Peluang Usaha Kecil Menengah Berbagai Bidang di Tahun 2016

Usaha kecil dan menengah merupakan tulang punggung ekonomi bangsa, dan peluang usaha kecil menengah di tahun 2016 semakin luas dan berkembang. Perkembangan teknologi, informasi dan tren telah membuat siapapun bisa menemukan potensi bisnis, bahkan dari rumah. Mulai dari ibu rumah tangga, karyawan hingga pensiunan, siapapun bisa memilih lahan bisnis populer di tahun 2016 untuk dijadikan peluang usaha, yang bisa dikembangkan menjadi bisnis besar seiring waktu.

Peluang Usaha Kecil Menengah - Fotolia

Peluang Usaha Kecil Menengah – Fotolia

Peluang Usaha Kecil Menengah di Indonesia

Tahun 2016 menguak beberapa bidang potensial Berikut beberapa bidang usaha yang cocok dijadikan peluang usaha kecil menengah di Indonesia:

Bisnis bidang teknologi informasi dan internet (startup)

Bisnis ini sangat dan akan terus populer, karena kebutuhan akan media, perangkat dan konten daring (online) semakin meningkat. Bisnis ini tersedia bagi penggiat usaha kreatif, usaha IT hingga penyedia platform e-commerce, misalnya komik online, usaha pembuatan konten situs, usaha pembuatan aplikasi, dan sebagainya.

Bisnis makanan dan kuliner sehat

Bisnis ini semakin menjamur seiring berkembangnya gerakan hidup sehat, terutama bagi masyarakat perkotaan, dan dapat menjadi peluang usaha kecil menengah yang menjanjikan. Usaha ini contohnya meliputi penjualan makanan ringan sehat dari bahan khas Indonesia seperti singkong dan talas (bisa dimulai dari rumah), usaha katering sehat (misalnya katering dengan menu rendah lemak, bebas gula, bebas gluten), dan usaha kuliner dari bahan organik.

Bisnis fashion

Bisnis ini memiliki banyak kategori pasar spesifik yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha kecil dan menengah, misalnya bisnis penjualan/jahitan/pemesanan baju muslim, pakaian dalam, busana plus-size, pakaian impor, kaos distro, kaos dengan seni vector, dan sebagainya. Banyak juga potensi pendirian bisnis pakaian untuk menggambarkan tren atau peristiwa penting yang sedang populer, misalnya kaos dengan kalimat ikonik yang diangkat dari tren populer, atau parodi peristiwa penting.

Bisnis terkait hewan peliharaan

Makin banyaknya orang yang memelihara hewan membuat usaha bidang hewan peliharaan semakin menjamur. Mulai dari jasa memandikan hewan mobile (datang ke rumah pemiliknya), jasa grooming hingga penjualan pakan hewan murah dan bergizi, bisnis ini memiliki banyak kemungkinan untuk dikembangkan, terutama jika di area Anda banyak pemilik hewan peliharaan atau komunitas penyuka anjing dan kucing.

Peluang usaha coklat praline - Fotolia

Peluang usaha coklat praline – Fotolia

Usaha pembuatan cokelat praline

Cokelat biasanya dijadikan bisnis saat Valentine, namun cokelat praline dapat menjadi peluang bisnis yang konsisten. Cokelat praline berbagai rasa dan bentuk dapat dipasarkan seperti cokelat impor mahal yang elegan, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Semua peluang usaha ini dapat dimulai dari rumah, dengan skala kecil, dan memiliki potensi untuk dikembangkan seluas mungkin.

Tips Memilih Peluang Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Berbagai kisah sukses lewat peluang usaha mikro kecil dan menengah memang sangat mengundang, namun ada strategi untuk memilih jenis usaha yang tepat. Kesuksesan suatu usaha bergantung pada beberapa unsur: minat, ketersediaan bahan baku dan penunjang, potensi pangsa pasar, serta potensi pengembangan usaha. Bisnis yang sukses untuk satu orang belum tentu sukses untuk orang lainnya, sehingga harus ada riset mendalam sebelum Anda memilih jenis usaha kecil.

Perkembangan teknologi informasi, tren dan peluang usaha telah memberi banyak kemungkinan bagi beragam orang untuk memulai bisnis mandiri. Pastikan Anda melakukan riset sebelum memilih peluang usaha kecil menengah paling tepat, dengan potensi untuk pengembangan usaha di masa depan.

Info Bisnis:

bisnis coklat praline - bisnis di tahun 2016 - bisnis menanam singkong tahun 2016 - bisnis yang berkembang di tahun 2016 - perkembangan usaha kecil dan menengah indonesia 2016 - usaha kecil dan menengah tahun 2016 - usaha populer tahun 2016 -
Content Protection by DMCA.com