Peluang Usaha Distributor Sembako: Bisnis Laris yang Pasti Dicari

Sembako dan produk toko kelontong adalah produk yang paling banyak dicari konsumen Indonesia, sehingga peluang usaha distributor sembako dan barang produk keseharian selalu menemukan pasarnya. Akan tetapi, warung atau toko sembako dan produk kelontong bisa jadi dijauhi karena beberapa faktor, seperti perbedaan harga yang terlalu besar, atau layanan yang dipersepsi sebagai kurang ramah atau kurang berkualitas oleh konsumen.

Peluang usaha distributor - Fotolia

Peluang usaha distributor – Fotolia

Ketika Anda hendak menyabet peluang usaha jadi distributor, Anda juga harus tahu seluk-beluk usaha yang diperlukan, termasuk jenis barang untuk distok dan teknik agar pelanggan (yang mungkin sudah punya toko langganan sendiri) bersedia datang ke tempat Anda untuk berbelanja.

Strategi Memulai Peluang Usaha Distributor Sembako

Bahan pokok seperti beras, telur, minyak goreng dan gula sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan, sehingga konsumen biasanya cukup sensitif soal berbagai hal seperti perbedaan harga sekian ratus Rupiah hingga kualitas layanan yang diberikan. Ketika Anda hendak menggaet peluang usaha distributor sembako, Anda bukan hanya harus mengeluarkan modal yang cukup besar, namun juga harus bersaing dengan toko serupa yang mungkin sudah banyak di sekitar Anda.

Berikut beberapa strategi untuk memulai usaha distributor sembako yang sukses dan cepat balik modal:

  • Pastikan selalu pasang telinga untuk memahami pergerakan harga di pasar, sehingga perbedaan harga tidak terlalu besar. Bagi konsumen pembelanja sembako, perbedaan yang hanya 500 Rupiah bisa memengaruhi keputusan belanja, terutama jika mereka membeli dalam jumlah besar.
  • Jangan ragu untuk menggunakan lebih dari satu pemasok untuk mendapat kombinasi harga yang memuaskan di toko Anda. Pastikan juga pemasok tersebut selalu tepat waktu dalam mengirim produk. Anda juga bisa mengecek peluang membeli barang murah dari minimarket atau supermarket grosir setempat, terutama jika sedang ada promo.
  • Jika produk Anda belum banyak, gunakan prinsip buffer stock: pastikan produk Anda lengkap walaupun jumlah stoknya sedikit, daripada stoknya banyak tapi tidak lengkap. Hal ini sangat penting terutama jika Anda ingin menggaet peluang usaha menjadi distributor tunggal. Pembelanja biasanya lebih senang berbelanja di tempat yang menyediakan semua hal yang dibutuhkannya, sehingga tidak perlu pergi ke tempat lain.
  • Berikan layanan tambahan seperti hantaran ke rumah untuk pembeli yang membeli dalam jumlah besar, atau membeli barang yang berat (misalnya beberapa galon air, beras dalam karung atau tabung gas 12 kg). Jika toko sudah ramai, Anda bisa menawarkan layanan belanja lewat SMS untuk melayani pembeli yang sibuk atau tidak sempat keluar rumah. Hal-hal seperti ini akan memberi nilai tambah di mata pembeli untuk toko Anda.
Strategi memulai usaha distributor sembako - Fotolia

Strategi memulai usaha distributor sembako – Fotolia

Peluang usaha distributor sembako memiliki potensi besar, tetapi harus dibarengi dengan layanan bermutu dan faktor yang bisa memikat pembeli.

Peluang Usaha Distributor Rokok dan Produk Spesifik Lain

Menjadi distributor produk spesifik seperti rokok, minuman ringan dan jajanan anak cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal lebih kecil daripada sembako. Peluang usaha distribusi rokok, misalnya, bisa menyasar baik toko kecil maupun besar karena produk ini laris dimana-mana. Anda hanya harus pandai membaca tren dan memperkirakan rokok merk apa saja yang akan dibeli oleh pembeli di area penjualan.

Peluang usaha distributor minuman ringan dan jajanan anak biasanya cukup stabil, dan bisa diterima di pasar manapun. Pastikan Anda menawarkan produk yang cukup bervariasi, dan mengetahui merk mana yang kira-kira paling banyak dibeli di area penjualan. Anda juga bisa menambah stok dengan produk tertentu yang laku di periode khusus, misalnya saat puasa dan menjelang liburan Natal atau Tahun Baru.

Intinya, peluang usaha distributor memberi Anda pangsa pasar besar, tetapi pastikan Anda memiliki strategi bisnis bagus untuk memasarkannya.

Info Bisnis:

peluang usaha menjadi distributor tunggal - peluang distributor tunggal - dicari distributor - dicari distributor tunggal - dicari distributor sembako - peluang menjadi distributor tunggal - dicari distributor 2016 - peluang jadi distributor tunggal - dibutuhkan distributor tunggal - peluang jadi agen tunggal - dibutuhkan distributor - peluang jadi distributor tunggal 2016 - peluang distributor 2016 - peluang usaha distributor 2016 - ingin menjadi distributor tunggal - peluang usaha distributor minuman ringan - dicari distributor rokok - ingin jadi distributor sembako - di butuhkan distributor - dicari distributor tunggal 2016 - di cari distributor - https://www bisnisme com/peluang-usaha-distributor-sembako-bisnis-laris-yang-pasti-dicari/ - menjadi distributor sembako - peluang usaha distributor - di cari untuk agen 2016 - peluang usaha distributor tunggal - agen tunggal sembako - peluang menjadi distributor sembako - barang sembako paling dicari di bali th 2016 - dibutuhkan agen distributor - distributor tungal sembako - distributor sembako murah - distributor sembako 2016 - distributor minuman ringan - di cari agen tunggal daerah - barang kelontong terlaris - disrtibutor sembako tanggerang - dicari pemasok 2016 - dicari distributor/agen tunggal - dicari distributor tunggal 2017 - dicari - beberapa distributor sembako - www menjadi agen rokok - bisnis distributor paling laris 2016 - bisnis ditributor yang dibutubkan - bisnis penjualan sembako - bisnis sembako - dibutuhkan distributot - di butuhkan agen distributor - di cari agen -
Content Protection by DMCA.com