluang Bisnis UKM: Usaha Anti-Kolaps

Saat dunia mengalami krisis eknomi, tampaknya usaha UKM selalu muncul sebagai ‘pahlawan’ bagi perekonomian nasional. Bisnis skala mikro, kecil dan menengah relatif tidka sensitif terhadap goncangan ekonomi. Pada dasarnya masyarakat tidak perlu memikirkan lagi soal saham karena mereka berada pada sektor riil.

Bahkan karena stabilnya usaha UKM banyak bank dan lembaga keuangan lain yang saling berburu untuk bisa memberikan pinjaman pada para pelaku bisnisn UKM Hal ini karena bisnisn UKM sangat riil dan tak terpengaruh oleh bursa saham. Pihak bank juga bekerja sama dengan pengusaha kecil menengah dengan sistem pendampingan, sehingga unit-unit usaha tersebut menjadi mitra binaan bagi lembaga keuangan yang lebih besar.

Peluang bisnis UKM masih menunjukkan prospek yang meyakinkan dalam perekonomian nasional. Di tengah gempuran mata uang asing serta labilnya harga minyak dunia, maka usaha mikro, kecil, dan menengah dapat menjadi pilihan yang aman.

Info Bisnis:

Peluang usaha untuk pemberdayaan - program pemberdayaan UKM terbaru 2016 - ukm kerajinan -
Content Protection by DMCA.com